Yang saya hormati

Ketua Umum Forbis

Asaatidz asaatidzah

Dan seluruh peserta taklim online Forbis

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Beruntung sekali saya bisa bertemu dengan hadirin Forbis semua pada acara malam ini dan saya sangat mengapresiasi semua yang hadir, meski berbeda tempat, berbeda kota bahkan berbeda pulau, namun tetap semangat dan tetap satu tujuan yaitu untuk menjadikan FORBIS lebih bermakna. Applaus untuk kita semua

Materi malam ini sungguh sangat inspiratif, pemateri menyuguhkan betapa nikmatnya menjalankan dimensi spiritual dan ketauhidan dalam bisnisnya. Apakah dimensi spiritual dan ketauhidan tersebut ? Nanti akan dipaparkan secara jelas oleh beliau.

Selamat menyimak Selamat menikmati dan Selamat mendapatkan pengalaman baru sehingga menjadi salah satu acuan kita dalam berbisnis.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

MATERI PEMBUKA

Setiap pengusaha memiliki tips dan trik tersendiri untuk mencapai kesuksesan. Ada orang sukses karena terpacu hutang, sukses karena penyakit, sukses karena pandai membaca peluang. Penggusaha konveksi ini berhasil karena menggunakan jurus kran air. Bagaimana teori dan praktiknya? Mari kita ngobrol santai bersama-sama

MATERI INTI

Awalnya usaha yang saya jalankan bukan konveksi. Saya sempat mencoba usaha makanan dan pakaian di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat.  Usaha ini belum mapan sementara kebutuhan meningkat pasca pernikahan saya dengan istri tahun 2006.

Sehari-hari kebutuhan hidup bergantung pada hasil penjualan pakaian. Saya pun harus pandai-pandai mengelola keuangan agar tidak besar pasak daripada tiang. Tahun 2007 – 2008 usaha ini sempat dihempas krisis namun tidak sampai membuat toko tutup. Bencana justru datang pada tahun 2009 karena tertipu salah satu klien langganan. Total kerugianya sekitar 2 miliyar.

Saat itu saya memproduksi pakaian batik yang bahan bakunya diambil dari China yang pengerjaannya dilakukan di Pekalongan, Jawa Tengah dan dijual di Pasar Tanah Abang. Karena ketipu 2 miliyar, tidak bisa mengambil bahan baku dan terancam tidak bisa memproduksi pakaian. Untuk menjaga usaha  tetap berjalan, saya meyakinkan pensuplay produk agar tetap bisa mengirim barang kepada saya. Untuk memulihkanya selama 11 bulan saya tidak bisa mengambil untung demi tetap produksi dan melayani pesanan klien di daerah. Benar-benar perjuangan berat.

Setelah berhasil melewati krisis, datang hambatan kedua. Tahun 2011 usaha batik ini mengalami penurunan omset karena trend masyarakat beralih ke pakaian biasa. Disitulah awal mula usaha konveksi dirintis dari awal. Dengan perencanaan yang matang saya mendirikan konveksi dan bordir mesin bernama PT Yudhistira Perdana Mandiri (YPM) bergerak di bidang perdagangan, jasa, dan industry, dan 2014 mendirikan PT. onion skin global yang bergerak di suplay bahan makanan ke hotel dan restaurant.

Saya menawarkan pembuatan pakaian secara profesional untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan berbagai segmen pelanggan melalui produk pakaian dan jasa yang berkualitas, inovatif, dan berkesinambungan. Berdasarkan pengalaman pribadi, bisnis harus total melibatkan semua aspek dengan dimensi spiritual ketauhidan.

Buah Sedekah

Dimensi spiritual yang selalu menyertai langkah bisnis ini adalah sedekah. Bagi saya, sedekah menjadi sumber pengendali usaha sehingga meningkat pesat. Pada tahun itu juga bersamaan dengan berdirinya Yayasan Visi Kita yang berdedikasi kepada dimensi vertikal dan horizontal. Disitu saya mulai merasa nyaman dan gampang memcari uang tidak perlu berangkat pagi pulang malam.

Konsep ini penting dipegang para pelaku bisnis bahwa usaha manusia akan bermuara pada ketentuan Allah SWT. Allah tidak pernah mengingkari janjinya, manusialah yang mengingkari kewajibannya sebagai hamba yaitu beribadah. Saya meyakini bahwa semua kemajuan bisnis saya semata-mata pertolongan Allah SWT. Belum ada sepuluh tahun, bisnis yang saya jalankan berkembang pesat bahkan beranak pinak mulai dari konveksi, retail, kuliner suplayer bahan baku makanan yang dalam sebulan mampu meraup omset milliyaran.

Selama ini kebanyakan orang melakukan sedekah dan infaq setelah ia mendapatkan keuntungan. Tapi saya memiliki paradigma baru bahwa mengeluarkan dana di depan untuk sedekah akan lebih utama sebagaimana yang biasa saya lakukan. Jika seorang berani melakukannya, janji Allah akan terbukti. Tidak ada yang lebih indah teori ekonomi dari itu.

Dengan konsep ini saya menunaikan sedekah dengan niat membersihkan harta dengan jumlah sedekah 10 persen dari omset yang saya inginkan. Misalnya agar mendapatkan tender 1 miliyar maka saya sedekah 100 juta. Jika baru punya uang 10 juta, maka 10 juta itu ditunaikan sisanya dianggap sebagai hutang yang nanti akan dibayar ketika tender itu diperoleh.

Sejak mengenal konsep ini saya jarang mencari klien, tiba-tiba saja ada calon klien yang menghubungi untuk menjalin kerjasama. Kini, PT Yudhistira Perdana Mandiri berdiri di beberapa kota di Indonesia seperti workshop di wilayah Cipadu Jakarta Selatan dan brand office di Citeureup Bogor, Sleman Jogjakarta, Palembang, Riau, dan Banjarmasin Kalimantan Selatan. Itulah tanda kebesaran Allah kepada hambanya yang yakin dengan jalan suksesnya.

Selama ini orang terbelenggu dengan konsep ekonomi non Islam. Mau memulai usaha dihitung dengan perincian yang matang. Dulu saya pernah membuka bisnis pisang goreng pasing di Palembang tahun 2008. Meskipun sudah berkembang menjadi empat cabang usaha ini tidak eksis sampai sekarang. Demikian juga ketika membuka usaha Bakso Ino pada tahun 2010 hanya bertahan setahun. Kini selain memiliki usaha konveksi dengan ratusan karyawan, saya juga mewaralaba supermarket di daerah Kebon Kacang Jakarta Pusat yang omsetnya hampir setengah miliyar per bulan. Ada juga PT. onion skin global f&b supply cain suplayer bahan makanan ke hotel dan restaurant yg baru dirintis 2 tahun berjalan.

Menjadi Kran

Lima tahun yang lalu saya termasuk ketat dalam manajemen bisnis dan analisa. Setiap menjalankan bisnis harus menyusun perencanaan yang serba ketat dan tunduk pada manajemen kapitalis. Rupanya, semua tidak ada bandingnya dengan manajemen sedekah. Tamsilan yang tepat pada konsep ini adalah kran air. Jika Allah sudah membuka kran rizki pasti akan banyak air yang keluar. Beda kran dengan gentong air, jika gentong diisi air isinya banyak tapi di dalamnya juga banyak lumut, sampah dan air yang tidak segar. Sementara kran yang setiap hari dilewati air pasti airnya jernih dan segar serta tak terbatas. Coba cari tuhan mana yang bisa memberi rizki seperti itu apakah kita tidak ingin beriman kepadanya. Jadi jangan berharap kepada manusia.

Saya memang dilahirkan dari orangtua yang memang pedagang kain bernama Kiagus Nung Chik dan Yusmala Dewi. Menurut orangtua saya, untuk memulai bisnis carilah usaha yang ada kelipatannya. Misalnya usaha bakso yang memungkinkan ada kelipatannya dari 10 mangkok menjadi 100 mangkok sampai 1.000 mangkok. Usaha yang tidak ada kelipatanya misalnya cukur rambut yang sehari maksimal 10 – 20 kepala.

Saya pernah mewakafkan mobil grandis ke sebuah pesantren tahfidz dan yayasan anak yatim di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tidak disangka-sangka beberapa waktu kemudian datang utusan dari super market yang menawarkan waralaba jenis baru dengan konsep dan keuntungan dua kali lipat lebih besar dari usaha sebelumnya. Tanpa pikir panjang, saya pun menerimanya dan berjalan sampai sekarang.

Jadi, kalau orang tidak percaya ada rizki yang tidak disangka-sangka, atau ada riski turun dari langit, itulah buktinya. Saya berpesan kepada para pengusaha khususnya, dan kepada masyarakat yang ingin meraih kesuksesan jangan melupakan kewajiban itu. Minimal 2,5 persen dikeluarkan untuk sedekah sebelum digunakan untuk anak istri sehingga apa yang kita makan sudah bersih dan berkah.

Dengan kosep ini pula saya telah merasakan kesuksesan tidak hanya memiliki empat toko di Pasar Tanah Abang, kantor cabang PT YPM di beberapa kota dengan puluhan karyawan dan dua rumah mewah di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara beserta dua mobil mewah yang terparkir di halaman rumah. Tapi bagi saya tempat paling tenang dan nyaman adalah mushala di rumah tempat bermunajat setiap malam.

Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan 1 

Alawiyah bogor o7

1. Selain sedekah ritual apa yg antum lakuin tad ?

Jawaban:

1. “membuka pola pikir yg selama ini ada dalam diri kita bahwa dalam memulai usaha harus dengan berbagai macam perencanaan yg complicated dengan manajmen yg jelimet.. memulai sebuah usaha haruslah dengan memohon kepada yg maha memberi usaha dengan mendekatkan diri kepadanya insya allah akan berkah baru setelah usaha sudah jalan kita jalankan segala manajemen baik keuangan pemasaran produksi resiko dan lain2. menjaga amanah otak kita selama ini sudah di penuhi pehamanan kapitalis bahwa memulai usaha harus dengan perencanaan yg sangat matang dengan ilmu manajmem tingkat tinggi.”

Pertanyaan 2

Edoy Sekar Seafood

1. Suhu km husni. Umur antum relatif msh kemaren sore tp gelegar antum terdengar melewati para pendahulu masa lalu jauhhhhhhhhh skli. Ane yakin dibalik besarnya hidungmu emang cerdas jg otakmu. Dibalik senang nya harimu pst ada darah berantakan di masa lalu. Tapi fokus kita bukan disitu akhi.

Ane mau tanya, Antum kl ke masjid doanya minta apa ?

Jawaban:

1. “Ya allah jangan pernah engkau muliakan kami sblm engkau memuliakan orang tua kami.. izinkanlah dengan rizki yg engkau berikan kami memberikan kebahagian dan memenuhi kebutuham orang tua kami di sisa umur mereka.. izinkanlah pula kedua tangan ini membasuh memandikan mengkafani dan mengantarkan tempat twrakhir peristirahatan orang tua kami”

Pertanyaan 3

Aruman 93 Tanggerang

1. Apa motto dlm berbisnis selama ini ?

Jawaban:

1. “mardlotillah bang”

Pertanyaan 4

Muhammad Zahjuli 2005

1. Hal apa yang paling antum hindari dalam berbisnis? Apakah ada mitra atau klien yg antum hindari?

Jawaban:

1. “berprasangka baik saja ust kita tidak akan pernah tau mana lawan yg baik atau tidak justru dengan feeling yg kuat dengan petunjuk allah kita akan di pertemukan dengan orang2 baik sebaik2nya manajmen resiko tidak ada yg lebih indah dari manajmen.allah”

Pertanyaan 5

Muh Yusron Surahman, 14 Jogja.

1. Saya tanya,  saya masih muda alumni 2010an ke bawah. Ada usaha Alhamdulillah di kuliner. Tapi hal apa yang mendasari ust husni sedekahnya itu tanpa nanti tanpa henti dan jor2an pula?  Logika atau percaya?

Jawaban:

1. “karna yakin janji allah pasti… terkadang malam kita menangis dan memohon di atas sajadah tapi siang hari kita mengeluh susahnya hidup susah bisnis barang yg tidak laku hutang yg menumpuk.. seharusnya kita mendapatkan hasil dri doa yg kita munajatkan tadi malam di tunda bahkan di batalkan dengan keraguan kita sendiri”

Pertanyaan 6

Edoy Sekar SeaFood

1. Ane nanya lagi. Kl urusan sedekah ane uda tau bgt @KM Husni bakar bakar uang berapa dan dimana aja ane tau bgt. Ust ane mau tanya membangun keyakinan hati bahwa janji tuhan itu ga bohong itu gimana caranya ust ?

Jawaban:

1. “jangan pernah menghitung2 apa yg sudah kita keluarkan segera mungkin melupakan perbuatan baik yg sudah kita kerjakan”

Pertanyaan 7

dwiyuliarto 699 cirebon

1. afwan kalau kedua orangtua antum masih ada??

Jawaban:

1. “Alhamdulillah masih kyai”

Pertanyaan 8

husein alumni 2000 dr Jember.

1. Apa ayat Al Quran atau Hadis Nabi yg antum jadikan pegangan dalam berbisnis?

Apa ajaran Kiai Gontor atau filosofi ajaran Gontor yg paling membekas dlm diri antum yg kaitannya dg bisnis….dijawab!

Jawaban:

1. “يَا أَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللَّهِ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

surat alfatir ayat 3 kita di tantang sama allah di suruh mencari tuhan selain dia yg bisa ngasih kita rizki… apa kita masih mw terima tantangannya atau patuh padanya”

Pertanyaan 9

Zahra, 2002 Malang

1. Bagaimana bentuk support istri n keluarga antum terhadap bisnis antum?

Lia 2001.Bogor

2. Bagaimana caranya untuk meyakinkan keluarga khuusnya istri ketika antum terpuruk

Jawaban:

1. “sekalian pertanyaan ustdzh lia camelia ya… istri sangat supporr bahkan dibsaat saya di datangin debt colector ambon dengan bawa parang istri yg kuat menemui colectornya”

Pertanyaan 10

husni alumni 2014

1. mohon dijawab dengan jujur siapa inspirator antum hatta mjd pengusaha muda yg sukses??

Jawaban:

1. “wlkm salam wali kelaskuu antum termasuk inspirasi ana terima kasih sudah mendidik menularkan ilmunya jazaakallah ahsanal jaza🙏🏻🙏🏻 inspirasi dri sebuah kegagalan yg jauh dri tuhan dan mementingkan akal pikiran” “salah satunya yang mebentuk mental saya di bawah asuhan ayahanda ridlo zarkasyi”

Closing Statement

Bisnis hanyalah sebagai salah satu wasilah kita untuk mencapai ridlonya allah jadikan bisnis sebagai alat untuk mencapai mardlotillah.. jgn pernah berharap sama manusia mulailah menemukan bisnis dengan jalannya allah insya allah akan di pertemukan dengan orang2 baik dengan jalan yg baik…

Alhamdulillah akhirnya kita sampai di akhir taklim online malam hari ini

Terima kasih kepada Ustadz Kiagus Muhammad Husni atas penyampaian materi taklim hari ini, semoga ilmunya bermanfaat bagi semua umumnya, dan bertambah manfaat dan barokah bagi Ustadz KM Husni khususnya.

Terima kasih kepada ketua forbis Ustadz Aruman yang sudah meluangkan waktu untuk memberikan sambutan pada acara malam ini dan juga spesial terima kasih untuk para forbis yang mengikuti acara dari awal hingga akhir, saya yakin anda semua mempunyai pedoman bahwa harta pasti habis namun ilmu tidak akan habis tapi selalu bertambah. Semoga ilmu hari ini bermanfaat untuk kita semua. Amiiin.

Saya Lala kacang aneh selaku moderator, mohon maaf jika ada kesalahan dalam memandu acara hari ini, dan rekan saya ustadz fatkhu insyaallah segera menyelesaikan notulensi malam hari ini supaya bisa menjadi jembatan pengetahuan untuk anda semua.

Dan mari kita tutup bersama taklim kita dengan doa kaffaratul majlis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلاّ أنت أستغفرك وأتوب إليك

وصلى الله علي سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم