Tips Pembuatan Compro

  • 6 Juni 2021
  • 2 views
Tips Pembuatan Compro Tips Membuat Company Profile - Foto oleh: Freepik

FORBIS.ID– Tips Membuat Company Profile yaitu sebaiknya informatif, menarik, dan tidak membosankan. Compro merupakan cerminan perusahaan sehingga segala sesuatu di dalamnya mencerminkan nilai perusahaan. 

Dengan demikian, pembuatannya tak boleh sembarangan. Berikut tips yang dapat membantu Anda membuat compro dengan baik: 

Buatlah compro sebagai media untuk bercerita dengan cara yang sesuai ruh perusahaan. Ceritakan pribadi perusahaan melalui empat karakteristik: passionate, quirky, irreverent, dan authentic.

  1. Passionate menggambarkan gairah perusahaan dalam membuat produk atau jasa. Gairah muncul dari motivasi yang mendorong perusahaan menjalan misi demi mencapai visi. 
  2. Quirky mencerminkan keberanian perusahaan untuk menghadapi segala tantangan di pasar dengan tetap menjadi diri sendiri. 
  3. Irreverent mirip dengan quirky. Irreverent menggambarkan keseriusan perusahaan dalam proses produksi meskipun bersikap santai dalam hal lain. Ciri karakteristik ini ialah penggunaan ilustrasi bergambar atau yang menunjukkan sikap humor.
  4. Authentic menggambarkan keseriusan perusahaan dalam usaha membantu calon konsumen mengatasi masalah. Ciri karakteristik ini ialah jujur, tidak banyak basa-basi, mengakui kesalahan, dan komitmen pada janji.

Nah, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa compro itu mesti:

  • Isinya singkat dan sederhana. Terlalu panjang membuat pembaca cepat merasa jenuh.
  • Menggunakan sudut pandang sesuai selera pasar. Produk yang diperuntukkan untuk masyarakat domistik akan berbeda sudut pandangnya dengan masyarakat luar negeri. 
  • Review compro oleh pihak lain sebelum diluncurkan ke pasar. Ini dapat dilakukan dengan mengundang pihak ketiga. Ini bukan hanya untuk memastikan ada atau tidaknya kesalahan penulisan tapi juga berusaha mendapatkan sudut pandang lain dari pihak luar perusahaan.
  • Menggunakan font dan format yang mudah dibaca. Pakailah font yang elegan dan hindari font yang sulit dibaca atau norak dipandang. 
  • Sistematis dan terstruktur. Menampilkan informasi secara berurutan, misalnya dalam bentuk poin-poin, lebih memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang mereka cari.
  • Hindari penggunaan kata berlebihan yang justru dapat mengaburkan informasi. 

Pembaca yang budiman, ada banyak orang berpengalaman membuat compro di Indonesia. Anda dapat menyerahkan pembuatannya kepada mereka. Namun jika Anda ini membuatnya, dapat membuat company profile yang baik dan benar dengan tips dan panduan di atas. Selamat mencoba.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor

Konten Terkait