10+ Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan di Tahun 2021

10+ Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan di Tahun 2021

FORBIS.ID__ Betul, era digital mempermudah banyak hal di segala bidang. Termasuk dalam bisnis. Meski demikian, bisnis di zaman digital memiliki tantangan tersendiri loh. 

Tapi seberapa besar pun tantangannya, memulai bisnis tetap lebih baik daripada sekadar berpangku tangan. Dengan catatan: jangan asal memulai bisnis.

Temukan ide bisnis yang tepat, persiapkan dengan rencana matang, lalu bergeraklah. Awal yang baik akan membantu membuahkan hasil yang baik pula. 

Artikel ini akan menemani Anda mengawali bisnis Anda dengan ide-ide bisnis digital yang menjanjikan tahun ini. Namun sebelum jauh berselancar dalam ide, mari kita mulai dari memahami defenisi bisnis digital: 

Arti Bisnis Digital

Bisnis digital mer upakan jenis usaha yang penjualan produknya memanfaatkan tekologi digital, baik itu melalui website ataupun aplikasi. Produknya dapat berupa barang atau jasa. Anda, misalnya, dapat menjual sepatu lewat salah satu platform transaksi online atau e-commerce. Atau, menjual jasa desain rumah di website.   

Ada banyak cerita dari pengalaman pebisnis digital yang sukses. Ade di antaranya. 

Berawal dari gagasan mengurangi penggunaan kertas , Ade membuat jasa pembuatan undangan digital dari nol. Ia membuat situs datangya.com dan menjual jasanya di sana. Gayung bersambut, masyarakat pun berbondong-bondong menggunakan jasanya. 

Ade hanya satu contoh dari banyaknya pengusaha sukses dalam dunia digital. Dan Anda juga tentu dapat menciptakan peluang. Dus, mulailah mencari ide.

10+ Ide Bisnis Digital Terbaik

Berikut ide bisnis pilihan yang Anda dapat pertimbangkan dan mencobanya:

1. Menjual produk digital

Selain produk fisik, produk digital juga dapat dijual di lapak online. Misalnya, Anda menjual buku elektronik (ebook), audio maupun video.

Kalau Anda seorang komponis atau musisi, Anda dapat menjual karya Anda di tunecore dan songcast. Jika Anda penulis, Anda juga dapat menjual karya Anda yang berupa buku di Amazon atau Apple Book

Anda juga dapat menjualnya di website pribadi Anda. Cara terakhir ini lebih menguntungkan Anda lantaran tidak perlu bagi hasil dengan penyedia lapak. 

2. Membangun toko online

Bayangkan jika Anda membeli properti ruko  di pinggir jalan raya. Di sana Anda bisa menjual produk yang datang dari berbagai sumber, termasuk buatan Anda sendiri. 

Begitu juga toko online. Hanya saja Anda tidak perlu repot mencari modal gede untuk membangun atau membeli properti. 

Cukup buat website atau platform jual beli. Bukankah ini seperti Bukalapak.com? Betul. Tapi dalam situs buatan sendiri, potensi kereativitas dagang Anda dapat diwujudkan maksimal. 

Berikut tiga kelebihan memiliki toko online:

a. Mudah. 

Jangan membayangkan Anda harus belajar programer komputer untuk membangun toko online. Platform manajemen konten sudah banyak dan Anda tinggal memilih dan  mengolahnya. Salah satunya ialah wordpress. 

b. Tampil beda. 

Jika Anda bergabung dengan marketplace lainnya, kemampuan Anda berbisnis tak tereksplorasi dengan maksimal. Keunikan dan keunggulan berdagang yang Anda miliki tak tampak. Terlihat sama saja dengan pedagang lainnya. Tapi jika Anda buat sendiri, toko Anda tentu tampil beda. Anda bisa membangun brand dan kepercayaan pasar berdasarkan kemampuan dan kreativitas Anda. 

c. Mandiri. 

Tidak perlu lagi bersandar pada manajemen platform orang lain. Tak perlu lagi waswas pada perubahan aturan platform orang lain. Manajemen toko sepenuhnya berada di tangan Anda. 

3. Bisnis afiliasi

Afiliasi merupakan aktivitas memasarkan produk orang lain dengan imbalan komisi. 

Bisnis ini terbagi tiga tahap: Pertama, Anda mendaftar di sebuah program afiliasi untuk mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Ada banyak program tersedia di dunia maya, salah satunya Amazon Affiliate yang menjual produk internasional untuk pelanggan global. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut melalui website atau media sosial Anda. Ketiga, jika ada pembeli yang menggunakan kode dari Anda atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda menerima komisi bagi hasil.

Hadi Hartono dan Pat Flynn merupakan contoh pebisnis dalam afiliasi yang sukses. Di laman situsnya, Pat Flynn dapat mencapai hasil 2 juta dolar! 

4. Youtuber

Apakah Anda mengenal perempuan berjilbab Ria Ricis? Penghasilannya sebagai Youtuber mencapai 43 miliar rupiah setahun. 

Itu penghasilan ketika pengikut Youtube Ria Ricis berjumlah 17 juta subscriber. Di bulan Maret 2021, pengikutnya telah mencapai 24 juta! 

Tentu penghasilan itu ia capai melalui kerja keras memproduksi konten. Dengan konten yang menarik, ia dapat mendatangkan banyak penonton yang kemudian mengundang iklan dan endorsement.   

Anda juga dapat membuat konten digital yang tak kalah menariknya dan berbeda dari Ria Ricis. Segmen penonton Anda pun berbeda bahkan lebih luas. Ingat, di Youtube, setiap orang punya peluang sama.

5. Bisnis dropship

Bisnis ini merupakan aktivitas menjual produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Anda hanya mengandalkan kemampuan menjual. 

Dropship berbeda dengan afiliasi. Dalam affiliasi,  Anda adalah marketer yang menawarkan produk. Sementara dalam dropship, Anda yang menjual barang tersebut dan menerima uang langsung dari pembeli. 

Keuntungannya berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang.

Tempat penyimpanan barang dan pengiriman barang ke pembeli tak perlu Anda pikirkan. Itu urusan produsen. Oleh karena itu, dropshipper hanya bertugas sebagai perantara antara penjual dan konsumen.

Hal menarik lainnya dalam dropship ialah Anda dapat memulai tanpa modal gede. Hanya menentukan produk yang Anda ingin jual. 

6. Menjadi blogger

Apakah Anda mengenal Raditya Dika? Ia seorang penulis buku dan pemain film. Awal kesuksesannya dari menulis di blog pribadinya: kambingjantan.com.

Kalau sudah punya blog, mulailah mengisinya dengan konten menarik. Setelah itu, buatlah ruang (space) tempat orang dapat beriklan di laman blog tersebut. Anda berikan tarif sewa iklan di ruang itu seperti pengalaman blogger Iwan Banaran. 

7. Influencer di instagram 

Kalau Anda punya akun Instagram dengan banyak pengikut, cobalah menjadi influencer. Ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan dalam bisnis digital. 

Tengoklah Instagram Magdalenaf. Kontennya ihwal kuliner ekstra pedas di restoran dengan penyampaian yang menarik. Banyak orang tertarik mengikuti konten-kontennya hingga followernya mencapai 2,1 juta. 

Jika Anda bisa membuat konten menarik dan mendatangkan banyak followers, tawaran kerjasama untuk iklan dan review berbayar akan terbuka lebar. 

8. Penulis konten

Jika memiliki bakat menulis, janganlah Anda pendam. Bakat Anda dapat dengan mudah menghasilkan duit di era digital. 

Di era ini, Anda tak harus menulis untuk perusahaan surat kabar yang sangat terbatas jumlahnya. Kini telah hadir banyak platform digital yang dapat membeli karya Anda, baik di luar maupun di dalam negeri. 

Portal berita BaBe adalah contoh platform di Indonesia yang menawarkan bisnis ini. Di luar negeri, Anda dapat mencoba mengirimkan tulisan berbahasa Inggris ke WritersWeekly

9. Mengajar online

Pada zaman sekarang, berbagi ilmu tak harus di ruang kelas atau tempat kursus. Anda kini dapat mengajar di platform digital seperti Ruang Guru atau bahkan membuat kursus online sendiri. 

Selain menyalurkan hobi mengajar, Anda bisa membuka peluang bisnis. Untuk membuat kursus online, Anda dapat memulai dengan membikin website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau Learning Management System (LMS). Atau menggunakan WordPress yang punya banyak tools untuk membantu Anda membuat kursus online dengan mudah. 

10. Jasa pembuatan website

Profesi ini biasanya disebut developer. Peluang sukses di bisnis ini terbuka lebar seiring kebutuhan masyarakat pada teknologi digital di berbagai sektor. Pedagang di gang hingga perusahaan raksasa kini membutuhkan website.  

Memang orang dapat membuat situs dengan mudah, tapi hanya sedikit orang yang  mampu mengolahnya tampilannya sesuai kebutuhan. Pengolahan website yang rumit membutuhkan keahlian khusus dari seorang developer. 

Anda dapat memulainya dari kamar tidur, di depan laptop Anda. Atau di mana pun Anda nyaman bekerja. Tawarkan jasa Anda dengan berbagai portofolio di ragam platform, seperti freelance situs atau di website Anda sendiri.

11. Jasa pembuatan aplikasi smartphone

Jumlah pengguna telepon pintar (smartphone) di Indonesia dapat meningkat hingga 85 persen dari total penduduk pada tahun 2025. Ini potensi besar. 

Oleh karena itu, keahlian pembuatan aplikasi untuk smartphone kian dibutuhkan, baik untuk smartphone berbasis Android atau Apple. Aplikasi Gojek mungkin dapat menjadi inspirasi. 

Temukan peluang lain yang belum digarap oleh orang lain. Jika Anda temukan itu, artinya Anda menjadi perintis aplikasi tersebut dan ini menjadi peluang bagi Anda mengembangkannya.  

12. Menjadi Podcaster

Podcast merupakan konten audio yang bisa diakses secara online dan bersifat on-demand (sesuai permintaan). Sementara podcaster ialah orang yang membuat konten audio tersebut. 

Anchor dan Spotify merupakan dua di antara ragam platform yang dapat Anda manfaatkan untuk mendistribusikan konten audio. Kalau bisa mendapatkan niche yang tepat, Anda dapat mencapai kesuksesan seperti Iqbal Hariadi dengan podcast Subjective. 

13. Konsultan SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan jasa yang dapat membantu website mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari seperti Google.  

Setiap perusahaan yang memiliki web ingin tampil di halaman pertama dan urutan teratas mesin pencari. Musababnya, mereka ingin mendapatkan banyak pengunjung lewat mesin pencari.  

Di sinilah peran SEO begitu penting. Kalau Anda menguasai SEO, coba jadi konsultan SEO dengan mempertimbangkan tingginya penetrasi internet di masyarakat dari tahun ke tahun. 

Kelebihan Bisnis Digital

Apakah Anda belum yakin memulai bisnis digital? Baiklah, perhatikan beberapa keunggulan bisnis digital yang mungkin dapat menjadi masukan:

1. Jangkauan pasar luas

Dalam bisnis digital, pangsa pasarnya lebih luas. Anda dapat menjalankan bisnis di mana pun Anda berada selama 24 jam. 

2. Pilihan beragam

Kemajuan teknologi diperkirakan terus berlanjut dalam periode yang panjang di masa yang akan datang. Ini berarti peluang inovasi dalam dunia usaha terbuka lebar. Anda tinggal pintar-pintar mengamati kebutuhan pasar dan menemukan peluang.

3. Memberikan kenyamanan pelanggan

Di musim pandemi Covid-19, bisnis digital hadir memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Tanpa kontak fisik, masyarakat kini dapat bertransaksi dengan mudah. 

4. Bertujuan jangka panjang

Penetrasi internet di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Atas dasar ini, banyak perusahaan melakukan transformasi digital. Selain itu, bisnis digital juga merupakan usaha membangun identitas online jangka panjang. Jika Anda tidak menyadari peluang ini, Anda berarti ketinggalan kereta. 

5. Potensi penghasilan tanpa batas

Artinya, Anda dapat mengekspansi pasar tanpa dibatasi dengan wilayah geografis. Bayangkan jika pelanggan Anda dari berbagai negara di dunia ini!

Hal Utama yang Perlu Disiapkan

Kalau Anda telah yakin memulai bisnis digital, siapkan tiga hal berikut ini: 

1. Pemilihan niche potensial

Niche merupakan jenis bisnis yang ingin ditekuni secara spesifik. Kecermatan dalam melihat peluang pasar ikut menentukan niche yang Anda pilih. Sejumlah niche memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari yang lain. 

Anda juga dapat memulai dari potensi Anda. Temukan jenis bisnis yang terkait dengan minat dan keahlian Anda. Jika Anda gemar kuliner, contohnya, review makanan dapat menjadi niche Anda.  

2. Waktu pengembangan.

Kota Roma tidak dibangun dalam semalam. Demikian pribahasa menasihati. Ide bisnis digital yang Anda kembangkan mungkin saja membutuhkan waktu lama. Dalam konteks ini, kesabaran menjadi kunci meraih kesuksesan. 

3. Punya website menarik 

Berbicara bisnis digital berarti menyinggung website bisnis. Dengan website, Anda dapat mendatangkan pengunjung dan transaksi penjualan. Anda hanya perlu menyewa hosting web dan membeli sebuah domain sesuai jenis bisnis. 

Nah, sampai di sini, apakah Anda sudah memiliki bayangan memulai bisnis digital? Kalau iya, tunggu apa lagi? Selamat mencoba dan semoga sukses.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor