TIPS BERBISNIS UNTUK PEMULA

TIPS BERBISNIS UNTUK PEMULA

FORBIS.ID– Saat ini banyak masyarakat yang memulai dan sukses dalam dunia bisnis, daripada menjadi karyawan. Diantara mereka banyak yang cenderung bosan dalam bekerja, alasan yang lain yakni bebisnis tidak terikat waktu, bisa dilakukan dimanapun dan memiliki keuntungan yang lebih.

Berbisnis bukan merupakan sesuatu hal yang mudah, apalagi untuk para pemula bisnis. Berbisnis harus memiliki ketekunan dan perjuangan yang besar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memulai berbisnis:

Bentuk Mindset Yang Tepat

Dalam berbisnis sudah pasti merasakan untung dan rugi. Karena kondisi dilapangan tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan, sehingga akan banyak rintangan dalam memulai bisnis. Disini para pemula harus memiliki mindset yang tepat, dalam berbisnis harus siap akan kerugian dan hambatan yang didapat. Selain itu juga harus memiliki mental yang kuat agar terus tekun, tidak mudah menyerah dan selalu bisa menemukan solusi atas kerugian atau hambatan yang didapat.

Niat 

Niat merupakan hal yang wajib dilakukan seseorang dalam memulai hal apapun, termasuk dalam berbisnis. Ketika kita memulai bisnis tidak berdasar niat dan hanya iseng, maka bisnis tersebut tidak akan maksimal dan akan mudah menyerah ketika mendapat rintangan. 

Maka dari itu perlunya niat untuk memulai berbisnis agar hasilnya bisa maksimal. Dari sinilah niat bisa menentukan hasil dari kalian memulai bisnis.

Fokus Pada Satu Bisnis

Fokus menjadi kunci dalam memulai berbisnis, karena pikiran kita tidak akan terbelah ke hal yang lain, sehingga bisa mencurahkan seluruh pikiran dan tenaga kepada satu bisnis dahulu.

Banyak juga dijumpai para pembisnis yang gagal karena terlalu banyak memiliki bisnis. Karena fokus mereka terbelah. Bukan berarti melarang untuk memiliki banyak bisnis, akan tetapi mulailah dengan fokus terhadap satu bisnis dahulu dan ketika sudah lancar barulah memulai bisnis yang lainnya secara fokus dan bertahap.

Mulailah Dari Apa Yang Disukai

Kenapa memilih dari apa yang kita sukai? karena kita lebih bisa memahami seluk beluk dari bidang tersebut. Halangan atau masalah yang didapat dalam kita berbisnis akan lebih mudah dihadapi, karena kita sudah paham bidang tersebut.

Peluang Bisnis Sekitar

Tanpa kita sadari banyak peluang bisnis yang ada disekitar lingkungan kita. Ada beberapa kelebihan yang kita dapat saat memulai bisnis di lingkungan kita sendiri, salah satunya kita akan lebih bisa membaca peluang dari apa yang dinginkan masyarakat seperti dalam bidang makanan minuman, fashion dan lain lain.

Membaca Kekuatan Pesaing 

Dalam berbisnis kita harus bisa membaca kekuatan pesaing. Karena sekarang sudah banyak bisnis yang berkembang, maka banyak pula bidang bisnis yang ada. Tidak jarang kita memiliki bisnis yang sama dengan pembisnis lain, maka secara tidak langsung itu yang menjadi saingan kita.

Karenanya perlu membaca kekuatan lawan karena itu sangat berguna bagi kelangsungan bisnis kita , misalnya dengan mengetahui harga, pelayanan  , prosedur dll. Dan disini kita diaharuskan untuk inovatif dalam berbisnis agar memiliki kelebihan dari lawan kia.

 Lokasi yang strategis

Dalam memulai bisnis kita harus memiliki tempat yang stratigis agar mudah dilihat dan diingat orang. Selain itu bidang bisnis kita harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Semisal kita membuka usaha kos , tentunya kita harus memilih wilayah yang didapati banyak mahasiswa, pekerja atau yang lainnya.

Promosi yang tepat

Promosi merupakan salah satu hal yang mendasar dalam berbisnis, karena promosi merupakan usaha dasar dalam kita mengenalkan bisnis kita pada konsumen. Manfaatnya pun agar menarik konsumen, meningkatkan penjualan dan menunjukan kualitas produk.

Apalagi di era modern ini akses internet sudah menyebar ke seluruh masyarakat sehingga promosi lewat media online sangatlah efektif dalam memulai bisnis. Karena media online menjadi wadah promosi yang bisa dilakukan secara gratis dan bisa masif.

Selalu mengembangkan bisnis

Banyak diantara masyarakat yang mudah bosan dengan berbagai produk, maka dari itu inovasi untuk mengembangkan produk harus dilakukan agar konsumen tetap kita tidak bosan dan tetap menjadi langganan. Seperti mengadakan diskon, promo, dan perubahan yang lain tanpa menghilangkan esensi dari bisnis yang kita dalami.

Kerja sama tim

Selain Itu Ketika kita memulai bisnis bersama teman atau memiliki karyawan, kita harus menumbuhkan kerjasama yang bagus dan rasa saling memiliki akan bisnis. Sehingga dalam bisnis teman ataupun karyawan kita juga berpikir terhadap kemajuan bisnis kita serta tidak asal asalan Ketika bekerja

Dan tidak lupa untuk membagi tugas yang jelas dan saLING TERBUKA AKAN evaluasi dalam setiap pekerjaan yang dilakukan

Belajar dari kesalahan dan menerima kritik dari para pelanggan

Tentunya sudah menjadi hal yang wajar Ketika manusia memiliki kesalahan, akan tetaPI KITA JUGA HARUS Belajar dari kesalahan tersebut agar tidak terulangi dan mampu mencari solusi terbaik. Karena dalam berbisnis Ketika kita selalu mengulangi kesalahan yang sama makan kerugian juga akan menimpa kita terus.

Begitu pula dengan kritik yang disampaikan konsumen sudah selayaknya kita juga memperbaiki apa yang konsumen kritik terhadap bisnis kita agar kita tetap bisa menyesuaikan keinginan masyarakat 

Mengelola keuangan dengan baik

Keuangan memang kunci dalam berbisnis , pengeloalaannya juga perlu diperhatikan untuk menghitung modal keuntungan maupun kerugian, pemilahan ini dilakukan agar stabilitas bisnis tetap terjaga. Karena tidak jarang pebisnis yang lalai mengelola keuangan sehingga pemilahan kas dan uang pribadi bisa tercampur.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka bisa membantu perencanaan keuangan bisnis ke depan dengan baik, sehingga tidak mengeluarkan banyak uang yang tidak begitu penting.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor