Sosialisasi FORBIS IKPM Cabang Kuningan : FORBIS IKPM Gontor, Untuk Apa dan Siapa?

  • 19 Desember 2020
  • 107 views
Sosialisasi FORBIS IKPM Cabang Kuningan : FORBIS IKPM Gontor, Untuk Apa dan Siapa? FORBIS IKPM Gontor, Untuk Apa dan Siapa?

FORBIS.ID– “Kelahiran FORBIS adalah amanat langsung dari PP IKPM Gontor sejak tahun 2016 yang bertepatan dengan acara peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor” papar H Agus Maulana Ketua Umum FORBIS pada sesi sarasehan FORBIS IKPM Gontor, Jumat 18 Desember 2020 di Pondok Modern Al Ikhlas Kuningan asuhan KH Dr Muhammad Tata Taufiq yang dihadiri oleh jajaran pimpinan pusat IKPM Gontor.

Dalam acara pelantikan pengurus IKPM Gontor Cabang Kuningan tersebut H Agus Maulana juga menyampaikan sebagaimana amanat pimpinan pondok bahwa IKPM itu untuk pondok bukan Pondok untuk IKPM, sama halnya dengan FORBIS

“kita harus menyamakan frekuensi bahwa FORBIS itu untuk pondok bukan Pondok untuk FORBIS” ujarnya. “Adapun keberkahan atas keberadaan FORBIS IKPM Gontor pasti akan dirasakan oleh semua anggota, pengurus bahkan lebih jauh lagi akan dirasakan oleh umat Islam,” demikain beliau menambahkan.

Pelantikan Pengurus IKPM Gontor Kuningan, Jawa Barat
Pelantikan Pengurus IKPM Gontor Kuningan, Jawa Barat

Seusai dilantik, Ketua IKPM Kuningan terpilih yaitu Ust. Dedin Badrudin, MHi langsung diamanati untuk segera membentuk FORBIS IKPM Gontor Cabang Kuningan karena hal ini sudah menjadi kebutuhan untuk seluruh IKPM Cabang seluruh Indonesia.

Alumni Gontor yang tersebar di beragam bidang profesi tentunya membutuhkan satu forum khusus yang spesifik untuk meningkatkan intensitas dan kualitas silaturahim termasuk diantaranya yang berprofesi sebagai pebisnis dan profesional.

Mereka jika disatukan dalam sebuah forum spesifik diharapkan akan mengakselerasi proses sinergi dan kolaborasi yang pada akhirnya akan berdampak positif pada proses pembangunan kemandirian ekonomi umat.

Dalam hal sinergi dan kolaborasi, anggota FORBIS IKPM Gontor telah menelurkan berbagai buah karya di berbagai bidang usaha yang kesemuanya dilakukan secara personal dengan memanfaatkan akselerasi proses silaturahim di dalam komunitas.

“Zaman sekarang ini solusi terbaik untuk membangun bisnis yang besar, kuat dan mapan adalah dengan melakukan mekanisme sinergi dan kolaborasi dalam kebersamaan.

Penyerahan Cendera Mata dari Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas ke Ketua Umum FORBIS IKPM Gontor
Penyerahan Cendera Mata dari Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas ke Ketua Umum FORBIS IKPM Gontor

Para senior membimbing junior dan para junior memetik banyak pelajaran dari senior dalam semangat ta’awun ‘alal birri wa taqwa,” ucap H Agus.

Demikian juga beberapa anggota FORBIS telah berkontribusi kepada Pondok dalam membantu proses pengembangan beberapa unit usaha seperti Toserba Gambia di Gontor, Penggemukan Sapi di Mantingan dan di beberapa unit usaha milik Pondok.

Memang proses sinergi tidak selalu berjalan mulus, kerap kali ditengah perjalanan menemukan berbagai tantangan, tapi hal tersebut bukan menjadi halangan untuk terus mencoba dan berikhtiar karena jika suatu ide kolaborasi dijalankan dengan sistem yang tepat pasti akan mendapatkan kesuksesan sesuai ekspektasi.

Mengakhiri sesi sarasehan, H Agus Maulana mendoakan semoga IKPM Cabang Kuningan yang baru terbentuk dapat segera take action menebar manfaat dan langsung berkontribusi positif kepada seluruh stake holder dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor

Konten Terkait