INDONESIA BERPOTENSI MEMIMPIN INDUSTRI HALAL GLOBAL

INDONESIA BERPOTENSI MEMIMPIN INDUSTRI HALAL GLOBAL

FORBIS//

Laju industri halal dan industri lainnya kini mulai terganggu di era pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan dan belum juga menemukan titik cerah.

Disamping itu pandemi Covid-19 juga membawa dampak positif. Seperti banyaknya bukti yang menunjukkan bahwa industri halal selalu maju dari tahun ke tahun, hal tersebut tidak lain disebabkan oleh banyak orang yang termotivasi untuk terus memperkuat ekosistem ekonomi Islam di Indonesia yang menghasilkan peningkatan yang terjadi secara terus-menerus.

Menurut Indonesia.go.id Data terakhir dari The State of The Global Islamic Economy Report 2020-2021 menyebutkan, posisi Indonesia yang terus membaik. Peringkat Indonesia di global Islamic indicator menduduki peringkat ke-4. Peringkat itu terus naik dibandingkan tahun sebelumnya, yang tercatat menduduki peringkat kelima (2019) dan posisi ke-10 pada sebelumnya. Indonesia.go.id (17/05/21)

Selain itu Industri produk halal mencatatkan kinerja positif di tengah kondisi pandemi Covid 19. Pertumbuhan industri ini mencapai 3,2% atau lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2019 yang sebesar 2,3%. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peluang dan potensi besar untuk memajukan industri termasuk industri halal.

FORBIS

Menurut Afdhal Aliasar:` “Ini menjadi opportunity kita untuk memproduksi produk halal. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang besar, tetapi juga kebutuhan internasional yang selalu meningkat dari tahun ke tahun,” dikutip dari Indonesia.go.id (17/05/21)

Senada dengan afdhal, Chairman Indonesia Halal Center Sapta Nirwandar menyebutkan: “Indonesia berpeluang untuk meraih dan menambahkan industri produk halal, mencatatkan kinerja positif di tengah kondisi pandemi Covid-19.” Indonesia.go.id (17/05/21)

Kedepannya, Indonesia diharapkan menjadi negara yang memprakarsai industri halal dengan adanya inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan industri halal menjadi lebih besar lagi. Dan akhirnya Indonesia akan mampu menjadi garda terdepan dalam industri halal global.

Jadi sudah sepantasnya, Indonesia terus maju kedepan dengan terus mengeluarkan inovasi-inovasi baru guna mewujudkan Indonesia menjadi pemimpin industri halal dunia.