6 Jenis Layanan dan Aplikasi Pembantu Bisnis Online

6 Jenis Layanan dan Aplikasi Pembantu Bisnis Online

FORBIS.ID— Di era digital, pelaku bisnis online perlu mengetahui layanan elektronik apa saja yang dapat mendukung pekerjaanya. Layanan elektronik itu kini dapat ditemukan dengan mudah dalam bentuk aplikasi digital. Ya,  dengan mudah diunduh via telepon pintar (smartphone). 

Aplikasi-aplikasi ini dirancang untuk membantu oprasional bisnis Anda agar dapat berlangsung efektif dan efisien. Di antaranya dikelompokkan dalam lima jenis layanan berikut ini:

1. Layanan Akuntansi atau Finansial

Layanan atau aplikasi ini dibutuhkan untuk menjaga arus keluar masuk uang Anda. Jangan sampai ada kebocoran dalam keuangan usaha Anda. Kas keuangan  harus dijaga agar selalu dalam keadaan sehat. 

Nah, aplikasi akutansi dapat membantu Anda memantau pengeluaran, pemasukan, selisih dari keduanya, hingga membantu membuat perencanaan keuangan. Aplikasi dari layanan jenis ini di antaranya:

  • Google Spreadsheet

Layanan besutan Google ini dapat diakses dengan gratis. Dengan Google Spreadsheet, Anda dapat mencatat arus keuangan keuangan Anda dalam format sederhana dan familiar lantaran mirip Microsoft Excel. 

Catatan Anda tersimpan otomatis di akun Google Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengaksesnya kembali kapan saja dan di mana saja. Anda dapat membukanya via telepon pintar maupun laptop.  

  • MoneyLover 

Aplikasinya tidak berat dan mempunyai penampilan bagus. Ia dapat diunduh via Google Play, iOS App Store atau Windows Store. 

Setelah mengunduh, Anda dapat menggunakannya langsung lantaran cara pakainya sangat mudah. Aplikasi alternatif seperti ini ialah Wallet by BudgetBakers dan Expensify.

  • QuickBooks 

QuickBooks membantu Anda membuat akutansi secara otomatis. Dengan demikian, Anda dapat mengalihkan waktu Anda lebih banyak lagi kepada urusan lainnya di luar keuangan. 

2. Layanan Pembuatan Toko Online

Kini Anda tak perlu lagi belajar menjadi programer bertahun-tahun atau membayar mahal seorang ahli untuk sekadar membuat toko online dengan tampilan menarik. Pasalnya, layanan pembuatan toko online yang mudah telah tersedia. 

Adalah Sirclo, layanan digital yang dapat membantu Anda membuat toko online. Toko yang yang mudah dikelola dan dengan tampilan memikat.

Langkah-langkah penggunaannya sederhana dan dengan begitu Anda dapat memiliki toko online dengan cepat. Selajutnya, Anda tinggal memasukkan produk Anda ke dalamnya dan memikirkan bagaimana memikat banyak konsumen.

3. Marketing dan Desain Grafis

Bermodal produk bagus belum cukup untuk berkompetisi di pasar. Anda memerlukan teknik pemasaran, khususnya digital marketing yang penting di era serba online ini. 

Dalam membuat digital marketing, Anda memerlukan bahan berupa konten video atau konten visual grafis lainnya. Dan untuk menggarap konten tersebut, berikut aplikasi desain grafis yang perlu Anda coba:

  • Canva 

Dengan Canva, Anda dapat membuat desain grafis untuk konten di website dan media sosial. Penggunaan aplikasi ini tidak sekompleks memakai program desain grafis Adobe Photoshop dan Corel Draw. Canva jauh lebih mudah penggunaanya, lebih ringan dan gratis.

  • PicMonkey

Aplikasi ini seperti Canva. Tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Termasuk mempermudah Anda membuat konten marketing di media sosial. 

4. Media Sosial & Email Marketing

Memiliki akun media social sepertinya sudah menjadi kewajiban jika Anda ingin memperluas pasar di dunia digital. Bukan hanya memperkenalkan produk Anda ke jutaan pengguna media sosial, tapi juga membangun relasi dengan mereka. Hal yang sama berlaku dalam fungsi email marketing. 

Jika Anda menyadari pentingnya media sosial dan email marketing dalam bisnis online, inilah aplikasi yang dapat memudahkan Anda berhubungan dengan warganet itu.

  • Hootsuite 

Aplikasi ini dapat membantu Anda mengorganisir dan menjadwalkan postingan ke beragam media social bisnis Anda. 

  • Buffer 

Seperti Hootsuite, Buffer dapat menentukan jadwal setiap postingan ke sejumlah media sosial dan memostingnya secara otomatis.

  • Mailchimp 

Aplikasi ini bisa memudahkan Anda mengumpulkan email pelanggan dan terhubung dengan mereka melalui email marketing.

5. Bank ide dan strategi

Pernahkah ide tiba-tiba melintas di kepala Anda tapi kemudian Anda melupakannya lantaran tidak sempat mencatatnya? Jika pernah, terkadang pengalaman itu dapat dimaklumi karena mungkin Anda sedang dalam perjalanan.

Walau demikian, sangat disayangkan jika gagasan atau ide strategi itu terlewatkan begitu saja. Sebagai pelaku bisnis online, Anda perlu mengatasinya dengan layanan atau aplikasi catatan cepat via telepon pintar.  

Aplikasi ini bukan hanya membantu Anda mencatat ide tapi juga membuat perencanaan dengan mudah. Tak harus lagi terhubung dengan laptop atau mencari pena dan kertas. Cukup menggunakan telepon pintar di tangan Anda. Berikut contoh aplikasi tersebut:

  • OneNote 

Aplikasi ini dapat diunduh via Android, iOS, dan PC. Dengan menggunakan akun defenitif, Anda dapat menyingkronkan catatan Anda di handphone dan laptop. Dus, aplikasi ini memudahkan Anda mencatat ide dan perencanaan kapan saja dan di mana saja. 

  • Evernote 

Seperti OneNote, aplikasi ini dapat diakses dalam ragam perangkat elektronik. Tampilannya menarik sehingga memicu Anda bersemangat membuat perencanaan.

6. Project Management

Sebuah bisnis yang dikerjakan oleh tim atau banyak orang tentu memerlukan manajemen yang efektif. Nah, sejumlah aplikasi kini dapat Anda gunakan untuk memantau proses pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan atau personil tim. 

Tidak hanya itu, aplikasi project management dapat membantu Anda membagikan rencana Anda ke seluruh personil tim atau karyawan. Di antara aplikasi itu ialah Trello, Asana, hingga Wunderlist.

Demikian enam jenis aplikasi dan layanan yang dapat mendukung bisnis online Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor