Kuliner Asian Taste Madina Kebab

Kuliner Asian Taste  Madina Kebab

Materi Pembuka

Kuliner, satu kata yang mewakili ribuan bahkan jutaan makanan dan minuman di dunia ini. Ramainya ranah bisnis kuliner ini membuat pemerintah Indonesia menetapkan kuliner masuk dalam bingkai subsektor industri kreatif nasional ke-15.

Perbagai kuliner luar negeri mulai masuk dengan mengekalkan rasa dan ciri khasnya, maupun dengan modifikasi menyesuaikan dengan asian taste. Dulunya asing dan aneh bagi mayoritas penduduk negeri ini, sekarang menjadi pilihan bahkan langganan harian untuk kuliner yang bernama KEBAB. Itulah sedikit gambaran mengenai kebab.

Penasaran cikal bakal salah satu produsen kebab dengan ciri khas _asian taste_ di Indonesia? Ingin mengetahui bagaimana memulai usaha kebab serta tips dalam menjalankannya?

Ikutilah taklim online yang akan disampaikan oleh CV Madina Kebab.

TAKLIM

Secara teknis, taklim CV Madina Kebab meliputi 3 aspek.

  1. Sejarah,
  2. Opersional serta
  3. Tips penyajian seputar kebab.

Sejarah CV Madina Kebab

1995 – Malaysia

Ayahanda Ust. Faiq membeli sebuah perusahaan Mawashi Meat di Malaysia dari _Mr. Kusmir_ (warganegara Australia) yang dalam keadaan _collapse_. Modifikasi tempat untuk menekan kos operasional serta rasa asian taste dilakukan. (periode ini Saya singkat, sebagai pengantar)

1998 akhir – 2001 (Ruko, Kalimalang)

Rintisan pertama di Indonesia. Masyakat Indonesia saat itu masih sangat asing dengan kebab.

Sempat muncul obrolan “Madina Kebab akan dijual kalau tidak berkembang.” Dari situlah mulai giat untuk terus mengembangkan Madina Kebab oleh para staf.

2002 – 2007 (Rumah, Poncol)

Pada Januari 2002, pabrik dipindah ke Poncol. Dengan karyawan saat itu, kurang lebih 9 orang

Periode ini, merupakan periode pertumbuhan, juga periode susah karena pada pertengahan 2007, Madina Kebab harus memulai dari nol akibat masalah internal(bukan konsumsi umum).

2008 – April 2016 (Ruko, Bintara Raya)

Setelah kejadian itu, Ayahanda Ust. Faiq beritikad untuk membangun Madina Kebab kembali. Langkah pertama dengan pemindahan lokasi yang baru dengan design seperti di Malaysia.

Pada periode ini, Madina Kebab mulai bangun kembali secara perlahan walau sempat dilanda krisis akibat kurang pengawasan manajemen tahun 2010 – 2012.

Karyawan bergulir (penambahan, PHK dengan terjadi kejadian dan pergantian admin).

Agustus 2013, Yaasir anak ke-5 dari Ust. Faiq mulai membantu Madina Kebab setelah menyelesaikan pengabdiannya di KMI.

2 tahun terakhir Madina Kebab banyak berbenah serta melakukan evaluasi bertahap. Hingga pada akhir April 2016, Madina Kebab bisa direlokasi ke Narogong, Rawalumbu.

April 2016 – sekarang (Pabrik, Rawalumbu)

Dinamika perusahaan terus berjalan, dengan relokasi banyak perbaikan produksi dan manajemen terus dibenahi, dan hingga saat ini terus berjalan dengan tetap berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan maupun staf yang selama ini bersama Madina Kebab.

Berikut video singkat utk menjelaskan proses penyajian kebab secara umumnya.

(Lihat lampiran video)

Kami sampai dengan saat fokus sebagai produsen kebab sehingga para pelanggan bisa berkreasi dalam mengolah kebab ini dalam perbagai hidangan.

Price list serta estimasi investasi awal paling minimalis utk dagang.

(Lihat lampiran file)

Tips :

Kebab dengan bentuk mentahan bisa diproses (masak) dan dikreasikan dalam pelbagai bentuk hidangan seperti kebab siap saji, isian burger, frozen kebab, campuran spageti dan lainnya.

Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan 1

Anas Fauzi 93 sidoarjo

  1. Apa beda Madina Kebab dan o’kebab? Kenapa saya harus memilih kebab antum dibanding yang lain, contoh: baba rafi.

Jawaban:

  1. Madina Kebab merupakan produsen kebab yang dirintis ayahanda Ust. Faiq sejak 1995. Adapun o’kebab sendiri merupakan bentuk retail yang sedang dirintis (inkubasi) oleh ustad Yaasir sendiri dalam wilayah kampus. Dan sudah berjalan kurang lebih 6bulan.

Secara sejarah, Kami merupakan produsen sejak 1998 di Indonesia, awal Baba Rafi juga ambilnya dari Kami. Karena beberapa faktor akhirnya mereka membuat produksi sendiri                    dengan cara kerjasama dengan orang lain.

Minus kami tidak menawarkan sistem franchise, plusnya pedagang bebas dalam berkreasi Dan alasan paling utama, Kami berani di rasa dan kwalitas.

Pertanyaan 2

Syamsul Bahreen

  1. Kenapa tidak diperbolehkan studi banding atau melihat secara langsung proses pembuatan kebab madina di pabriknya langsung? Apa alasan utamanya?

 Jawaban:

  1. jawaban paling mudah dipahami adalah, karena Kami sebagai produsen, proses produksi merupakan dapur rahsia Kami. Selain itu, yang Kami tawarkan adalah produk jadi kebab, Bukan proses pembuatan kebab itu sendiri.

Pertanyaan 3

Ana Nur Rahmawati 2002

  1. Selama ini kan kebab antum gak pernah iklan sehingga yg terkenal itu kebab baba Rafi, tapi yang saya tahu selama tinggal di semarang rata2 penjual kebab itu mengambil dari antum.

pertanyaannya bagaimana menjalankan bisnis kebab tanpa iklan ?

Bahkan di depan rumah yang tlogosari pun tidak ada tulisan sedia kebab ataupun lain jenisnya, tapi pelanggan tak pernah sepi. Tolong Kasih tipsnya ust Yaasir

Jawab:

  1. Terkait masalah iklan. Ini masuk dalam strategi keunggulan bisnis secara ekonomi. Secara langsung mmg Kami tidak berkoar-koar iklan secara media online. Kami fokus dalam proses untuk mempertahankan kwalitas serta kos produksi yang rendah. Sehingga, peluang dalam menjual nama juga diambil oleh para franchaisor.   Kami berkembang dengan promosi gratis mulut ke mulut oleh para pedagang. Serta para franchaisee yg merasa dirugikan oleh para franchaisor. Akhirnya mereka memutuskan untuk survive lalu mencari sumber bahan. Tidak semua bisa tanpa iklan. Tergantung strategi perusahaan.

Pertanyaan 4

Sadu Suud Ahmad

  1. Dimana alamat lengkap Medina Kebab yg di Rawalumbu ? Rumah saya di Perumahan Taman Narogong di Rawalumbu.bolehkah datang ke pabrik tsb ? Afwan.

Jawab:

  1. Madina Kebab https://goo.gl/maps/xdt3i1JCTr42 (Lihat lampiran alamat) Boleh silahkan Ustadz selama dalam jam operasional.

Pertanyaan 5

Ustd ABR ’90

  1. Apakah Pabrik Kebab ini Kompetitor? (Lihat lampiran foto pabrik kebab kompetitor )

Jawab:

  1. Iya dalam artian sebagai produsen kebab. Secara sejarah masih terkait dengan sejarah Madina Kebab. Dalam sejarah ditulis periode 2007 terjadi masalah internal. Pelarian modal dengan membuka produksi kebab dengan nama …. (tidak bisa diekspos) lalu pabrikkebab.com sendiri merupakan bekas karyawan dari perusahan .

Pertanyaan 6

Ferial Veve, Situbondo

  1. Ustad kalo mau order pengiriman menggunakan apa? Apakah pengiriman yang sehari sampai? Bukankah itu froozen, kalo lebih dari 2 hari di pengiriman, apa tidak merusak rasanya?

Jawaban :

  1. Kendala Kami sampai saat ini adalah logistik untuk jarak serta durasi.

Saat ini, Cover Area Bekasi – Jakarta  Bogor – Tangerang – Bekasi – Padang – Pekanbaru – Semarang – Kendal – Pemalang – Pekalongan – Tegal – Demak – Kudus – Pati – Jepara             – Ungaran – Ambarawa – Solo – Yogyakarta – Banyumas – Temanggung – Lamongan – Surabaya – Tulungagung – Purworejo – Rembang – Purwodadi – Gubug, Maksimal dalam                suhu ruangan sekitar 12 jam. Lebih dari itu kemungkinan bakteri daging mula menyerang.

Pertanyaan 7

Erika Diana, ’96, Jakarta

  1. Berapa persen penguasaan pasar Madina Kebab?

Jawaban:

  1. Untuk penguasaan pasar, Saya tidak tau persis. Untuk informasi, produsen kebab sendiri saat ini ada sekitar 6 yang beredar di pasar. Kira-kiranya 30~40% dengan kapasitas produksi yang berjalan. Per hari sekitar 1,6ton.

Pertanyaan 8

Agung Rajagrap, 2010, surabaya

  1. Bagaimana cara membuka o’kebab atau kebab

madinah di surabaya? Maap saya gak nemu merk kebab madinah di surabaya.

Jawaban:

  1. Di Surabaya kami sedang proses merintis untuk distribusi. Saat ini, distribusi bahan mentahnya melalui perusahaan rekanan tortilla. Di Rungkut. Sekali lagi, saat ini Kami belum membuat sistem franchise. Namun konsultasi serta mentoring bisa dilakukan. Dan memang rata-rata kebab yang siap dimakan sudah tidak bernama Madina Kebab. Beda kami di rasa daging itu sendiri.

PENUTUP

Dari Saya sendiri terima kasih atas peluang, waktu serta perhatian para anggota forbis pada taklim malam ini. Kesalahan dalam jawaban atau kurang etis Saya mohon maaf.

Nikmatilah setiap proses dari sebuah usaha.

  1. 3. poin saat memilih menjadi _entrepreneur_ adalah:
  2. Process
  3. 2. Mentality
  4. 3. Deccison-making

Dan niatkanlah menjadi pedagang untuk menjadi ashabu muzakki. Sekian, Wassalamualaikum wr. wb.

LAMPIRAN

1 foto profil pemilik

2 Video penyajian kebab secara umum

3 price list dan estimasi investasi awal

4 foto pabrik

5 alamat madina kebab

6 foto kompetitor pabrik kebab

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor

Prev Post
Batik