Strategi Bisnis ala Rasulullah

Strategi Bisnis ala Rasulullah

FORBIS.ID—Nama Muhammad Saw mulai meroket dalam dunia niaga setelah sukses menjalankan misi kafilah dagang pengusaha besar Makkah, khadijah binti khuwailid. Tapi sebelumnya, Rasulullah telah lama dikenal sebagai pemuda jujur, cerdas dan amanat. 

Menurut pakar ekonomi syariah, Syafii Antonio, jejak sukses Rasulullah berdagang dapat ditiru hingga kini. Di antaranya, bagaimana utusan Allah ini memberikan perhatian lebih terhadap manajamen dan etos kerja dalam menjalankan bisnis.

Lalu apa saja kiat Rasulullah sehingga dapat sukses berdagag? Berikut setidaknya tiga strateginya: 

Pertama, menjalin hubungan interpersonal yang memberikan kesan positif. Inilah di antara pancaran akhlak mulia Rasulullah yang tercermin dari raut wajah hingga senyuman. Sehingga, siapapun yang berjumpa, berkenalan dan bersahabat dengan beliau akan terkesan dengan beliau. Orang-orang senang bersama atau menjalin hubungan, termasuk dalam bisnis, dengan Rasulullah. Suasana hubungan interpersonal ini juga dapat menimbulkan optimisme setiap menghadapi tantangan atau keterbatasan dalam berbisnis. 

Kedua, Rasulullah senantiasa menjunjung tinggi tolerasi. Beliau menghargai setiap perbedaan pandangan. Ini penting dalam bisnis, khususnya dalam membangun sebuah tim kerja. Kelebihan Rasulullah selanjutnya dalam konteks ini ialah seni beliau mengarahkan orang yang berbeda pandangan dengan beliau kepada tujuan yang beliau inginkan. Rasulullah dapat meyakinkan mereka – tentunya orang-orang yang memiliki niat mencapai kebaikan bersama – tanpa harus memaksakan pendapat. 

iklan google

Ketiga, Rasulullah tidak pernah memberikan harapan palsu. PHP atau pemberi harapan palsu tidak terdapat dalam kamus hidup beliau. Dalam bisnis, Rasulullah enggan mengobral janji. Beliau memberikan kepastian dengan dasar terukur. Oleh karena itu, beliau diberi gelar al-Amin atau orang yang terpercaya oleh masyarakat. 

“Pada suatu zaman yang penuh ketidakpastian dan berkembang suasana saling berkhianat, kehadiran sosok yang dapat dipercaya dan diandalkan menjadi dambaan,” ujar Syafii Antonio.