Rista Muji, Couple Preneur Exportir Tanaman Hias Asal Ponorogo

Rista Muji, Couple Preneur Exportir Tanaman Hias Asal Ponorogo Rista Muji, Couple Preneur Exportir Tanaman Hias asal Ponorogo

FORBIS.ID– Tidak banyak Alumni Gontor yang menekuni bisnis unik. Salah satunya Rista, alumni Mantingan 2006 yang saya temui di Ponorogo. Rista bersama suaminya Mas Giwin menekuni bisnis budidaya tanaman hias dan ekspor tanaman langka.

Melalui CV Giwin Berkah Rista saat ini dapat melayani penjualan tanaman hias secara resmi ke berbagai negara seperti Amerika, Panama, New Zealand, Dubai, Hongkong, bahkan sampai ke Afika. Ekspor tanaman hias ini memerlukan perizinan dan dokumen yang cukup rumit.

Coba anda buka di google, cari tahu beberapa nama seperti Philodendron, Alocosia, Syngonium, Sansevieria. Itu adalah nama-nama jenis tanaman hias yang banyak dikoleksi oleh pecinta tanaman di dalam dan luar negeri. Harganya pun ternyata wow.

Salah satu contohnya adalah syngonium yang masuk varietas cladium. Tanaman hias jenis ini memiliki bentuk yang menarik dengan warna yang berbeda.

Syngonium jenis Strawberry ice mencapai jutaan rupiah per daun nya. Berarti satu tanaman dengan beberapa helai daun bisa mencapai 5-7 juta.

Disamping menjadi hobi dan koleksi, tanaman hias ini diyakini memiliki manfaat. Syngonium diyakini memberikan keseimbangan sempurna dari Yin Yang karena daun yang berkilau, menimbulkan energi dan semangat, ide dan inspirasi positif.

Menghilangkan polutan dari udara dalam ruangan, mengurangi mikroba udaha dan meningkatkan kelembaban,

Semua itu dimulai kurang lebih dua tahun silam. Saat Rista dan suaminya dirundung masalah. Pandemi Covid19 membuat usaha minuman Tahwa (kembang tahu) yang digelutinya surut.

Puncaknya ketika Rista dan suaminya dikarantina dan menjalani isolasi akibat divonis covid. Hal ini praktis membuat penghasilan usahanya hilang dan bisnisnya berhenti.

Kondisi yang sulit ini tidak membuat Rista menyerah. Terus berusaha mencari apa yang bisa membuat dapurnya terus ngebul, Sampai pada satu kesempatan, Rista dan suaminya menemukan sebuah jenis anggrek langka dan memposting di Facebook serta Instagram, Ternyata postingannya mendapat respon dan ada konsumen yang memesan anggrek tersebut.

Keuntungan dari penjualan anggrek tersebut dirasakan sangat besar bagi Rista, bahkan jika dibandingkan dengan penjualan minuman Tahwanya selama ini.

Kondisi ini membuat Rista dan suaminya semangat dan terus mendalami serta belajar tentang seluk beluk tanaman hias. Berbagai komunitas tanaman hias diikuti, sehingga jaringannya semakin luas.

Sampai pada suatu saat mendapatkan buyer dari Malaysia yang memesan sebuah tanaman hias. Inilah untuk pertama kalinya Rista melakukan penjualan tanaman hias ke luar negeri (ekspor).

Lagi-lagi Allah membimbingnya. Melalui buyer malaysia yang ternyata masiih keluarga kerajaan, Rista mendapatkan masukan dan arahan agar mengurus legalitas usahanya berikut dengan perizinannya agar bisa memperluas pasar ke berbagai negara. Maklum, ketika pengiriman ke Malaysia masih dilakukan secara tidak resmi dan berizin.

Rista adalah gambaran Couple Preneur, pasangan suami istri yang memiliki sekaligus menjalankan bisnisnya bersama-sama. Rista adalah contoh nyata dari sebuah kisah bahwa kesulitan itu sejatinya adalah kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan di bidang yang lain.

Dan potensi rezeki itu selalu terbuka lebar bagi siapapun yang berusaha untuk meraihnya dengan kesungguhan, keyakinan dan ketekunan. Bahkan untuk bidang yang selama ini tidak pernah terbayangkan.

Untuk menghubungi beliau, silahkan klik link berikut ini
Kontak CV Giwin Berkah Rista

Ditulis oleh: Agus Maulana
Ketua Umum FORBIS PP IKPM Gontor, alumni Gontor tahun 1992 dan sebagai pemilik bisnis bengkel Agus Lio Ban di Subang