Ada Yang Beda Dengan FORBIS IKPM Gontor Expo III Tahun 2019, Simak Wawancara Ini Gaes!

FORBIS.ID – FORBIS IKPM Gontor Expo III Tahun 2019 tak lama lagi akan berlangsung. Event tahunan ini akan digelar di GOR Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, pada 21-29 Juni mendatang.

Dalam tiga kali pelaksanaannya tentunya harus ada peningkatan yang dilakukan. Untuk itu, Ketua pelaksana FORBIS IKPM Gontor Expo III Tahun 2019, Seffi Khirrij Yaman, menjelaskan inovasi-inovasi baru di event tahunan ini.

Seffi Khirrij Yaman yang juga menjabat sebagai salah satu unsur ketua di FORBIS ini menjelaskan berbagai peningkatan yang telah dicapai FORBIS selama lebih dua tahun kepengurusan.

Termasuk rencana pelebaran kerjasama dengan pihak-pihak luar untuk meningkatkan kemanfaatan baik bagi anggota FORBIS maupun ekonomi ummat secara umum.

Forbis IKPM Gontor
Iklan Forbis

Berikut petikan wawancara redaksi FORBIS.id dengan Seffi Khirrij Yaman:

*Tiga tahun berturut-turut antum dipercaya mengetuai FORBIS IKPM Gontor Expo yang digelar di Kampus Pondok Modern Gontor, apa sesuatu yang beda atau hal baru di Expo tahun ini?

Spiritnya masih tetap sama, memberikan khidmah untuk Pondok Modern Gontor yang kita cinta. Sebagai alumni, kita yang sudah di luar Pondok masih senantiasa menjadi santri, tugas apapun yang Pondok berikan, kita sami’na wa atho’na

Terkait Expo Forbis yang ke-3 ini, kita akan melakukan hal lebih antara lain:

Pertama, Menekankan kembali pentingnya sinergi, terutama dengan Pondok Alumni Gontor yang tergabung dalam Forum Pesantren Alumni (FPA). Kita akan mengundang Pimpinan-pimpinan Pondok alumni di expo kali ini.

Harapannya, mereka nantinya bisa melihat produk-produk para anggota FORBIS untuk kemudian bisa di sinergikan dengan Pondok Alumni Gontor yang tergabung ke FPA, bukan saja pengenalan produk tapi kami juga akan menawarkan sharing Knowledge entrepreneur ke FPA.

Kedua, Digitalisasi Produk-produk FORBIS dengan menggandeng Tamam.com-e Commerce milik Pondok Gontor yang saat ini masih dikelola teman-teman UNIDA.

Meski ini masih rintisan, kita minta untuk terus dikembangkan, selain itu kita akan minta supervisi e-commerce yang sudah eksis seperti Bukalapak untuk Tamam

*FORBIS IKPM Gontor Expo tidak bertujuan memanfaatkan market Gontor untuk meraup banyak keuntungan oleh para alumni. Bisakah antum pertegas lagi kepada para peserta expo tentang filosofi diadakannya FORBIS IKPM Gontor Expo III Tahun 2019?

Menjadi komitmen kita di awal ketika ketika kita menyelenggarakan event Forbis Expo, bahwa apa yang kita selenggarakan ini adalah event dari Pondok Gontor sendiri dan ini menjadi kalender kegiatan Pondok, maka apapun output dari event ini yang “untung” harus tetap Pondok Modern Gontor.

Kami ingin mempertegas kembali bahwa apa yang kita selenggarakan ini adalah komitmen kita di Forbis untuk “GIVE” ke Pondok Gontor.

Pondok tidak menjadi object market, tapi pada tataran SINERGI memberi, malah kita berkeinginan secara umum Pondok bisa menjadi produsen dari Produk-produk yang nantinya bisa kita sinergikan.

Terkait nanti di proses “Give” ini ada manfaat yang bisa diambil, ini adalah Keberkahan dari Pondok Gontor kepada para anggota FORBIS.

*Apa tantangan terberat digelarnya Expo ini terutama dengan lokasi Expo yang mulai tahun lalu dipindah di GOR?

Tantangan terberatnya antara lain:

1.Mobilisasi pengunjung Expo. Tempat di GOR terbilang sudah cukup untuk event ini dan memadai, tapi karena tempat ini posisinya di ujung dan di luar ring 1 kampus Pondok Modern Gontor, maka menjadi tantangan bagi kita untuk memobilisasi pengunjung ke GOR.

Terutama pengunjung dari Wali Santri, kalau santri tidak perlu di woro woro, apalagi kondisi “saku” santri penuh, mereka haflah dan tajamu di stand kuliner terus tiap hari.

Maka dalam expo kali ini, kita akan merekayasa flow untuk menarik pengunjung dari Wali Santri, seperti pengambilan formulir kesehatan bisa di ambil di stand BKSM di lokasi Expo, atau pembelian buku, dilakukan di stand Latansa di Lokasi Expo

  1. Pengenalan produk-produk FORBIS untuk skala Industri

Item ini masih kurang optimal di Expo tahun lalu, padahal potensi sinergi nya luar biasa, ada industri Sepatu, Industri Cat, Industri Minuman dan Makanan, Industri Kreatif dll

Ini yang akan kita optimalkan di expo nanti

Dari sekian produk alumni Gontor yang ikut Expo, produk apa yang antum prediksi paling banyak diminati?

Masih di Kuliner kalau di expo yang sudah-sudah, karena ini hajat perut harian santri dan pengunjung pada umumnya. Moment ini bisa menjadi “Wahana Kuliner” bagi Santri dan pengunjung Expo.

*Sebagai pengusaha yang kenyang pengalaman mengikuti Expo di berbagai level nasional maupun internasional, apa harapan antum untuk expo FORBIS ke depannya?

Point terpenting adalah expo itu bukan profit oriented, bukan pula keuntungan sesaat, tetapi ini adalah proses Investasi dan Investasi itu bukan cash and cary. Bisa jadi anggota FORBIS yang kemarin mengikuti Expo tidak mendapatkan harapan margin ketika di event Expo, tapi justru ada margin yang cukup bagus setelah Expo, karena baru terjadi deal deal dengan mitra setelah Expo berlalu

*Pertanyaan terakhir, silahkan antum sampaikan hal terpenting yang ingin antum sampaikan terkait dengan FORBIS secara umum.

Temen temen sekalian, sudah bukan saatnya sekarang ini kita bangga akan kemampuan individu atau usaha kita, tapi sekarang ini adalah moment untuk sinergi.

Kalau kita sudah cukup baik atau sudah besar dalam usaha kita, maka tularkan kebaikan itu kepada yang lain, besarkan usaha kita kepada orang lain, inilah yang mereka katakan dengan korporasi. Perusahaan-perusahaan besar melakukan ini, dan mereka berkoporasi dengan perusahaan lain, sehingga menjadi usaha yang besar.

 

Potensi Forbis ini cukup besar, maka kita berharap Sinergi antar anggota bisa menjadikan Korporasi-korporasi baru di kancah usahawan di negeri ini, sehingga bisa menularkan kebaikan-kebaikan maksimal Li I’lahi Kalimatillah.

Sebelumnya

Bertekad Jadikan Bandung Lautan Santri, FORBIS Sowan ke Kiai Gontor

Sesudahnya

PP IKPM Gelar Rapat Koordinasi Dengan FORBIS Bahas Persiapan Gontor Expo III

Terkait