Promosi Bisnis dalam 9 Media Online

Promosi Bisnis dalam 9 Media Online

FORBIS.ID__ Medan promosi kini tak sesempit jangkauan radio, televisi dan surat kabar. Pasalnya, era digital memperluas medan tersebut sehingga Anda tak harus lagi ke studio radio, televisi atau media cetak untuk sekadar beriklan.    

Dengan sebuah gadget di tangan, ditambah dukungan internet, Anda dapat mempromosikan bisnis ke masyarakat luas. Cara ini justru lebih cepat dan murah dibandingkan metode konvensional. Bukan hanya itu, jalan ini lebih popular! 

Anda hanya memanfaatkan ragam media sosial yang telah tersedia dalam gawai. Tapi, platform mana saja yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda? Nah, berikut sembilan media online yang Anda dapat memanfaatkan untuk promosi:

1. Instagram

Platform media sosial yang satu ini sedang naik daun sebagai media promosi. Pengguna dapat mendisplay ragam foto produk dalam satu posting dengan menarik dipandang. Di samping itu, keterangan foto dapat ditulis lebih panjang dibandingkan Twitter.

Instagram dapat diunduh di telepon pintar, termasuk ponsel berbasis android dan iOS. Pendaftaran dan cara membuat suatu posting pun sangat mudah.  

Kebanyakan penggunanya dari kalangan anak muda. Oleh karena itu, Instagram merupakan media yang tepat untuk memperkenalkan bisnis ke kalangan anak muda.   

Salah satu yang perlu Anda perhatikan dalam promosi di Instagram ialah ‘hashtag‘. Dengan hastag, Anda dapat membawa promosi Anda ke dalam keramaian, titik berkumpul para pengguna Instagram. Di samping itu, aktiflah menyapa pengikut Anda, menjawab pertanyaan mereka, agar calon konsumen tertarik pada bisnis Anda. 

2. Youtube

Siapa yang tak mengenal Youtube hari ini? Pada 2017, jumlah pengguna media ini mencapai 50 juta di Indonesia. 

Jika Instagram banyak dinikmati oleh anak muda, Youtube dinikmati oleh semua usia, muda maupun tua. Oleh karena itu, Anda tidak bakal sia-sia memanfaatkan Youtube untuk mempromosikan bisnis. Semakin maksimal promosinya, semakin besar peluang untuk meraih kesuksesan promosi.  

Buatlah video menarik tentang bisnis Anda lalu unggah ke akun Youtube. Kemudian, pilih kategori yang tepat ketika mengunggah video. 

Setelah itu, tentukan judul videonya. Buat judul semenarik mungkin untuk menarik banyak orang menontonnya. Selain menarik, judul mestinya mengandung banyak kata kunci alias ‘keyword’. Teknik ini mendukung video Anda muncul dalam hasil pencarian Youtube dan nongol di beranda Youtube terdepan.

3. Facebook

Inilah media sosial paling populer di Indonesia. Sedemikian terkenalnya, banyak orang memanfaatkan keterkenalannya untuk promosi bisnis. 

Di samping populer, penggunaannya juga sangat simpel. Alasan kedua ini pula yang memicu banyak orang memperkenalkan produk di laman Facebook, termasuk mereka yang telah memiliki toko fisik.  

Lalu bagaimana kiat sukses mempromosikan bisnis di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini? Pertama, buat halaman utama Facebook yang memikat perhatian banyak orang. Anda akan mendapatkan banyak “like” jika cara diatas berhasil. 

Langkah kedua, jangan puas dan terus tingkatkan jumlah “like” dengan cara mempelajari history timeline Anda. Carilah orang-orang yang sangat mungkin tertarik dengan laman Facebook Anda. Kiat terakhir, fokuslah pada produksi konten yang menarik. Ingat, konten adalah raja.   

4. Twitter

Di samping Facebook, Twitter merupakan media sosial populer di Indonesia. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan Twitter untuk promosikan bisnis.  

Walau mulanya didesain untuk status 160 karakter, Twitter kini tak kalah menarik untuk dijadikan media pemasaran. Caranya, pertama, dengan meningkatkan jumlah pengikut alias follower.  

Kedua, buat cuitan secara teratur, termasuk mempromosikan website bisnis Anda secara reguler. Ketiga, perhatikan waktu pengiriman tweet. Keempat, gunakan jasa akun yang memiliki banyak follower untuk memperluas jangkauan promosi. Atau, Anda saling membantu dengan akun twitter usaha bisnis lainnya.

5. Kaskus

Media sosial yang cukup tua di Indonesia ini masih digemari hingga saat ini. Kaskus memiliki marketplace yang banyak dimanfaatkan untuk jual beli. Bahkan, sebagian orang masih menganggapnya sebagai platform paling ampuh untuk promosi dan jualan. 

6. Google+

Jika familiar dengan Youtube, Anda tentu mengenal Google. Ya, Youtube merupakan salah satu produk Google.

Anda mesti memiliki akun email Google untuk mengunggah video di Youtube. Selain Youtube, platform Google+ juga dapat digunakan untuk promosi bisnis.  Banyak pengusaha yang sukses mempromosikan bisnis mereka dengan Google+. 

7. Marketplace

Selain media sosial, Anda mesti memanfaatkan promosi di berbagai marketplace. Platform marketplace populer di Indonesia di antaranya Bukalapak, Tokopedia dan OLX

Marketplace layaknya pasar fisik memberikan ruang bagi Anda untuk membuka toko online. Promosi Anda di sini terbilang efektif lantaran jutaan orang mengunjungi marketplace setiap harinya. Sedemikian pentingnya, pengusaha yang telah memiliki toko fisik juga membuka toko online di marketplace demi memperluas jangkauan promosi. 

8. Blog

Tak perlu berpikir membuat website yang mahal. Blog dapat Anda buat secara gratis dan cara membuatnya pun sangat sederhana. 

Nah, di dalam blog, Anda membuat artikel tentang bisnis Anda yang disertai dengan foto dan video. Kemudian gunakan teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung blog.  

9. Email Marketing

Walau metode pemasaran ini termasuk lawas, namun masih relevan hingga kini. Jangan pula meremehkannya lantaran cara ini dapat memberikan dampak besar dalam promosi bisnis. 

Kawan, demikian ragam promosi digital yang dapat Anda pilih. Meski caranya mudah, Anda dituntut untuk membuat perencanaan dan strategi. Pasalnya, hampir tak ada orang yang menggunakan media sosial semata-mata untuk menampung promosi dari Anda. Itu hampir tak mungkin. 

Di media sosial, mereka ingin mencari teman, informasi penting menurut mereka dan tentunya konten yang mencerahkan. Oleh karena itu, belajarlah menjadi teman bagi mereka di media sosial dan jangan lupa untuk selalu berbagi informasi yang dibutuhkan warganet. Selamat mencoba.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor