Ust. Ridwan dari Cibangkonol dan 5 Usaha yang ditekuninya

Ust. Ridwan dari Cibangkonol dan 5 Usaha yang ditekuninya Ust. Ridwan dari Cibangkonol dan 5 Usaha yang ditekuninya

FORBIS.ID– Orang Sukses bukanlah orang yg punya sederet gelar akademik, dan bukan pula yg duduk di kursi empuk nan mewah bekerja di kantor ternama.

Bagi para pendiri pondok Gontor, konsep Sukses para alumni adalah ketika santri keluar dari pondok dan masuk ke pelosok pelosok mengajarkan ilmu agama di mesjid kecil atau mushola karna Allah ta’ala.

Ust. Ridwan Nurmawan S.Th.I adalah salah satu dari sekian banyak alumni Gontor yg berkiprah dalam dunia dakwah di sebuah kampung Cibangkonol daerah Cibiru Bandung.

Bersama istrinya Oktafian Taufik Hidayanti (teh Fifi) yang juga alumni Gontor Putri, berjuang mendidik generasi muda di Cibangkonol.

Mesjid dan madrasah Al-Hasan yg menjadi tempat perjuangannya tak luput dari berbagai ujian dan itulah cara Allah menaikkan derajat hambaNya.

FORBIS

Mengajar bagi mereka adalah bentuk pengabdian pada agama dan bangsa.

Dalam keseharian ust. Ridwan dan Istri mengelola beberapa usaha, diantaranya Medina Konveksi, Outdoor equipment tenda Pramuka, militer, tandu, velbed dll, mengelola kebun kopi, mengelola Camp Ground Jalan Lima juga mengelola Al-Hasan Farm.

Subhanallah, dengan banyak usaha yg mereka tekuni, kehidupan mereka tetap bersahaja. Dan kini mereka sedang memperbaiki fasilitas belajar mengajar santri dan santriwati madrasah Al-Hasan.

Pembentukan karakter dari pendidikan Gontor sangat mewarnai para alumni berkiprah sebagai Mundzirul qaum. Tidak harus menunggu orang mempercayai kita, tapi karna kita berkiprah maka org berduyun duyun mempercayai kita.

Jangan berhenti mengajar, dan tetap berikhtiar (berniaga) karna gontor tidak mengajarkan mencari penghidupan dari pengabdian mengajar.

Ditulis oleh: Yuliana Mustofa

Alumni Gontor Putri tahun 1998, berdomisili di Bandung, aktif menjadi anggota FORBIS semenjak tahun 2018, owner Bandung Mumtaz Olshop dan Bimbel Bandung Mumtaz