10 Usaha Populer di Tahun 2021

10 Usaha Populer di Tahun 2021

FORBIS.ID— Anda belum juga menemukan jenis usaha yang cocok saat ini? Jika jawabannya iya, Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Menemukan usaha yang pas memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meski demikian, ada saja jalan untuk membangun usaha sukses. So, jangan khawatir.

Tak sedikit usaha yang kini naik daun lantaran produk atau jasanya banyak diminati oleh masyarakat. Tentunya Anda juga ingin dong buka usaha yang berpeluang laris manis.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya belajar dari usaha-usaha yang lagi tren pada tahun ini. Apa saja usaha yang populer di tahun 2021? Baca selengkapnya di bawah ini:

1. Usaha Tanaman

Inilah salah satu usaha yang mendapat ‘berkah’ pandemi Covid-19. Banyak orang yang bekerja dari rumah (WFH) mempunyai lebih banyak waktu untuk merias rumahnya dengan tanaman produktif seperti mangga dan jambu atau tanaman hias seperti anggrek dan janda bolong. Walhasil, permintaan terhadap produk tanaman melonjak dan harganya pun ikut naik.  

Tapi perlu diingat: produk usaha ini merupakan makhluk hidup. Tanaman mesti mendapatkan perawatan yang benar agar dapat tumbuh sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, pelaku usaha membutuhkan kesabaran di samping keterampilan menanam dan memelihara tanaman. 

2. Aquascape

Seperti usaha tanaman, usaha aquaspcape juga melejit akhir-akhir ini. Tak sedikit orang mengisi waktunya di rumah pada masa pandemi dengan memperindah akuariumnya. Ya, akuarium yang mungkin jarang sekali terawat sebelumnya. 

Tapi usaha yang satu ini memerlukan kecakapan seni. Pasalnya, aquascape merupakan seni mengatur tata letak tanaman, karang, kayu dan properti lainnya dalam bak kaca ikan hias. 

Tak heran, konsumen sudi mengeluarkan duit banyak untuk aquascape. Apalagi jika usaha ini Anda jalani sebagai hobi, hasilnya akan maksimal. 

Hanya saja, jenis bisnis ini terbilang baru. Oleh karena itu, Anda kudu sesering mungkin memperkenalkan aquascape kepada masyarakat sekaligus mempromosikan usaha Anda. 

3. Usaha Laundry Kiloan

Usaha ini sepertinya tidak ada matinya, gusy. Bahkan laundry merupakan salah satu usaha menjanjikan tahun ini.  Kebutuhan masyarakat terhadap jasa penatu selalu ada bahkan meningkat di sejumlah daerah. 

Oleh karena itu, pemilihan lokasi menjadi pertimbangan penting sebelum membuka laundry. Area ramai dan sibuk seperti dekat kampus, perkantoran, perumahan merupakan pilihan cocok membangun usaha ini. 

4. Usaha Produk Kecantikan

Produk ini tentu menjadi incaran banyak wanita. Dan Anda yang wanita juga tentunya cocok menjalankan bisnis ini. 

Usaha ini bukan berarti Anda memproduksi alat kecantikan. Anda dapat memulai dengan menjadi penjual ulang (reseller) merek tertentu dan mengambil untung dari situ. Yang penting, Anda memastikan produknya aman bagi kulit.  

Jika telah menguasai produk, pasar dan cukup modal, Anda dapat memulai membuat produk dengan mereka sendiri.    

5. Usaha Kopi Kekinian

Bisnis ini menjamur di berbagai wilayah. Bukan hanya di kota tapi juga di banyak kabupaten. 

Melimpahnya orang yang membuka usaha kopi membuat kompetisi dalam bisnis ini begitu ketat. Pelaku usaha mesti kreatif selain memiliki produk berkualitas. 

Salah satu jalan untuk menyikapi ini adalah membeli lisensi waralaba (franchise) dari bisnis kopi kekinian masyhur. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak duit, waktu, tenaga untuk menyiasati ketatnya persaingan. 

6. Petshop

Usaha ini senantiasa menjadi magnet bagi para pemilik hewan peliharaan. Bagi orang yang tinggal di kota, ke mana lagi mereka mendapatkan segala kebutuhan untuk hewannya selain ke petshop? 

Nah, Anda dapat menjadi magnet untuk mereka jika berminat terjun dalam bisnis ini. Anda menjual kepada mereka berbagai keperluan hewan seperti makanan, kandang, vitamin, mainan dan lain-lain. 

Oh ya, di zaman teknologi digital seperti sekarang, Anda tak perlu memikirkan biaya sewa toko dulu. Anda cukup menjualnya via online dan giat promosi, lalu tunggu saja hasilnya. 

7. Snack Kekinian

Tak hanya jenis usaha kopi kekinian yang menjamur. Usaha snack kekinian tak kalah banyaknya. 

Salah satu syarat utama dalam usaha ini adalah kreativitas. Berkreasilah semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang inovatif dan menarik bagi konsumen. Inovasi dari segi tampilan kue, rasa dan kemasannya. 

Selain itu, Anda perlu memantau lokasi penjualan kue kekinian lainnya. Usahakan tidak terlalu berdekatan dengan toko lainnya untuk mengurangi persaingan. 

8. Laundry Sepatu

Usaha laundry pakaian yang telah kita bahas di atas belum tentu melayani cuci sepatu. Bahkan tidak banyak jasa penatu menerima sepatu. 

Kekosongan ini menjadi peluang bagi Anda. Memang sudah banyak laundry khusus sepatu namun belum menjangkau banyak daerah. Apakah di wilayah Anda sudah banyak laundry sepatu?

9. Dropship

Inilah usaha yang mudah dan murah meriah. Tak perlu modal gede. Oleh karena itu, banyak orang yang masih saja bekerja di bidang ini. 

Jika tertarik, Anda tinggal mendata produk apa saja yang laris manis di masyarakat. Dengan basis data ini, Anda dapat menjual barang yang mudah laku. 

Di antara barang yang masih banyak dicari orang ialah aksesoris handphone, hijab, pakaian wanita, dan perlengkapan bayi. Perkembangan e-commerce semakin mempermudah Anda menjalankan usaha ini. 

10. Usaha Makanan

Usaha ini memang sudah banyak dan tampak klasik. Tapi di sisi lain, makanan selalu menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Mereka tidak hanya makan sekali sehari tapi lebih dari itu, guys. 

Oleh karena itu, kreativitas dan kejelian Anda melihat peluang kembali dituntut di bidang ini. Misalnya, makanan apa yang paling dicari masyarakat di musim pandemi Covid-19? Tentunya adalah makanan sehat dan yang dikemas dengan bersih. Nah, dari dua poin ini saja Anda tentu dapat mengembangkan ide bisnisnya. 

Pembaca budiman, inilah sepuluh referensi sekaligus rekomendasi bagi Anda yang ingin membangun usaha baru di tahun ini. Jika sudah mendapatkan ide yang cocok, jangan lupa memulai dengan optimis, menjalani dengan kreatif, tekun dan kreatif serta bersyukur setiap mendapatkan hasil. Selamat mencoba.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor