Kabar ~Admin Forbis

Harapan dan Apersiasi Pimpinan Pondok dan Ketua Lembaga Terhadap Forum Bisnis (FORBIS) IKPM Gontor

Harapan dan Apersiasi Pimpinan Pondok dan Ketua Lembaga Terhadap Forum Bisnis (FORBIS) IKPM Gontor Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan Bapak-bapak Pimpinan Pondok Modern Gontor

FORBIS.ID– Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor mendapatkan kesempatan yang sangat berharga ketika mengadakan Silaturahim Lebaran Forbis bersama Bapak Pimpinan Pondok Modern Gontor yang dihadiri lengkap oleh ketiganya, KH Hasan Abdullah Sahal, KH Amal Fathullah Zarkasyi, KH Akrim Mariyat, di Aula Aligarh, Jumat 10 Syawal 1445 H / 19 April 2024 Pukul 08.00 sd 10.00 WIB.

Acara dilanjutkan secara marathon dalam satu hari, Silaturahim ke lembaga-lembaga tinggi yang ada di pondok. Dimulai dengan Ketua Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern Gontor (YPPWPM), Al Ustadz Ismail Abdullah Budi Prasetyo, lalu Ketua PP IKPM Gontor Al Ustadz Noor Syahid, Direktur KMI dan Wadir Al Ustadz Masyhudi Sobari, serta Rektor UNIDA Prof.Dr.Hamid Fahmy Zarkasyi.

Tidak semua pengurus maupun anggota Forbis berkesempatan mengikuti moment langka ini. Karena keterbatasan waktu dan tempat. Hanya sekitar 30 orang yang mendapat kesempatan silaturahim marathon sehari yang dimulai sejak sehabis subuh dengan ziarah ke makam Trimurti Pendiri Gontor.

Lalu apa yang dihasilkan, didapatkan dari pertemuan dan silaturahim tersebut? Tentunya ada banyak arahan, nasehat dan pesan-pesan yang disampaikan oleh beliau-beliau, serta apresiasi positif terhadap keberadaan dan berjalannya program dan kegiatan Forbis ini.

Pertama, Para Pimpinan Pondok melihat dan mengikuti perkembangan Forbis sejak dilahirkan 2016 yang lalu. Alhamdulillah bersyukur atas hadirnya sebuah wadah/forum yang melibatkan para alumni yang bergerak dibidang usaha, yang berada di bawah PP IKPM. Organisasi ini dinilai positif dan bisa berjalan dengan baik melalui berbagai program dan kegiatannya.

//
//
// iklan google //
//
Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan KMI Pondok Modern Gontor
Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan KMI Pondok Modern Gontor

Kedua, Para Pimpinan Pondok mengapresiasi dan mengucapkan rasa terimakasihnya atas kontribusi Forbis kepada pondok, melalui berbagai hal diantaranya terlibat dalam pembekalan wawasan kewirausahaan bagi santri siswa akhir, menjadi tujuan/destinasi dalam rihlah iqtishodiyah setiap tahun di berbagai daerah, menyediakan database alumni yang bergerak di bidang usaha melalui website www.forbis.id serta berbagai program lainnya seperti pameran/expo dll

Ketiga, secara khusus Pimpinan Pondok memberikan apresiasi terhadap lahirnya Gontor Auto Service (GAS) Ponogoro yang merupakan bengkel dan toko ban, unit usaha wakaf produktif Gontor, yang didirikan dengan support ilmu, management dan pengalaman dari Ust Agus Maulana selaku Owner Jaringan Bengkel Agus Lio Ban Group Subang, yang juga Ketua Umum Forbis. Ini menambah daftar unit usaha pondok yang dibangun dengan support pengalaman dan ilmu dari para alumninya seperti Pom Bensin, Peternakan Terpadu dll.

Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan PP IKPM Pondok Modern Gontor
Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan PP IKPM Pondok Modern Gontor

Keempat, Pimpinan Pondok berharap kedepan akan lahir unit-unit usaha baru lainnya yang dikembangkan dari kontribusi pengalaman dan ilmu para alumni, anggota Forbis, yang dikoordinasikan secara kelembagaan melalui pengurus Forbis IKPM Gontor.

Kelima, Direktur KMI dan para wakilnya, berharap agar Forbis IKPM Gontor terlibat aktif merumuskan kurikulum kewirausahaan bagi para santri sejak kelas satu sampai akhir. Mengenalkan Keberadaan Forbis sbg organisasi resmi pondok kepada para santri, juga memberikan wawasan serta dasar-dasar kewirausahaan yang sesuai dengan nilai-nilai pondok dan islam. Hal ini untuk melengkapi dan memberikan kerangka berfikir bagi santri dalam menjalankan praktek-praktek pengelolaan unit usaha internal pondok yang sudah berjalan saat ini sebagai media pendidikan santri.

Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan Rektor Universitas Darussalam, Pondok Modern Gontor
Foto Bersama Silaturahim FORBIS IKPM Gontor dengan Rektor Universitas Darussalam, Pondok Modern Gontor

Keenam, Ketua YPPWPM berharap kerjasama, kolaborasi dan sinergi yang selama ini dilakukan dapat terus ditingkatkan dan diperluas bidang dan cakupannya. Terlebih arahan dan harapan Pimpinan Pondok sudah jelas, agar para alumni dapat memberikan kontribusi aktif terhadap pengembangan ekonomi pondok melalui Forbis.

Silaturahim Lebaran FORBIS IKPM Gontor bersama Bapak-bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo
Silaturahim Lebaran FORBIS IKPM Gontor bersama Bapak-bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo

Ketujuh, Ketua PP IKPM Gontor sebagai induk organisasi Forbis, berharap agar IKPM-IKPM Cabang dapat segara membentuk Forbis Cabang sebagai kelengkapan organisasinya, sehingga potensi-potensi alumni yang bergerak di bidang usaha dan kalangan professional, dapat diwadahi dalam sebuah forum khusus (Forbis) untuk meningkatkan silaturahim antar alumni juga sinergi dan kolaborasi.

Kedelapan, Rektor UNIDA Gontor mengharapkan agar Forbis bisa berperan aktif dalam mewujudkan pengembangan Wakaf Produktif dalam berbagai bidang bisnis, bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk pondok pesantren dan sesama pebisnis. Dirumuskan dan dirintis berbagai pola dan model pengembangan usaha berbasis wakaf yang dikelola secara profesional.