McDonald Menerapkan Strategi Marketing Ini Hingga Mampu Menembus Pasar Dunia

McDonald Menerapkan Strategi Marketing Ini Hingga Mampu Menembus Pasar Dunia

FORBIS// McDonald adalah franchise yang buka pertama kali di Indonesia pada 14 Februari 1991, tepatnya di gedung Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, bisa dibilang sangat sukses, dan telah memiliki lebih dari 100 gerai dan omzet yang pastinya juga sudah sangat besar. 

Nah, apa saja kiat sukses yang diterapkan McDonald sehingga bisa mencapai posisi seperti saat ini? Dan strategi marketing seperti apa yang diterapkannya? Yuk kita simak strateginya. 

Yang pertama adalah visi yang dimiliki McDonald adalah menembus tingkat dunia. Hal ini juga tidak salah jika diterapkan oleh pelaku UKM, tidak ada salahnya jika memiliki visi tingkat dunia. 

McDonald ketika masih pertama kali didirikan di Amerika, ternyata sudah memiliki visi ingin merambah di segala penjuru dunia, termasuk di Asia tentunya sebagai pasar yang paling ramai. Berangkat dari keyakinan tersebut, akhirnya memacu McDonald untuk mencapai hal itu, atau menjadi bahan bakar yang terus dinyalakan sehingga terpacu menjadi brand yang besar.  Dan dengan visi itu pula, bisa menjadi tolok ukur kemapanan sebuah bisnis. 

Yang kedua adalah memilih pangsa pasar dengan cermat. Dengan melebarkan pangsa pasar, berarti bisnis tersebut makin menguatkan visi yang telah diterapkannya. McDonald telah mengidentifikasi pangsa pasar yang akan disasar secara tepat, berbeda dengan bisnis lain yang menyasar secara acak sehingga hasilnya pun tak sesuai dengan visi tingkat dunia. McDonald memilih diversifikasi makanan cepat saji yang bisa diterima oleh berbagai kalangan konsumen, termasuk dari faktor umur. 

Dengan kecermatan itu, McDonald menyediakan berbagai produk yang sesuai dengan konsumen, mulai dari umur anak-anak hingga dewasa. Bahkan McDonald pun mewujudkan sebuah produk dengan cita rasa lokal, atau varian produk yang lagi ngetrend di daerah tersebut, misalnya paket nasi uduk McD, yang merupakan perpaduan kuliner khas Betawi yang dipadukan dengan ayam goreng krispi McD. Dengan cara dan inovasi ini, McDonald membuat loyalitas konsumennya semakin setia. 

Yang ketiga adalah promosi kreatif. Orang-orang Indonesia begitu mudah mengenal McDonald karena promosi yang diterapkan perusahaan ini sangat kreatif. Pihak pengembang pusat terus memikirkan cara-cara kreatif dalam menghadirkan alternatif promosi, yang tentunya tidak kaku dan lazim seperti pasang baliho dan yang lainnya, tetapi McDonald berpromosi dalam bentuk lain misalnya mengadakan event internal, pemberian bonus, memberikan hadiah lucu dan juga menghadirkan produk baru yang sesuai dengan minat pasar lokal. 

Yang keempat adalah berusaha memberikan kemudahan kepada para konsumennya. Promosi yang kreatif sebagai penarik pelanggan tidak berhenti disitu saja, tetapi McDonald makin memanjakan pelanggannya dengan memberikan kemudahan yang pada akhirnya menimbulkan loyalitas pelanggan. Salah satu model kemudahan yang diberikan oleh McDonald adalah layanan drive thru atau pemesan yang tak sempat turun dari kendaraannya karena saking sibuknya, bisa memesan dengan cara ini, dan terbilang efektif juga. 

Yang kelima adalah memberikan hal-hal unik, salah satunya adalah souvenir atau mainan anak-anak yang unik, McDonald menerapkan cara ini dan terbukti anak-anak tertarik, sehingga para orang tua dari anak-anak itu juga senang ada hal unik yang bisa didapatkan dari McDonald. 

Untuk anda yang punya bisnis kuliner atau yang lainnya, bisa juga menerapkan hal unik ini namun dalam skala bisnis anda yang bisa dijangkau atau sesuaikan kemampuan, tapi yang penting adalah keunikannya yang menonjol dan memberikan kesan. Maka dengan demikian, anda siap bersaing dengan bisnis yang juga gencar berpromosi dengan ide-ide mereka. 

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor