Manajemen Perubahan

MATERI PEMBUKA

MANAJEMEN PERUBAHAN

Materi ini saya berikan pada perusahaan2 yang sedang melakukan perubahan yang disebabkan oleh multi factor, internal ataupun eksternal. Eksternal karena kondisi sisio politik ataupun harga atau bisnis dunia yang tengah berubah. Seperti pada Chevron dan Conocophilips yang terpaksa menjual sebagian besar asset mereka karena margin keuntungan yang kian menipis sebagai efek dari harga minya dunia yang merosot. Efek lanjutan dari penjualan sebagian asset itu juga berdampak pada pengurangan karyawan, efisiensi organisasi hingga pengetatan anggaran.

Pemahaman Sederhana dari Perubahan adalah bahwa Perubahan itu sendiri adalah sebuah keniscayaan. Satu-satunya yang tidak pernah berubah dalam kehidupa ini adalah PERUBAHAN ITU SENDIRI. Jadi sebenarnya adalah hal yang  biasa saja dengan perubahan itu.

Tapi manusia,tidak bisa dengan mudah menerima dan memahami perubahan itu. Apalagi jika sudah terbiasa dengan pola, prilaku, kebiasaan dan mind set yang lama. Comfort Zone istilahnya. Karena, dalam beberapa hal, perubahan itu memang menyakitkan.

Perubahan bisa dipahami sesuatu yang dating dari factor luar/eksternal diri kita. Misalnya, kondisi ekonomi yang sedang sulit memaksa kita sebagai pengusaha untuk menyesuaikan harga jual kita atau menghemat pengeluaran kita. Sedangkan Transisi adalah proses dari dalam/internal kita yang bisa kita upayakan untuk menyesuaikan diri dengan datangnya perubahan tersebut.

RESPON ATAS PERUBAHAN

Secara naluri, karena manusia inginnya senang saja dan cemas terhadap ketidaksenangan. Maka respon awal dari adanya perubahan adalah kecemasan.Rupa-rupa kecemasan tersebut bisa dalam bentuk : takut rugi, takut kehilangan, takut ditinggal, takut kalah saingan, pikiran negative atau mental bloking. Dan inipun adalah hal yang wajar.

MENJADIKAN TANTANGAN

Sebagai penyeimbang dari respon negative tersebut adalah kita perlu berani untuk menjadikan perubaha itu sebagai sebuah tantangan baru untuk membuat kita bertumbuh dan berkembang lebih baik lagi. Untuk Teknisnya, kita bisa melakukan :

– Hadapi dengan jujur

– Fokus pada kesempatan

– Reframing

– Menumbukan kenyamanan diri

CARA BERTUMBUH DALAM PERUBAHAN

– Antisipasi perubahan

– Mengubah Sudut Pandang

– Lakukan Apa yang kita bisa

– Kelola Energi

Assalamua’alaikum Wr Wb.

seperti yg sudah dijelaskan di materi pembuka perubahan adalah sebuah keniscayaan dan keniscayaan itu , saat ini, mungkin sedang dialami oleh teman2 Forbis Grup 3 sebagai pengusaha, dimana pengetahuan, pengalaman kita ataupun orang lain di masa lalu mungkin sudah tidak mencukupi untuk menghadapi perubahan, tantangan dan dinamika yang terjadi saat ini kita lihat semua perubahan dan pergolakan terjadi di hampir semua lini faktor2 mainsrtream yg dulu kita pahami sebagai sesuatu yg stabilsaat ini berubah dg drastis.

setahun ini saya diminta membantu beberapa perusahaan yg sedang, sudah atau hampir koleps karena bangrkut ataupun mmg tidak untung lagi beberapa karyawan yg mau dipecat, kebanyakan, khususnya di Jakarta, beraliah menjadi supir, ojek Online artinya, saat ini, profesi2 tertentu, sudah kehilangan haibahnya ini contoh perubahan yg terjadi.

Semua variabel dunia sesuai dengan karakter globalisasi sangat dan saling mempengaruhi satu sama lain Amerika Serikat yang dulu jadi kampium dunia sudah mulai digeser oleh Cina Terpilihnya Trump yg kontroversial menunjukkan satu bukti lagi bahwa perubahan global pun sedang terjadi dan itu berefek pada kita2 disini besar ataupun kecil efek itu. Dunia Politik, dunia pendidikan, hiburan. budaya bahkan agama pun tak pelak sedang mengalami perubahan.

perubahan model dari bisnis konvensional ke On line adalah contoh lain dari perubahan yg terjadi sebagai psikolog, ana belum kebayang bila sesi konseling nanti di Online kan semua tanpa kopi darat hehehe.

Metode diskusi:

SESI TANYA-JAWAB

Pertanyaan 1

Abu hasan, 2002 pekalongan.

1. Perubahan2 apa yg bakal terjadi di tahun ini. Apakah kondisi ekonomi akan terus terperosot. Bu sri mulyani turun gunung utk sosialisasi tax amnesty. 2-3 bulan ini saya sudh kena dmpk krisisnya. Bagaimana cara mengantisipasinya?

JAWABAN

1. ana juga sudah kena tax amensty dan itu cukup mengesalkan hehehe sepanjang yg ana pahami dari bacaan ana 2017 ini secara ekonomi dan bisnis, Indonesia/kita masih belum membaik pertumbuhan ekonomi kita masih di angka 5.3 % masih jauh di jaman SBY yg 6 % atau era Orde Baru yg sampia 7 % ana sendiri sudah 3 thn ini order2 juga ikutan sepi karena cash flow dan belanja pemerintah dan swasta yg memamng menurun ini menjadi tantangan kita.

sementara yg bisa kita antisipasi adalah terus menerus Berinovasi, tekun melihat pasar dan jangan berhenti mencoba. itu prinsip2 dasar cara mengantisipasi. afwan karena ana belum tahun bisnis antum di bidang apa?

– Bisnis kecil2 ust, masih lokalan. Buat aksesoris ibu2, bros, rajutan, bantuin istri.

– nah kalo bisnis kayak istri antum ini justru sedang berkembang bagus, kenapa ? karena pariwisata sedang digalakkan oleh pemerintah dan pemerintah cukup komit dgn dananya seperti pembenahan Danau Toba, Pulau Komodo, Wakatobi, Raja Ampat antum idealnya bisa masuk ke bisnis pariwisata ini dan turunannya : travel, guide, assesoris sebagai contoh Krisna dan Joger di Bali Dagadu di jogja. optimalisasi medsos dan Online juga perlu dilakukan : FB, Instagram, twitter perlu didaya gunakan ana bisa dampingin tuh untuk medsosnya hehehe.

di mappig dulu apa yg menjadi kelebihan klontong kita dibanding mini market kalo sudah ketemu tonjolkan dan promo besar2an keleihan kita itu misalhnya harga kita lebih murah nah tulis aja di depan klonton kita “BARNAG BOLEH SAMA, TAPI HARGA JAUH LEBIH MURAH” sekedar contoh mungkin

Pertanyaan 2

Zahra, 2002 Malang.

1. Ustadz, permasalahan apa yg pernah antum alami ketika memberikan training manajemen perubahan?

JAWABAN

1. secara umum, perubahan itu menjadi semacam ganjalan ketika berita, informasi di depan,dalam konteks perusahaan ya, itu tidak jelas misalnya : berapa gaji, berapa pesangon, gimana pangkat kalo info itu sudah jelas, perubahan relatif lebih mudah diterima ana lebih banyak mengajak audiens untuk mau melihat sisi positif dari perubahan yang sedang terjadi jadi tetap stay tune dan siap2 move on kira2 gitu.

CLOSING STATEMENT

ok Jadi, perubahan apapun yang sedang terjadi kita harus siap sedia jgn menghindar, mundur apalagi lari….hadapi perubahan itu dengan tenang dan justru kita sedang bertumbuh dalam perubahan itu terus belajar, banyak membaca, bertanya dan berdiskusi dan yang jauh lebih penting lagi adlaah I’maluuu fowqo ma amiluuu TAKE YOUR ACTION ok mudah2an bisa bermanfaat ya.

PENUTUP

Alhamdulillah akhirnya kita sampai di akhir taklim online malam hari ini. Terima kasih kepada Ustad Imam Ratrioso atas penyampaian materi taklim hari ini, semoga ilmunya bermanfaat bagi semua umumnya, dan bertambah manfaat dan barokah bagi ustdh  Imam khususnya. Dan terima kasih yang seluas luasnya kepada asatidz dan ustadzaat atas partisipasinya dalam taklim online kita pada malam hari ini. yang belum bisa hadir, kami persilahkan membaca ringkasannya.

Saya Nurul Komaroh selaku moderator, mohon maaf jika ada kesalahan dan ketidaknyamanan antum sekalian, sekali lagi terima kasih.

Tetap stay terus di channel ini di Rabu mendatang untuk mengikuti ta’lim online selanjutnya. Insya Allah rabu depan di jam yang sama akan dipandu moderator yang lebih baik lagi.

Dan mari kita tutup bersama taklim kita dengan doa kaffaratul majlis.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلاّ أنت أستغفرك وأتوب إليك

وصلى الله علي سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Sebelumnya

Langkah Bisnis Tanpa Riba

Sesudahnya

Jahe Instan CoWas dan Ekspor komoditi Indonesia (PT. Astana Shoga Asia)

Terkait