Cara Membuat Company Profil

  • 6 Juni 2021
  • 62 views
Cara Membuat Company Profil

FORBIS.ID– Company profile atau compro ialah media perkenalan profesional dari perusahaan yang disertai produk atau jasa yang ditawarkan. Perkenalan berupa gambaran umum perusahaan seperti alamat perusahaan, identitas pemimpinnya, sejarah berdirinya, visi dan misi.

Semakin serius menjalankan bisnis, perusahaan tersebut biasanya semakin maksimal membuat company profil. Musababnya, mereka mengetahui fungsi compro yang di antaranya sebagai berikut: 

Publikasi dan Media Branding 

Compro itu sumber informasi bagi calon konsumen. Dari compro, produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dapat diketahui oleh calon konsumen. Oleh karena itu, konten compro mestinya didesain mengikuti selera konsumen atau pasar.

Alat Marketing

Compro dapat membantu pemasaran, apalagi dibuat dengan desain memikat. Ketertarikan calon konsumen pada compro dapat memicu penjualan produk dan akhirnya berdampak positif pada pertumbuhan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, compro baiknya memuat detail kelebihan, kapasitas produksi dan kualitas yang mungkin tak dimiliki oleh kompetitor. Tentunya desain yang menarik – baik berupa digital maupun fisik –  sudah menjadi keharusan.

Susunan Isi Company Profile

Seperti disebutkan di atas, semakin baik compro semakin besar dampak positifnya bagi perusahaan. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah susunan isi informasi di dalam compro yang dijelaskan satu per satu di bawah ini: 

Sampul Depan

Sampul atau cover depan ini wajib. Ia menampilkan nama dan logo perusahaan. 

Inilah identitas awal perusahaan yang mesti diketahui oleh pembaca. Desain sampul disarankan dibuat menarik agar pembaca tergoda untuk membaca isinya. 

Kata Pengantar

Ini tidak wajib. Tapi jika Anda membuat kata pengantar disarankan isinya singkat, padat dan efektif. Tidak usah melantur-lantur sehingga isinya tidak fokus pada pesan inti kepada pembaca. 

Informasi Dasar

Bagian ini wajib ditulis dan biasanya diberi judul “Tentang Kami” atau “Sejarah Perusahaan” atau “About Us”.  

Di sini, Anda menguraikan informasi waktu berdirinya perusahaan, para pendiri, latar belakang pendirian perusahaan, hingga jenis usaha yang dijalankan. Detailnya dapat memperkaya informasi indetitas perusahaan kepada pembaca.

Visi dan Misi

Visi berarti gambaran tentang cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sementara misi perusahaan menginformasikan upaya yang telah dan akan terus dilakukan untuk dapat mencapai visi. Baik visi maupun misi, keduanya mesti diketahui pembaca. 

Pengurus

Pada bagian ini, compro menginformasikan siapa saja yang terlibat menjalankan perusahaan. Informasi dapat berupa nama, jabatan, kualifikasi dan deskripsi tugas masing-masing.  Informasi ini berisikan pesan bahwa perusahaan bertanggung jawab atas produknya kepada konsumen.

Produk atau Jasa 

Umumnya bagian ini yang menjadi perhatian calon konsumen. Oleh karena itu, konten ini wajib dihadirkan dalam compro. 

Semakin detail keterangan produk atau jasa, semakin memuaskan calon konsumen. Bila memungkinkan, lengkapilah dengan foto atau video jika menggunakan medium digital.

Keunggulan Perusahaan 

Keunggulan perusahaan dapat dipandang pembeda oleh calon konsumen. Artinya, keunggulan yang Anda miliki itulah yang membedakan perusahaan Anda dengan pesaing.

Ini wajib dihadirkan dalam compro dan ditonjolkan. Misalnya, Anda memiliki data tentang kualitas produk Anda lebih unggul dibandingkan produk perusahaan lain. Ataukah proses pembuatan produk di perusahaan Anda menggunakan teknologi ramah lingkungan yang belum dimiliki oleh kompetitor.  Ini semua mesti disampaikan kepada calon konsumen. 

Pengalaman Perusahaan

Pengalaman biasanya disampaikan melalui penampilan daftar klien bagi perusahaan jasa. Misalnya, lembaga negara dan swasta A, B, C dan D telah menggunakan jasa fotografi perusahaan Anda. 

Ini penting disampaikan meskipun tidak wajib. Semakin banyak jam terbangnya, semakin besar klien tersebut, semakin tinggi reputasi perusahaan Anda.  

Galeri Foto

Ini tak selalu harus ditampikan. Namun bila Anda mencantumkannya, Anda dapat menampilkan foto perusahaan, foto kegiatan produksi, aktivitas karyawan, hingga kegiatan sosial CSR.

Testimoni

Testimoni yang disampaikan dengan tepat dapat memancing ketertarikan calon konsumen. “Tepat” artinya mereka yang menyampaikan testimoni adalah orang-orang yang populer atau memiliki karakteristik yang serupa dengan target pasar. Ini juga penting meski tidak wajib. 

Sampul Belakang 

Seperti sampul depan, sampul belakang juga wajib dibuat. Biasanya di sini tercantum kontak perusahaan berupa alamat, telepon, akun media sosial dan email. 

Informasi Tambahan

Apakah masih ada hal selain di atas yang penting disampaikan dalam compro? Jika ada, cantumkan dalam bagian informasi tambahan. Contohnya; sertifikasi ISO, legalitas perusahaan, struktur perusahaan, dan lain sebagainya.

Ciri Company Profile yang Baik

Jika Anda ingin membuat compro, kenali ciri-ciri pembuatan yang baik, di antaranya:

  • Desainnya tampak menarik, elegan, dan profesional. Kombinasi warnanya sesuai dengan logo perusahaan. Desain menarik dapat memperkuat branding.
  • Susunan isi compro jelas, rapi, dan singkat. Pembuatan dan penulisan isinya dapat diserahkan kepada layouter dan penulis profesional dan berpengalaman.
  • Semua poin-poin penting yang berkaitan dengan perusahaan dicantumkan dalam compro. Ini dapat menambah kredibelitas perusahaan.
  • Jika compro dibuat dalam format cetak, gunakan bahan cetak yang berkualitas.
  • Tercantum foto, gambar, ataupun ilustrasi untuk mengvisualkan informasi berupa teks.
Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor

Konten Terkait