FORBIS Instutute ~FORBIS IKPM Gontor

Strategi Ampuh Membuat Konten Video untuk Pemasaran Bisnis

Strategi Ampuh Membuat Konten Video untuk Pemasaran Bisnis

Forbis.id – Konten video kini menjadi salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran digital. Popularitasnya yang semakin meningkat membuat video marketing menjadi alat yang efektif untuk menarik perhatian konsumen.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hubspot, 50% konsumen lebih memilih untuk melihat produk melalui konten video dibandingkan jenis konten lainnya. Lalu, bagaimana cara membuat konten video yang efektif untuk meningkatkan strategi marketing Anda? Berikut langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

Mengapa Konten Video Sangat Penting?

Konten video telah menjadi format yang wajib ada dalam bisnis online. Data menunjukkan bahwa 72% konsumen lebih suka menonton video tentang suatu produk daripada membaca deskripsinya.

Selain itu, 90% konsumen menyatakan bahwa video membantu mereka membuat keputusan pembelian. Ini menunjukkan betapa pentingnya video marketing dalam menarik minat konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Langkah Mudah Membuat Konten Video untuk Strategi Marketing

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk membuat konten video yang efektif dalam strategi marketing Anda:

//
//
// iklan google //
//

1. Buat Storyboard Terlebih Dahulu

Storyboard adalah outline visual yang menggambarkan seperti apa video yang akan Anda buat. Dengan storyboard, Anda dapat merencanakan alur cerita, visual, dan poin-poin penting yang ingin disampaikan. Ini membantu memastikan video Anda memiliki tujuan yang jelas dan hasilnya maksimal.

2. Evaluasi Jenis Konten yang Dibutuhkan

Melakukan evaluasi terhadap jenis konten yang akan dibuat sangat penting. Pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan target audiens dan tujuan bisnis Anda. Evaluasi ini akan membantu Anda membuat video yang tepat sasaran dan lebih mudah dalam promosi.

3. Tentukan Tempat yang Akan Digunakan

Pemilihan tempat yang tepat sangat penting dalam pembuatan video. Jika tidak memiliki studio sendiri, Anda bisa menggunakan tempat yang sesuai dengan storyboard. Pastikan tempat tersebut memiliki pencahayaan yang baik dan latar belakang yang menarik secara visual.

4. Lakukan Perekaman Video

Rekam video dengan kualitas terbaik yang bisa Anda capai. Anda bisa melakukan beberapa kali perekaman untuk mendapatkan hasil yang optimal. Setelah itu, lakukan pengeditan dengan aplikasi yang mudah digunakan. Tambahkan efek yang sesuai untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

5. Terapkan SEO Video

Agar video Anda mudah ditemukan, terapkan SEO video. Buat nama file yang relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan. Selain itu, berikan judul yang menarik dan deskripsi yang jelas tentang isi video. Closed caption juga dapat membantu meningkatkan visibilitas video Anda di mesin pencari.

6. Buat Video dengan Durasi Singkat

Video dengan durasi pendek lebih efektif dalam menarik perhatian. Buat video yang ringkas namun padat dengan konten yang jelas dan menarik. Hindari video yang terlalu panjang karena dapat membuat audiens kehilangan minat.

7. Tingkatkan Strategi Konten Berdasarkan Feedback dari Target Audience

Manfaatkan feedback dari audiens untuk meningkatkan strategi konten Anda. Evaluasi feedback yang diberikan untuk memahami apa yang disukai dan tidak disukai oleh audiens. Dengan demikian, Anda bisa terus meningkatkan kualitas konten video dan strategi pemasaran Anda.

Kesimpulan

Membuat konten video untuk strategi marketing memang membutuhkan perencanaan dan eksekusi yang matang. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat konten video yang menarik, efektif, dan sesuai dengan target audiens Anda.

Ingat, video marketing bukan hanya tentang visual yang menarik, tetapi juga tentang bagaimana video tersebut dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dengan video marketing yang tepat, Anda dapat meningkatkan brand awareness, menarik lebih banyak konsumen, dan akhirnya meningkatkan penjualan produk Anda. Jadi, mulailah merencanakan konten video Anda sekarang dan rasakan manfaatnya untuk bisnis Anda.