Kabar ~Agus Maulana

FORBIS EXPO 2024 : Orkestra Cantik Sinergi dan Kolaborasi Alumni Gontor Lintas Bidang

FORBIS EXPO 2024 : Orkestra Cantik Sinergi dan Kolaborasi Alumni Gontor Lintas Bidang

Forbis.id – Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor kembali menggelar event pameran Forbis Expo 4.0 2024 dengan tema Inspiring and Collaboration. Pameran akan berlangsung selama 3 hari, 26-28 Juli 2024 di Aula Rabithah Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Pameran tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kami meningkatkan sisi kualitas penyelenggaraan, target dan tujuan pameran serta peserta pameran.

Sesuai dengan tema Forbis Expo 2024 yakni Inspiring and Collaboration, diharapkan pameran ini mencapai dua target tersebut. Detail penjelasannya sebagai berikut:
Pertama, sebagai sarana sekaligus momentum untuk mengenalkan usaha dan produk-produk para pengusaha alumni Gontor kepada santri KMI, mahasiswa UNIDA dan Alumni Gontor lintas profesu yang akan hadir di event tersebut.

Santri KMI dan Mahasiswa UNIDA akan bergantian mengunjungi pameran, serta mengikuti sesi sharing moment kewirausahaan yang akan menampilkan para praktisi ekonomi / owner dari usaha-usaha alumni Gontor yang sudah sukses. Mereka akan membedah nilai-nilai yang didapatkan di Gontor dan menjadi modal kesuksesan dalam berbisnis.

Dari sharing moment ini diharapkan akan muncul inspirasi-inspirasi baru dari para peserta. Tujuannya menjadi stimulus pintu masuk bagi santri KMI dan mahasiswa UNIDA, sehingga akan tercipta pengusaha-pengusaha baru alumni Gontor yang tetap memegang teguh nilai-nilai Gontor dalam menjalankan bisnisnya.

Kedua, pameran ini diikuti oleh sekitar 20 peserta yang sudah melalui proses seleksi. Diantara parameter seleksinya adalah usaha yang dijalani harus sudah berbadan hukum seperti CV atau PT, memiliki legalitas dan perizinan, mempunyai konsep usaha dan management yang diharapkan bisa membuka peluang sinergi dan kolaborasi, kerjasama dan kemitraan, serta memberikan manfaat untuk masyarakat luas dengan produk dan usahanya, baik berupa jasa maupun produk fisik.

Pameran tahun ini tidak berorientasi pada penjualan retail atau bazar. Tapi lebih mencari peluang dan potensi untuk sinergi dan kolaborasi dalam berbagai bentuk kerjasama, kemitraan, pembukaan cabang baru, investasi, pembukaan jaringan distribusi, layanan berbagai macam jasa untuk peningkatan usaha dan sebagainya.

Hal ini didasari pada sebuah fakta bahwa potensi alumni Gontor sangatlah besar. Jumlahnya ratusan ribu bahkan jutaan, tersebar dari Sabang hingga Merauke. Bahkan tersebar di berbagai penjuru dunia.

Sayangnya, potensi market alumni dan walisantri serta keluarga besar Gontor ini masih belum dimanfaatkan secara optimal dalam kaitannya ekonomi berjamaah. Potensi market ini masih dimanfaatkan oleh golongan lain bahkan non muslim. Kita hanya menjadi pasar, menjadi user dari produk-produk dan layanan bisnis mereka.

Padahal, tidak sedikit para alumni Gontor yang memiliki usaha dan produk unggulan. Usaha tersebut tersebar dalam berbagai bidang, baik manufaktur (produksi), jasa, perdagangan umum (trading), distribusi dan lainnya, Karena keterbatasan tempat dan waktu, sebagian diantaranya kita tampilkan dalam event Forbis Expo 2024 ini, sebagai langkah awal untuk terus menginventarisir usaha dan produk-produk unggulan lainnya di masa mendatang.

Event Pameran kali ini menjadi sangat istimewa karena bersamaan dengan berbagai acara di Gontor yang melibatkan berbagai forum serta komunitas alumni. Ada Forum Pesantren Alumni (FPAG), Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM), Forum Muballigh Alumni (FMA), FORDA (Forum Olahraga), Forum Creator Gontor (Forcreator) serta berbarengan dengan Mubes PP IKPM yang dihadiri para ketua dan pengurus IKPM Cabang seluruh Indonesia.

Forbis Expo 2024 juga akan jadi momentum bagi para pengusaha alumni Gontor untuk melakukan matching business dengan para Kiai Pimpinan Pondok Pesantren Alumni Gontor yang tergabung dalam FPAG. Format acara matching business di support penuh oleh Rektor UNIDA Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi.

Seperti halnya dengan potensi alumni Gontor yang sangat besar tapi belum dimanfaatkan secara optimal untuk ekonomi berjamaah, keberadaan berbagai forum dan komunitas serta IKPM – IKPM cabang ini belum terkoneksi secara baik, atau masih berjalan dalam rel nya masing-masing.

Belum ada sebuah gerakan bersama lintas bidang, lintas medan perjuangan dan medan penghidupan, yang mengarah pada sebuah sinergi dan kolaborasi, khususnya dalam rangka ekonomi berjamaah.

Momentum hadirnya berbagai elemen alumni yang tersebar di berbagai bidang kehidupan, ada pengusaha, pendidik / kyai, profesional, seniman, pejabat publik dan institusi swasta lainnya, menjadi warna yang indah.

Dan akan menjadi lebih indah ketika dibuat sebuah orkestra cantik yang memadukan semua potensi dan peluang tersebut dalam sebuah gerakan bersama Sinergi dan Kolaborasi Alumni Gontor.

Semoga, Dari Forbis Expo 2024 kali ini menjadi sebuah momentum awal untuk kita memulai.