Asyiknya Jualan Online di Marketplace

Asyiknya Jualan Online di Marketplace

Kontak dengan teknologi bagi para pengusaha khususnya UMKM kini sudah menjadi keharusan. Di zaman serba cepat dan instan ini pemanfaatan teknologi terbukti dapat mengakselerasi pertumbuhan dan postur usaha. Disini ane akan coba sharing pengalaman tentang ini. Berjualan di marketplace merupakan salah satu cara yang paling simpel, nikmat, efektif dan efisien untuk memulai bahkan mengembangkan usaha jualan secara online. Saking simpelnya jualan online di marketplace, sobat tidak perlu lagi kewalahan berbalas chatting berjam-jam / berhari-hari untuk menjual satu atau beberapa produk. Sistem pejualan di marketplace sudah autopilot, orderan beserta detailnya (jenis barang, alamat, ongkir, transferan dana dll) masuk otomatis ke virtual account, sobat tinggal kirim barang dan terima dana ketika paket sudah diterima konsumen. Nikmat bukan? Serasa jadi pengusaha besar dengan asset miliaran yang jualannya jalan terus karena dikerjakan sama karyawan.

Dengan sistem penjualan seperti ini, melayani puluhan bahkan ratusan order per hari bisa sobat kerjakan dengan santai dan penuh kedamaian, nikmaaat…

Pada kesempatan ini, ane diminta untuk jadi nara sumber talim online membahas tentang cara berjualan di marketplace tokopedia, bukalapak dll. Karena berbagai keterbatasan, pembahasan tentang marketplace Pada prinsipnya semua marketplace bercita rasa kurang lebih sama cuma beda warna dan rupa saja.

🎯 Tokopedia adalah salah satu marketplace paling populer di Indonesia didirikan tahun 2007 oleh dua orang bernama William Tanuwijaya dan Leontinus Alfa Edison. Disini penjual dan pembeli dihubungkan dalam satu platform sehingga mendorong terjadinya percepatan transaksi, penjual dan pembeli sama-sama dimudahkan. Tokopedia tidak memungut komisi penjualan maupun pembelian, semuanya gratis. Untuk penjelasan lebih lengkap lagi tentang apa dan siapa itu Tokopedia, sobat bisa cek webwww.tokopedia.com atau search google tentang review tokopedia. Mulai berjualan di Tokopedia dengan membuat akun dengan nama pribadi dan nama toko yang akan dipublish, hati-hati dalam penamaan toko karena bersifat permanen dan tidak bisa diedit. Setelah membuat aku, siapkan photo produk semenarik mungkin, tentukan harga jual pas dan buat deskripsi produk. Postingkan produk sobat di virtual account. Dalam membuat posting produk, hal yang sangat penting dan menentukan adalah akurasi judul produk. Penulisan judul posting yang pas menyumbang 50% potensi barang laku terjual, 50% lagi terdiri dari banyak faktor.
Promosikan produk sobat dengan berbagai cara gratis dan berbayar. Intinya bagaimana mengusahakan supaya produk sobat dilihat oleh banyak orang sehingga meningkatkan peluang produk laku terjual. Tokopedia menyediakan fasilitas promosi simpel dan gratis yaitu : fitur promote dan fitur share, manfaatkan kedua fitur tersebut secara maksimal. Selain itu, tokopedia juga menyediakan fitur promosi berbayar yaitu Fitur Top Ads (advertisement / iklan), sobat bisa membeli fitur tsb dengan cara upgrade keanggotaan dulu menjadi Gold Merchant. Fitur Top Ads ini harus digunakan secara hati-hati jangan sampai budget iklan keluar membabi buta tapi tidak menhasilkan konversi yang maksimal. Ane sendiri menargetkan tingkat konversi di 1% artinya dari 100 orang yang melihat produk ane, minimal ada satu orang yang beli. Pada kenyataannya rata-rata tingkat konversi ane saat ini antara 0,4% – 1,7% tergantung musim, bulan dan tanggal, lumayan laah…

🎯 Produk yang biasanya cepat laku di marketplace memiliki 3 kriteria : menarik minat pembeli, harga kompetitif dan punya nilai tambah. Jika produk memiliki salah satu atau bahkan ketiga kriteria tersebut, insya Allah akan laku terjual.

🎯 Setelah ada transaksi, segera kirim barang sesuai pesanan dengan kurir sesuai permintaan konsumen. Tokopedia menyediakan toleransi waktu pengiriman paling telat lima hari setelah order masuk, ini menjadi celah yang bisa dimasuki oleh para pejuang bisnis yaitu : reseller / dropshiper yang belum punya stok barang tapi punya passion kuat di dunia usaha. Setelah kirim barang jangan lupa pantau status pengiriman barang karena dana transaksi baru bisa dicairkan ke rekening kita setelah barang diterima konsumen.

🎯 Suplemen : Tokopedia saat ini memfasilitasi membernya dengan akses pinjaman dana modal usaha hingga 1 milyar melalui kerja sama dengan beberapa lembaga keuangan / pendanaan

🌀Tokopedia hanya salah satu marketplace dari sekian banyak yang ada dan populer di Indonesia. Mungkin ada beberapa produk dengan karakteristik tertentu memiliki kecocokan untuk dijual di marketplace tertentu, karena mereka pun sebenarnya menentukan segmentasi pasar tersendiri namun tidak dipublish . Sangat penting untuk memahami dan menguasai satu marketplace saja dulu untuk kemudian beranjak atau merambah ke marketplace lain

Sesi Tanya jawab

1.  Apa saja syarat keanggotaan di tokopedia? Bagaimana cara menyiasati klo ada yg beli dgn rentang waktu cuma 5 hari, sedangkan brg baru jd lbh dari 5 hari?

by Ustadz Risfan
Sidoarjo

📌Jawaban
Syaratnya ktp, npwp dan buku rekening saja.Tidak ada biaya pendaftaran.Jika lebih dari 5 hari, maka order akan cancel otomatis. Di beberapa marketplace lain, jika kejadian spt itu akan kena sanksi bahkan denda, d tokopedia cuma ngurangin poin reputasi saja. Dan ada solusi untuk mensiasati kalo butuh lebih 5 hari menyiaokan barang. Ada fitur pre order d toped.

2. Apakah iklan di tokopedia (baik berbayar or tdk) cara kerjanya spt iklan di google adwords?trus jika seseorang searching di google apa iklan di tokopedia bsa muncul?

by Ustadz Risfan
Sidoarjo

📌Jawaban
yupz betul sekali, sistem iklan d toped emang mirip2 dg adworda facebook ads dll. Seni Penggunaan keyword dan alokasi budget iklan sangat penting.
tidak Google kan hanya menampilkan iklan google sendiri. Artinya toped juga mempublish produk yg diiklankan secara intern di web toped aja, tp kan visitor toped jutaan orang per hari,
Dan yg jutaan itu semuanya niat mau belanja

3. Apakah pencairan bisa secara otomatis masuk ke rekening? Jika ada suatu kejadian brg hilang krn dari pihak expedisi siapakah yg bertanggung jawab utk mengurusinya? Pihak Tokopedia kah? Atau dari pengirim?

by Ustadzah Nur Rahmawati
Pemalang

📌Jawaban
Pencairan gk bisa otomatis, harus kita yg withdraw. Gampang kok, tinggal klik.
Kalo ada masalah d barang, pengiriman dll, toped punya fitur pusat resolusi, dimana penjual dan pembeli dimoderasi oleh admin toped. D marketplace lain juga sama seperti itu.

4. Ana pernahmemasarkan barang di tokopedia, memang Ana sebagai resseler, tapi hasilnya masih nol, kira kira kesalahanya ada dimana ya? Dan gimana cara untuk nanganinya trimakasih

by Ustadz Yusuf
Jakarta

📌Jawaban
Sebaiknya Deteksi masalah dr yg paling basic, seperti yg telah sy tulis di materi:
– akuratkah judul posting?
– adakah produk punya 3 kategori produk laku?
– optimalkah promosi gratis maupun berbayar?
Mungkin dimulai dr sana
deteksinya.

by ustadzh roza
Bekasi

5. Bagaimana tips menjual produk yg sama dgn harga yg berbeda dgn toko lain
📌Jawaban
Strategi menurunkan / menaikan harga sah sah saja, tidak dilarang walaupun barangnya sama. Mensiasatinya Mungkin antum bisa atur dan bedakan jam tayang iklan, promosi, bahkan bedakan kategori produk dan bahkan judul produknya (cara ini agak black marketing, hehe tp gpp tidak dilarang kok)

6. Bagaimanabuat website online yg agak simple d tokopedia…n cara daftarnya gimana n brapa bayarnya?

by Ustadz Pahrudi
sumsel

📌Jawaban
Gampang banget bisa di pc desktop www.tokopedia.com atau smartphone d google playstore. Download, bikin akun, gratis gk pake bayar.
Tinggal klik daftar, seperti bikin akun facebook.

7. Kalo mau upgrade keanggotaan di tokopedia apakah ada syarat tertentu? misalnya ada minimum transaksi dsb.
Berapa transaksi fee yg dikenakan tokopedia? Apakah sama untuk setiap channel? Misalnya dgn kartu kredit atau transfer bank

by Ustadz Irfan
Malang

📌Jawaban
Tidak ada syarat apapun, cukup bayar aja, saat ini 300rb untuk 3 bln, dapat free top ads (budget iklan) 75rb. Untuk penjual sama sekali tidak dikenakan transsaction fee, tp untuk pembeli kalo pakai cc ada biaya admin 1,5%. Kalo bayar di indomaret admin 2500 dll dl

8. Bagaimana cara membuat keyword yg bagus di tokopedia?brp jml max yg bsa dibuat?

by ust risfan
sidoarjo

📌Jawaban
Keyword yg penting akurat, secara marketing kan gpp gk terlalu bagus kata2nya yg penting produknya laku. Jumlah maksimalnya ya semaksimal mungkin, batas judul posting 150 karakter, habiskan saja semuanya untuk keyword

9. Dari sekian banyak situs belanja onlen, kira2 yg paling tinggi penjualannya situs apa?
Trus sistem bebas ongkir itu perhitungannya bagaimana, seperti yg di lazada

by ustadzh Diah
Balikpapan

📌Jawaban
Setau sy sih tokopedia ya… Triliunan per bulan, bikin iri ebay, aliexpress dan amazon
Untuk lazada, dia menerapkan standard costumer satisfaction yg sangat tinggi sampai2 ongkir gratis. Cuma ya mana ada yg mau rugi, untuk barang yg sama, harga jual d lazada rata2 pasti lebih mahal drpd tokopedia.

10. Ustadz amir sudah brp lama bisnis di tokopedia? Omset perbulannya brp?

by ust pian
sidoarjo

📌Jawaban
Saya tahun kemarin gabung, januari. Omzet januari 2015 kalo gak salah 2jt satu bulan, sekarang alhamdulillah bisa beli mobil dan dp kpr rumah di bandung. Duuuh, gimana ini, japri aja lah ya

11. Pakar IT Forbis sedang menggodok format yg pas seperti tokopedia, gmn menurut nara sumber ? Terlalu dinikah at sdh saat nyA ?

by Ustadz Aruman
Tangerang

📌Jawaban
Menurut ane kalo menggodok tidak ada kata terlalu dini, tp kalo launching, tahan dulu. Pendapat pribadi saya:
Sekali layar berkibar, pantang diturunkan. Artinya forbis commerce ketika launching harus sampai sukses, jangan sampai tutup, seperti marketplace a, b, c… Banyak lah yg tutup.

12. Ustadz amir sudah brp lama bisnis di tokopedia? Omset perbulannya brp?

by ust pian
sidoarjo

📌 jawaban
Okey, alhamdulillah pencapaian tertinggi omset dagang pernah tembus 250jt per bulan, dr awalnya cuma 2jt.

