Mengenal whatsApp Bisnis untuk Toko Online

Mengenal whatsApp Bisnis untuk Toko Online

FORBIS.ID__ Aplikasi pesan paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi pada 2019, 83 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. 

Oleh karena itu, aplikasi ini sangat efektif untuk menyapa target pasar Anda dalam berbisnis. Hanya saja, dalam berdagang, Anda disarankan menggunakan WhatsApp Bisnis dan bukan WhatsApp reguler. 

Lalu apa itu WhatsApp Bisnis?

Aplikasi ini didesain khusus untuk pelaku usaha, khususnya pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Aplikasinya dapat diunduh gratis di Android maupun iOS.

Kegunaan WhatsApp Bisnis

Manfaat lebih detail WhatsApp Bisnis adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi dengan pelanggan lebih mudah  

Dengan fitur balas otomatis, Anda sangat terbantu membalas setiap pesan dari pelanggan. Baik dalam bentuk away message, greeting message, dan quick message.

Jika komunikasi terbangun dengan baik, hubungan Anda dengan pelanggan tentunya dapat terjalin dengan baik pula.  Hubungan yang baik ini merupakan modal positif bagi perkembangan usaha Anda. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur label dan statistik. Dengan demikian, Anda dapat menyampaikan informasi secara cepat, misalnya, secara khusus kepada semua pelanggan berlabel “belum bayar”.

2. Terpercaya

Penipuan dalam transaksi online juga sering kali terjadi. Oleh karena itu, wajar saja jika calon pembeli tak mudah percaya pada suatu toko online.  

Nah, dengan fitur profil bisnis pada WhatsApp Bisnis, calon pembeli bisa dengan mudah mengecek informasi toko Anda. Di sisi lain, Anda dapat meyakinkan calon konsumen bahwa Anda berbisnis secara profesional.  

3. Tanda Centang Akun Bisnis 

Nah, pihak WhatsApp Business nantinya melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Jika terverifikasi valid, pihak WhatsApp Bisnis akan memberikan centang berwarna hijau pada akun tersebut.  

Jika akun Anda menerima centang hijau, kepercayaan pelanggan Anda terhadap bisnis Anda semakin meningkat. 

4. Mudah Mempromosikan Produk  

WhatsApp Bisnis bukan hanya aplikasi pesan semata. Aplikasi ini dapat juga menjadi media marketing digital. 

Dengan fitur katalog, Anda dapat memamerkan produk Anda dengan dengan deskripsi dan harganya masing-masing. Katalog ini dapat membantu konsumen Anda meriset produk yang mereka inginkan sebelum membeli. 

Setiap link produk baru dalam katalog dapat kepada pelanggan. Penyebarannya dapat melalui pesan broadcast atau media sosial lainnya.

Memulai Menggunakan WhatsApp Bisnis

Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan langkah-langkah berikut:

1. Unduh WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS). 

2. Masukkan nomor telepon setelah WhatsApp Bisnis terinstal. Gunakan nomor ponsel khusus bisnis untuk verifikasi.

3. Lengkapi profil bisnis Anda. Caranya, klik menu Settings > Business Settings > Profile. Pastikan informasinya akurat dan lengkap.

4. Mengatur menu balas pesan otomatis. Fitur ini akan memudahkan Anda membalas pesan konsumen di luar jam kerja. Caranya, klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies. Setelah itu, atur isi pesan balasan otomatis dan waktu pengiriman pesan.

5. Mengatur katalog. Caranya, buka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog. Tambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk di dalamnya. Katalog ini dapat menampilkan 500 foto paling maksimal. Anda juga dapat menambahkan link terkait dengan produk tersebut. 

6. Memeriksa statistik pesan. Caranya, klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik 

7. Menerapkan label. Ketuk dan tahan chat > pilih Label. Setelah itu, Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau menambahkan label baru pada chat terkait.  

8. Menemukan Konten Berlabel. Buka layar Chat > Klik tombol menu > Label > Klik salah satu label yang ingin Anda lihat 

10. Mengelola label. Buka layar Chat > Klik Tombol Menu > Label.  Dalam menu ini, Anda dapat mengedit atau menghapus label, menambahkan warna pada label dan membuat pesan broadcast. 

Tunggu apa lagi? Unduh sekarang dan selamat mencoba.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor