Catatan ~Agus Maulana

Explore Bandung: Menelusuri Paris Van Java Sambil Silaturahim ke Usaha Alumni Gontor Part 1

Explore Bandung: Menelusuri Paris Van Java Sambil Silaturahim ke Usaha Alumni Gontor Part 1 Explore Bandung: Menelusuri Paris Van Java Sambil Silaturahim ke Usaha Alumni Gontor Part 1

FORBIS.ID– Bandung merupakan destinasi wisata dan kuliner yang wajib dikunjungi. Banyak spot wisata yang terus bermunculan, juga beragam kuliner yang memanjakan lidah para penikmat makanan.

Tersebar dari mulai cikole, lembang, sampai ciwidey dan pangalengan. Setiap akhir pekan, bisa dipastikan jalan tol cipularang yang merupakan salah satu akses masuk kota bandung, selalu macet dipadati kendaraan dari jakarta dan kota lainnya.

Jika anda dari luar kota, disarankan naik kereta api atau travel. Nyaman dan tanpa ribet. Setiap jam selalu tersedia keberangkatan dari berbagai kota.

Transportasi/travel

Sampai di bandung, jangan khawatir. Ada Bung Jimmy, alumni 95 yang siap mengantar keliling bandung, letsgoairportshuttle atau kontak langsung di 0821 2605 0476. Pelayanannya dijamin memuaskan. Ramah dan fast respon. Sangat memahami jalanan di kota bandung, berikut dengan spot-spot wisata dan kulinernya. Saya beberapa kali memakai jasanya, bahkan untuk mengantar ke Bandara Soekarno Hatta pun siap.

Jika anda membawa rombongan besar, jangan khawatir. Ada Ust Ahmad Irfan, owner Kaisar Tour Bandung. Spesialis melayani group untuk wisata luar kota. Bisa intip layanannya di @kaisartour. Ahmad Irfan yang juga mengasuh pesantren yatim Villa Santri Fatih Al-Ayubi di kawasan cimenyan bandung yang masih asri dan sejuk.

//
//
// iklan google //
//

Bagi yang suka suasana pegunungan, bisa healing sekaligus silaturahim bersama para santri di @fatihalayyubi.id

Ada pilihan lainnya untuk booking bus rombongan tour ke luar kota. @buspariwisata_bandung Selain bus, bisa melayani paket tour lengkap dengan destinasi wisata dan konsumsi serta akomodasi selama tour.

Dadi Jaya alumni 1999 yang juga menggeluti bisnis produksi kaos kaki custom @eljaystore9 kaos kaki bola pakai logo sendiri, bahan nylon. Untuk keperluan team futsal atau sepakbola, kaos kaki ini bisa custom dengan design dan harga yang sangat bersahabat.

Kuliner

Saatnya kita explore kuliner bandung. Ada banyak jenis kuliner khas bandung, seperti siomay, batagor, cilok, cakue, mie yamin, es campur dll.

Kita mulai dari kuliner paling diburu wisatawan lokal kalau ke bandung yakni Mie Yamin. Diantara berbagai Kedai Mie Yamin legendaris yang ada di kota bandung, ternyata ada @mieakup1987. Mie Akup yang berdiri sejak 1987.

Mie Akup (klik untuk lebih detail)

Saat ini management Mie Akup dipegang oleh Muri Wibowo, alumni gontor tahun 2012. Tersebar di berbagai lokasi di kota bandung seperti Margahayu Metro, Antapani, Cicaheum, Panyileukan, Indrayasa dan yang terbaru di geger kalong kawasan UPI.

Di tangan generasi kedua ini, Mie Akup terus membenahi management pengelolaan dan pengembangan bisnisnya. Untuk rasa, jangan tanya. Dijamin ketagihan. Tagline nya : Stop Mie Instan, Saatnya Mie Beneran. Mie ini diproduksi sendiri. Sehingga dijamin kehalalannya. Topingnya bisa milih, ada babat, bakso, ceker dll.

Sate Sultan

Jika anda penggemar sate kambing, jangan lewatkan mampir ke Sate Sultan @sate_sultankbp. Terletak di kawasan perumahan elit Kota Baru Parahyangan. Satenya terkenal empuk, tanpa gaji, asli kambing muda. Ownernya Ust Hajrul Aswadi alumni tahun 1999 akhir, atau Spinker yang juga wakil ketua IKPM Bandung Raya.

Menu favorit lainnya adalah gulai kepala kambing utuh. Rasanya maksyus, dijamin ketagihan dan bakal balik lagi.

Baca juga: Sate Sultan Rendah Kolesterol Milik Hajrul Aswadi Di Kompleks Elit Kotabaru Parahyangan Bandung

Untuk rombongan besar, jangan khawatir. Ada Restaurant Pohon Mangga yang terletak di Rancamanyar dan Leuwipanjang. Pemiliknya Couple Preuneur yakni Ustz Yani Karyani Alumni Pondok Putri Mantingan 2001 dan Ust Erwin Baharudi Alumni Gontor Tahun 2001.

Pohon Mangga Resto
Pohon Mangga Resto

@pohonmanggaresto menunya lengkap. Mulai dari chinnese food, sundanese food, seafood bahkan european food. Cocok buat rombongan besar. Bisa juga pesan nasi box dengan paket tertentu. Core bisnis Teh Yani dan Kang Erwin ini Bumbu Masak Pohon Mangga. Produk Pohon Mangga sudah menyebar ke berbagai pasar tradisional serta gerai modern di pulau jawa dan luar jawa. Terbuka untuk menjadi reseller produknya. @bumbu.pohonmangga Produknya meliputi berbagai jenis bumbu masak tanpa MSG dan bahan pengawet.

Industri Kreatif & Fashion

Bandung terkenal dengan industri kreatif dan fashion nya. Untuk hal ini, banyak alumni yang bergerak di bidang industri kreatif. Salah satunya adalah @zaemerci. Founder nya Muhammad Abdau Zaki Alumni 2011.

Sandiaga Uno berpose dengan produk Zaemerci

Mengusung konsep Indonesia 1st Discharge Denim, produk Zaemerci berhasil menarik banyak kalangan untuk memakai produknya. Bahkan Mas Menteri @sandiuno sudah memakai produk kemeja dan sandal kolaborasi dengan @laf_project yang juga punya Alumni 2009 Yusuf Sahroni.

Disamping kemeja casual, produk best seller nya adalah Kimono Denim dengan sentuhan pattern teknologi Discharge. Mas Sandiaga Uno dalam suatu kesempatan acara HIPMI Bandung meminta ajudannya untuk membeli Kimono Zaermerci sebagai hadiah kado Untuk Gubernur Nara Prefecture, Japan H.E Mr. Shogo Arai. Outletnya ada di Jl. Sanggar Kencana V No.3, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat. Cocok juga buat memberikan gift (kado) eksklusif, karena Zaemerci punya kemasan yang keren dan eksklusif tapi harga terjangkau.

Baca Juga: Zaemerci: Brand Fashion Anggota FORBIS yang siap Go Internasional

Bandung juga terkenal sebagai pengrajin sepatu. Siapa yang tidak kenal dengan Cibaduyut, sentral sepatu bandung.

Salah satu alumni gontor tahun 2003, Amir Fauzi, merupakan pengrajin sepatu dengan merk Wetan Empire. Bisa intip produk-produk terbarunya di @wetanempire. Penjualannya melalui berbagai Market Place seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shoppee dll.

Mengusung konsep sepatu kulit karya anak bangsa dengan cita rasa nusantara Indonesia. Sepatunya keren pisan, bisa bikin penampilan jadi lebih mantap dengan sepatu handmade nya.

Bisnisnya jatuh bangun sampai kemudian menemukan industri sepatu sebagai bidang yang digelutinya. Kang Amir juga menggeluti penjualan perlengkapan santri dan muslim melalui perusahaan Washila. Berbagai produknya bisa dilihat di TokoPedia.

Baca Juga: Wetan Empire: Produk Sepatu Anggota FORBIS dari Bandung

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata yang ingin saya explore di bandung, termasuk menjelajahi keindahan bandung selatan. Mulai dari pangalengan, ciwidey dengan kawah putihnya dll.

Indahnya menikmati sunrise di ketinggian puncak ciwidey, memandang hamparan kawah putih, sambil tadabbur alam menyaksikan kebesaran Sang Pencipta. Sambil menyeruput kopi khas ciwidey yang juga punya anggota forbis. Kita lanjut next trip ya.