13. Apa harus punya Web untuk gabung di toko pedia??

by ustadzh verial
situbondo

📌Jawaban
Tidak perlu, webnya sudah siap, tinggal pakai saja… Nikmaaaat…
Tp kalo mau bikin web, bikin aja, web privat juga penting. Spt pny sy www.wetanempire.com
Sy beli cuma 500rb

14. Dari data statistik yg ada, data yg mana yg paling penting kita perhatikan dan bagaimana cara membacanya

by Ustadzah Dewi Pratiwi Jaya
Bekasi

📌Jawaban
Tentu saja data transaksi😀
Kalo transaksi kurang / menurun baru deh pelototin semua data statistik tsb, analisa bagian mana yg kurang optimal…

15. Ust kalo toko offline nya beda dg alamat tinggal kita, brrt yg diisi alamat toko offline?

by Puri emilda
Lamongan

📌Jawaban
Baiknya alamat yg dicantumkan itu alamat tempat kerja saja, jd rumah khusus buat ngopi

16. Siapa yg menentukan ekspedisi pengiriman dan biaya ongkirnya? Otomatis dri toped atau dari seller sesuai permintaan buyer?

by ustadzh A’yun
Ponorogo
📌Jawaban
Yg menentukan kita sebagai seller, kita mau pakai ekspedisi apa saja, nanti buyer memilih salah satu.

17. Apakah di toped ada sistem chat yg bisa menghubungkan antara seller dan buyer seperti di shopee ada untuk tawar harga atau untuk tanya2 detile ttg produk?

by ustadzh A’yun
Ponorogo

📌Jawaban
Ada, namanya fitur diskusi, tp harganya fix, gk ada fitur tawar menawar. Simpel dan siiip

18. Untuk masalah pencairan dana bs dicairkan jika brg sdh diterima konsumen. Apakah customer tokopedia hrus lapor pesan diterima /paket diterima? Krena saya pernh jg belanja di tokped, tnpa memberi keterngan barang diterima.

📌Jawaban
Ya betul, sistem tokopedia sudah terhubung dg sistem tracking ekspedisi. Jika ada buyer gk lapor terima barang, jarak 3 hari dana akan cair, dan buyer dianggap oke dg barang yg diterima dan transaksi dianggap selesai oleh sistem toped

19. Di tokped hrg beragam, pembeli.tinggal klil harga terendah maka akan keluar hrg pling murah, nah disitu biasax saingan untk para penjual/seller untk memasang hrg yg sangat murah agar dilirik. Bagaimana trik dlm posting hrg agar dikunjungi ust?

by Ustadzah Dhini
Yogyakarta

📌Menurut sy, perang harga adalah strategi marketing paling primitif, hehe, maaf.
Tp Yg gk bisa jual lebih murah dr yg lain gk usah khawatir, konsumen gk cuma lihat harga kok, kadang yg jual murah, stoknya cepat habis, konsumen juga melihay barang dikirim dr mana. Sy sering kok beli baranh yg lebih mahal, tp dikirim dr bandung, jd ongkir ny murah

20. Usaha WETAN Empire ini dirintis sendiri atau orangtua / keluarga ???

Lalu Bagaimana cara memanage karyawan?

by Ustadz Dwi Yuliarto
Cirebon

📌jawaban
Alhamdulillah dirintis sendiri di bandung sambil ngintrak tempat. Ortu ane tetangga ust agus maulana ketum forbis, profesi guru sma. Manage karyawan Emang cukup menantang, awalnya banyak yg keluar masuk…. Tp lama2 alhamdulillah menemukan orang2 yg tepat di posisi yg tepat.

CLOSING STATEMENT

Tokopedia hanya salah satu marketplace dari sekian banyak yang ada dan populer di Indonesia. Mungkin ada beberapa produk dengan karakteristik tertentu memiliki kecocokan untuk dijual di marketplace tertentu, karena mereka pun sebenarnya menentukan segmentasi pasar tersendiri namun tidak dipublish . Sangat penting untuk memahami dan menguasai satu marketplace saja dulu untuk kemudian beranjak atau merambah ke marketplace lain.

Selamat menunaikan ibadah jualan online bagi anda yang menjalankannya!

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor