Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

FORBIS.ID— Strategi digital marketing efektif berperan dalam suksesnya suatu perusahaan di era digital. Khususnya membantu Anda mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan usaha. 

Arti Digital Marketing

Digital marketing merupakan upaya promosi produk jualan Anda secara  daring. Jumlah jenis strateginya berjibun dan semuanya didesain untuk meningkatkan keterkenalan merek demi perkembangan bisnis Anda.

Berdasarkan namanya, digital marketing merupakan pemasaran berbasis perangkat elektronik atau internet. Oleh karena itu, mediumnya juga digital seperti mesin pencari Google, email, media sosial, dan blog.

Caranya lebih mudah, murah bahkan lebih efektif dibandingkan pemasaran konfensional. Anda dapat mengoperasikannya sendiri atau bersama tim. Anda juga dapat meminta jasa perusahaan yang khusus pemasaran digital seperti perusahaan optimasi mesin pencari (SEO), manajemen media sosial, dan desain website. Nah, di antara banyaknya kiat marketing, strategi apa yang terbaik buat usaha online Anda?

Nah, sebelum menjawab itu, Anda sebaiknya memahami dulu duduk masalah mendasar. Yaitu, pemahaman tentang bisnis, produk dan demografi target pasar Anda. 

Di samping itu, Anda perlu mengukur kemampuan dalam mengelola digital marketing. Pasalnya, dimensi digital marketing begitu luas. 

Jika Anda telah menjawab masalah di atas, berikut ini empat contoh strategi digital marketing yang dapat menjadi referensi Anda: 

1. Media Sosial

Pengguna media sosial di Indonesia telah menembus 60 persen dari total populasi per Januari 2021. Jika tidak nongol di media sosia berarti Anda kehilangan potensi jangkauan pemasaran yang begitu luas. 

Media sosial memang cenderung digunakan untuk berkomunikasi sesama teman dan mengetahui informasi terkini dan penting bagi pengguna. Tapi di sinilah seni teknik pemasaran berperan. Oleh karena itu, salah satu strategi digital marketing terbaik ialah menggunakan media sosial. 

Aktifkan akun Anda dan optimalkan berbagai fitur dalam ragam platform media sosial. Mulai dari Instagram hingga Twitter. Gunakan juga tool pendukung seperti Hootsuite untuk menjadwalkan penerbitkan konten harian dan Instasize untuk mengedit gambar yang lebih menarik di Instagram. 

2. Blog

Bagaimana supaya usaha Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google? Gunakan blog!

Dengan membuat konten di blog, website terkait usaha Anda akan terdeteksi oleh mesin pencari. Di sini, kiat optimasi mesin pencari (SEO) menjadi sangat penting.

Semakin banyak kata kunci dalam website Anda yang relevan dengan pencari, semakin banyak peluang website Anda muncul di halaman pertama Google, bahkan di peringkat teratas.  

Dan untuk melejitkan lagi kemunculannya, buatlah konten berkualitas. Dengan artikel berkualitas, misalnya, Anda telah membantu pelanggan membuat putusan yang terbaik. Dengan begitu, citra website Anda positif di mata pelanggan. Sebaliknya, website Anda akan ditinggalkan banyak orang jika isinya buruk. 

3. PPC

Selain strategi murah meriah di atas, ada juga strategi dengan berbayar. Salah satunya PPC alias pay-per-click. Dengan PPC, Anda tidak perlu waktu lama untuk menempatkan website Anda di urutan teratas laman Google. Ketika calon pelanggan mengetik kata kunci terkait dalam konten Anda, website Anda-lah yang bakal nongol teratas. 

4. Email marketing

Strategi ini membuat pesan marketing Anda langsung sampai ke kotak email setiap orang. Calon pelanggan menerimanya baik melalui smartphone, laptop maupun personal computer di mana pun mereka beraktivitas. 

Cara ini cukup strategis lantaran mayoritas orang kini memiliki akun email. Walaupun tidak setiap pemilik email menikmati kiriman iklan dari Anda. 

Tantangannya ialah bagaimana mendapatkan akun email konsumen atau calon pelanggan Anda sebanyak yang Anda butuhkan.  Dalam menyikapi tantangan ini, Anda perlu hati-hati membeli akun email. Sekilas tampak mudah tapi sejatinya punya konsekuensi berbahaya. 

Salah satunya, Anda dapat digugat dengan Peraturan Perlindungan Data Umum baik dari pemilik email dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, lebih aman mengirimkan iklan kepada pemilik email yang telah memberikan izin pada Anda. 

Lalu bagaimana cara mudah mendistribusikan iklan ke banyak email? Aplikasinya banyak, salah satunya memakai layanan MailToGo.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor