Kabar ~Agus Maulana

Tradisi FORBISER Sungkem Lebaran ke Kyai dan Para Guru Gontor

Tradisi FORBISER Sungkem Lebaran ke Kyai dan Para Guru Gontor Foto Bersama Pengurus FORBIS IKPM Gontor, di depan BPPM Gontor.

FORBIS.ID– Sudah menjadi tradisi dalam beberapa tahun terakhir, hampir seluruh Pengurus dan Anggota FORBIS IKPM Gontor mengadakan sowan Syawalan untuk sungkem ke Kyai Pimpinan dan Para Guru di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Para Forbiser sebagaimana alumni Gontor pada umumnya menganggap sosok figur Kyai dan Guru-guru di Gontor adalah orang tua ideologis.

Silaturrahmi dalam momentum Syawal Idul Fitri merupakan salah satu bentuk adab seorang anak kepada orang tuanya dalam hal ini adalah guru. Tiada lain tujuannya mengharap Ridho Allah SWT dari keberkahan ilmu yang didapatkan selama nyantri.

Tradisi ini pada awalnya dari sebuah ide sederhana yakni ingin berbagi kebahagiaan bersama para Kyai dan guru-guru senior di pondok di momentum lebaran.

Forbiser yang notabene merupakan para alumni yang bergelut dalam bidang bisnis dan juga para kalangan profesional pada awal berdiri FORBIS 10 tahun silam menginisiasi sebuah program Hampers Lebaran.

//
//
// iklan google //
//

Yakni mengumpulkan produk anggota atau barang dagangan dari masing-masing untuk dikemas dalam sebuah hampers atau parcel lebaran yang diserahkan kepada para kyai pimpinan pondok, ketua lembaga serta sebagian guru-guru senior pondok.

Istimewanya, pada tahun ini diagendakan untuk melengkapi dengan Silaturahim (sowan) langsung secara berjamaah ke beliau-beliau, untuk meminta nasehat dan doa. Maka ditugaskanlah Ust Fauzi Irianto dkk selaku team sekretaris Forbis untuk mengkoordinasikan acara ini.

Awalnya, kami merencanakan untuk sowan ke rumah masing-masing pimpinan pondok, juga ke kediaman para ketua lembaga seperti Direktur KMI, Ketua PP IKPM Gontor, Ketua Yayasan YPPWPM, Rektor UNIDA dan para guru senior lainnya.

Kami menyadari bahwa kesibukan beliau-beliau di bulan syawal ini sangat padat, sehingga rencana ini dibuat informal dan fleksibel menyesuaikan situasi dan kondisi.

Ternyata rencana silaturahim ini mendapat respon yang sangat baik, bahkan melebihi ekspektasi kami pada awalnya. Biasanya, para pimpinan pondok tidak menerima tamu pada hari jumat, karena beliau-beliau waktunya beristirahat bersama keluarga dan persiapan sholat jumat.

Tapi, jumat ini (19 April 2024 atau 10 Syawal 1445 H), berbeda. Kami dijadwalkan untuk diterima silaturahim bersama ketiga pimpinan pondok, KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat, KH Amal Fathullah Zarkasyi di Aula Aligarh Kampus Pondok Modern Gontor pada Jumat pagi pukul 07.30 sd 09.00.

Ya Rabb, ini sebuah kehormatan sekaligus kesempatan yang sangat mahal. Beruntunglah rekan-rekan anggota Forbis yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut dalam silaturahim ini.

Tentunya yang kita rindukan adalah nasehat-nasehat dari para kyai kita, sebagai pegangan sekaligus penguat dalam mengarungi kehidupan di masyarakat dengan segala dinamikanya.

Sekaligus berkesempatan untuk meminta doa dan didoakan secara langsung oleh beliau-beliau, agar selalu mendapatkan kemudahan, kesuksesan dan keberkahan dalam setiap urusan, baik usaha/bisnis yang dijalani, maupun berbagai kegiatan dakwah pendidikan serta amal sholeh yang sedang dilakukan.

Dalam moment kunjungan ke gontor yang singkat ini, kami juga diberikan kesempatan untuk bersilaturahim marathon dengan para ketua lembaga tinggi di Gontor.

Setelah selesai dengan para pimpinan, dijadwalkan untuk silaturahim dengan Ketua YPPWPM Ust Ismail Budi Prasetyo dan para Staff Yayasan di Kantor YPPWPM Gedung Asia.

Dilanjut habis jumat dengan Silaturahim bersama Ketua Pengurus Pusat IKPM Gontor Ust Noor Syahid dan para ketua dan Staff IKPM Pusat di Kantor IKPM. Selepas ashar, dijadwalkan untuk silaturahim bersama Direktur KMI Ust Masyudi Sobari dan Staff KMI. Dan ditutup dengan Silaturahim bersama Rektor UNIDA Prof Dr Hamid Fahmy Zarkasyi dan para wakil rektor di Kantor Rektorat UNIDA setelah maghrib.

Tidak sabar rasanya untuk segera bertemu dengan beliau-beliau para kyai dan guru-guru kami di pondok, yang selama ini telah mendidik dan terus berjuang tanpa lelah melanjutkan cita-cita Trimurti pendiri Gontor dalam mewujudkan misi dakwah dan pendidikan.

Beruntung kami masih terus mendapatkan “pendidikan” dari pondok selepas menjadi alumni, melalui sebuah wadah yang bernama Forbis IKPM Gontor.