Wetan Empire: Produk Sepatu Anggota FORBIS dari Bandung

Wetan Empire: Produk Sepatu Anggota FORBIS dari Bandung

FORBIS.ID– Wetan Empire berdiri tepatnya pada tanggal 11 Desember 2013. Berawal dari menjadi reseller toko sepatu sepanjang jalan Cibaduyut Raya kota Bandung, Wetan Empire memulai bisnisnya dengan sangat sederhana.

Setelah lulus kuliah, founder Wetan Empire; Amir Fauzi (Alumni Gontor 2003), mulai memberanikan diri untuk melangkah ke tahap produksi dalam bisnis sepatunya itu.

Amir Fauzi, Alumni Gontor 2003
Amir Fauzi, Alumni Gontor 2003

Berbekal sebuah mesin jahit bekas peninggalan sang ibunda yang sudah tidak dipakai puluhan tahun dan sebuah dinamo bekas mesin pompa air rusak yang ada di rumah, Wetan Empire dibangun dengan cita-cita, jiwa dan visi besar di masa depan.

Wetan Empire memiliki visi untuk turut serta dalam jajaran para game changer yang memberikan dampak perubahan positif di masyarakat, melalui karya yang diterima oleh pasar, Wetan memberikan pesan moral tentang identitas dan jati diri bangsa.

Tidak disangka, setelah beberapa tahun dijalankan Wetan Empire ternyata mampu melakukan berbagai akselerasi di lini-lini bisnisnya, hingga pada tahun 2016 Wetan Empire menjadi Top Seller Tokopedia. Produknya pun digunakan oleh para public figur: artis, penyanyi, komika hingga pejabat di pemerintahan.

FORBIS

Saat ini ada 33 artikel produk yang dijual secara online terutama di marketplace dengan nama akun “WETAN Store”.

Untuk produk yang paling utama dari Wetan Empire adalah sepatu pantofel pria berbahan kulit sapi asli. Meskipun diisamping itu Wetan Empire juga memproduksi juga jenis sepatu dengan bahan lainnya dalam jumlah terbatas.

Pencapaian-pencapain tersebut bukanlah tanpa adanya kendala. Dalam setiap usaha manusia tentunya pasti menemukan kendala, yang mana hal tersebut bukanlah diberikan oleh Allah untuk menjadikan manusia berhenti berusaha, akan tetapi agar terus berusaha lebih keras, dan juga berdoa lebih keras.

Kendala yang paling besar hari ini yang dirasakan oleh Wetan Empire ialah stabilitas bahan baku, oleh karena raw material dari bahan baku kita masih ketergantungan dari produk impor yang kondisi saat ini aksesnya sangat terbatas di kalangan pebisnis dari etnis tertentu saja. Adapun kendala lainnya merupakan kendala yang umum dialami oleh para pengusaha.

Meskipun demikian Wetan Empire hingga hari ini terus berusaha untuk mengatasinya dengan tiga prinsip yang selalu dipegang dalam rangka membangun good corporate culture, yaitu: Harmonis, Dinamis, Sinergis.

Dengan bergabung Bersama FORBIS IKPM Gontor dan berkumpul dengan sesama pebisnis, Wetan Empire berharap dapat terjadi sharing knowledge dalam berbagai dimensi bisnis seperti marketing, produksi dan pengelolaan finansial perusahaan.

Hal tersebut sangat sesuai dengan prinsip yang dijalankan oleh Wetan Empire dalam berbisnis, yang semoga akhirnya dapat mengatasi berbagai kendala yang selama ini dihadapi, dan berdampak pada peningkatan performa usaha bukan hanya dari sudut pandang sales tapi performa secara keseluruhan. Yang terpenting, semoga dari FORBIS IKPM GONTOR dapat tumbuh sinergitas yang positif antar para pengusaha di segala lini.

Untuk mengunjungi Wetan Empire bisa secara online melalui media sosial seperti Facebook @wetanempire dan Instagram @wetanempire atau TikTok @wetanempire. Atau kunjungi langsung store offline nya di Jl Sukun No 75 Blok GA, Permata Kopo, Sayati, Margahayu, Bandung.

Untuk menghubungi melalui whatsApp dapat melalui tautan ini

Ditulis oleh: Mikael

Aggota FORBIS IKPM Gontor, aktif menulis, alumni Gontor tahun 2013