Qordul Hasan

Qordul Hasan Qordul Hasan

Qordul Hasan adalah suatu sistem yang berkaitan dengan segala bentuk pinjaman tanpa imbalan yang berasaskan pada hukum ai-qardh al hasan.

Dalam literatur fikih klasik, konsep qardh al hasan dikategorikan dalam aqad tathawwi atau akad tolong menolong dan bukan transaksi komersial.

Perjanjian ini dimasukkan ke dalam aqad tabarru’, yaitu perjanjian transaksi nirlaba not-for profit transaction.

Program Qordul Hasan Forbis adalah upaya untuk mensupport anggota pebisnis pemula dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha maksimal 10 juta, dengan syarat dan ketentuan yg diatur.

Dana ini berasal dari para muhsinin segai bentuk kepedulian dan saling menguatkan.

Dana yang terkumpul dikelola oleh panitia, untuk disalurkan pada anggota yang berhak dan lulus uji kelayakan mendapat Qordul Hasan.

Siapa Yang Berhak untuk Mendapatkan Qordul Hasan?

Seluruh anggota FORBIS yang terdaftar berhak dan dapat mengajukan pinjaman qordul hasan, dengan syarat lulus uji kelayakan dari panitia yang ditunjuk FORBIS.

Syarat kedua, adalah usaha yang akan didanai sudah berjalan setidakna dua tahun, hal ini merupakan parameter bahwa usaha yang digeluti adalah usaha inti.

Bagaimana Prosedur pinjaman dana Qordul Hasan?

  • Mendaftar ke Panitia
  • Menulis proposal dan mengisi formulir yg telah disediakan
  • Melampirkan surat rokomendasi Forbis Wilayah
  • Presentasi proposal untuk uji kelayakan

Kenapa uang dari Qordul Hasan Harus dikembalikan?

Dana yang terkumpul adalah dana para muhsinin FORBIS dipercaya mengelola dana tersebut untuk disalurkan pada anggota yang membutuhkan dan memenuhi syarat.

Dana tersebut adalah dana abadi untuk terus bergulir antar anggota agar berdaya dan maju bersama, dana ini adalah dana stimulan untuk mendongkrak semangat para pebisnis pemula FORBIS.