Mengawali Usaha

Sejarah mengawali usaha :

Pada awalnya setelah saya meninggalkan PLMPM dengan notabene mengundurkan diri alias di keluarkan saat pegabdian maka saat tiba di jogja saya galau akan melangkah apa & bagaimana. Maka dari situlah saya berfikir bagaimana cara mengobati rasa kecewanya orang tua saya karena ulah yang saya perbuat. Dari menjadi sopir, crew di EO, dan banyak kerjaan serabutan lainnya yang saya sendiri sampe lupa demi dapat uang agar tidak meminta kepada orang tua lagi, hingga saya menemukan titik awal turning poin bagi saya untuk membulatkan tekat menjadi seorang pengusaha. Walaupun tak berbekal ijazah dari Pondok tapi saya tetap berpegang teguh bahwa ijazah yang sesungguhnya adalah bagaimana peran kita di masyarakat.

Dari mana saya belajar berjualan ???

Pada awalnya saya belajar menjadi seorang sales di perusahaan orang tua saya untuk menjual barang dagangannya, yang hingga saat ini saya kelola yaitu Perdagangan Alat Kesehatan khususnya Radiologi, dimana dahulu hanya melayani penjualan saja namun saat ini kami bisa mengembangkannya hingga bisa melayani KSO (Kerjasama Operasional), Pelayanan Service Maintanace, Sewa Alat Radiologi, & Pembiayaan Alat Radiologi. Ditambah lagi saya mulai dengan membuka persewaan mobil walupun belum memiliki mobil 1 pun dengan cara menjadi reseller dari para djuragan-djuragan rental mobil lainnya dari untung 10rb – 50rb belum ditambah resiko buruk di dunia rental mobil yang mungkin dihadapi, saya merasakan keuntungan yang diterima tidak sesuai tapi saya yakin bahwa saya bisa mengembangkan usaha rental mobil ini hingga mendapatkan profit yang besar. Dimana saat ini kami memiliki 10 unit kendaraan rental mobil berbagai jenis serta dapat menghandle kebutuhan transportasi baik partai besar (even) dan kecil (non even).

Lantas apa yang saya lakukan ???

1. Mempelajari barang dagangan & pasar dari dagangan saya
2. Mempelajari karakteristik competitor untuk mengatur langkah penjualan
3. Cari pasaran selebar – lebarnya, sebanyak – banyaknya.
4. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen.

Persiapkan team managemen & lapangan

Mustahil menjalankan semua bidang ini saya seorang diri, maka saya pun mempersiapkan team yang solid. Perlu diketahui bahwa di perusahaan kami baru berjumlah 6 orang utama tapi saya juga mempersiapkan team freelance untuk membantu kinerja kami. Yang paling utama adalah kekuatan jaringan yang dimiliki, karena jaringan itu bisa dibentuk dan dibangun dengan banyak cara.
Disini sy lebih berfikir banyak tentang market, karena menurut sy modal awal usaha itu nmr 2 yg terpenting bagi sy saat memulai usaha adalah bagai mana membuat orang / customers itu percaya pada kita, nyaman & membeli produk kita sebanyak2nya di situlah akan terkumpul modal usaha yg akan di putar. Lebih tepat nya sy sangat mengincar pukulan2 besar dengan profit besar
Dengan adanya itu (pukulan besar) kekuatan perusahaan & kesejahteraan orang2 didalamnya pun akan semkin terjamin. Dan bagi sya itu lah satu2nya cara membesarkan perusahaan. Disamping adanya modal kerja berupa pinjaman, dll

6 org team inti di perusahaan sy pun tak lepas dr teman2 terdekat yg bisa bersinergi, dan bisa bersatu untuk satu visi & misi

Metode diskusi:

Pertanyaan
1. Ust Agus Maulana ( Ketua Umum Forbis )

Apa saja yg bisa disinergikan dari bisnis antum ini dg temen2 forbis lainnya?
Mungkin bisa antum jelaskan lebih detail konsep kerjasama jaringan tsb tadz
Memperluar jarringan ustd, memperluas pasar salah satunya jd agen ustd di daerah2 luar diy jateng jatim

Jawaban

Untuk kemitraan di usaha ane contoh di rental mobil nya & wisata. Apabila ada rekan, agenda kantor dll bisa di lempar ke ana kalo lokasinya di jogja keuntungannya pasti akan kami beri discount / fee yg bisa di negosiasikan.
Kalo di unit alat kesehatan sistemnya sih sebenarnya hampir mirip seperti sambung lidah sj nanti akan ada hitungan khususnya

Pertanyaan

2. Diah, Balikpapan, 2002
Membuka atau memulai usaha memang tidak sulit, yg sulit adalah mempertahankan usaha yg sudah kita jalankan
Ada saran atau tips dari antum bagaimana mempertahankan usaha agar berumur panjang dan menghasilkan manfaat yang maksimal

Jawaban

Yang ana sedang coba terapkan adalah membangun kepercayaan & kenyamanan para konsumen, dengan cara membina team yg ada di lapangan dengan pelatihan dalam menghapi konsumen. Lalu ana juga mencoba menerapkan kedisiplinan dalam keuangan, serta mempersiapkan regenerasi dengan baik.
Bisnis kan selalu dinamis maka ana & team mencoba terus menggali innovasi2 dalam dunia bisnis yg ana geluti, contoh di alat kesehatan dahulu saat di jalankan orang tua hanya melayani penjualan, saat sy ikut terjun banyak kompetitor menggunakan berbagai cara supaya dagangan mereka terjual salah satunya dengan kerjasama oprasional karena memang alat2 kesehatan radiologi yg saya jual harganya tidak murah & tidak mudah menjualnya pasar pun segmented, lalu sy juga mencoba berinovasi menyediakan mobile check – up untuk bisa di tawarkan kemitraan kepada klinik2 seperti CITO, PRODIA, HI-lab, dll

Pertanyaan

3. Nuzul, Aceh (Coach Bussiness)

Saran
Pakai *HUKUM PARETO*
yg dapat memberikan omzet penjualan hingga 80% dari seluruh penjualan dgn menggunakan 20% waktu kerja.
Contoh, wholesaler, agen dan sub agen

Jawaban

Yang ana menerapkan bagi team marketing manajemen waktu seperti setiap hari minimal harus melakukan 5x visit, 5x tlpn konsumen/prospek, dan selalu melakukan meeting evaluasi & program kerja.
Jd misal ada temen2 dr forbis berminat untuk bermitra dengan cara seperti itu jd sama2 terbuka & melalu kesepakatan keduabelah pihak, untuk yg ini ana baru praktekin di rental mobil & tour nya ustd, afwan ana masih kurang faham istilah tapi maksud & tujuan sama.
Closing statement & wise word
” teruntuk sahabat berjiwa pejuang, hidup adalah perjuangan”
” tak peduli berapa juta butir keringat yg menetes, berapa banyak tetesan air mata yg mengalir, demi usaha yg kita bangun dengan tetesan keringat, air mata, dan aliran darah perjuangan agar bisa berdiri kokoh ratusan bahkan ribuan tahun walau nafas kita sudah tidak berhembus. Serta niatkan segala usaha yg kita geluti lillah”
“Seluruh penyampaian saya diatas merupakan sharing & curhatan dengan ngopi hangat tidak bermaksud menggurui para suhu di grup ini, mohon bimbingan lebih dari para suhu agar bisa menjadi pribadi lebih baik, mohon maaf kalau ada tutur kata yg kurang sopan”
Salam Perjuangan dari saya wijaya_anis
Keep our spirit guys 😀😀😀

Jangan lupa follow akun ig kita ya
https://www.instagram.com/wajik_tour/
https://www.instagram.com/pjp_trans_yk/
https://www.instagram.com/baju_branded_anak/

Sebelumnya

Jahe Instan CoWas dan Ekspor komoditi Indonesia (PT. Astana Shoga Asia)

Sesudahnya

Peluang usaha Ekspor Hasil Pribumi

Terkait