Menuju 1 Abad Gontor, FORBIS Siapkan 100 Produk Unggulan Alumni

Menuju 1 Abad Gontor, FORBIS Siapkan 100 Produk Unggulan Alumni

Kiprah Alumni Gontor di masyarakat tersebar dalam berbagai lapangan perjuangan dan kehidupan. Mulai dari bidang Pendidikan dan dakwah yang ditandai dengan berdirinya berbagai pondok pesantren dan Lembaga Pendidikan lainnya, bidang politik dan sosial masyarakat yang ditandai dengan lahirnya para pemimpin di tingkat daerah maupun nasional, serta munculnya para pemimpin dan tokoh masyarakat di berbagai organisasi.

Demikian juga di bidang ekonomi dengan lahirnya para pengusaha, mulai skala UMKM, menengah dan pengusaha tingkat nasional. Serta berbagai bidang kehidupan lainnya sebagai wujud peran aktif dalam membangun ummat, bangsa dan negara.

Forum Bisnis atau FORBIS IKPM Gontor yang didirikan 2016 yang lalu merupakan sebuah rumah besar bagi para alumni Gontor yang berkiprah dibidang usaha. Forbis merupakan organisasi resmi yang dibentuk oleh Gontor dan secara struktur berada di bawah Pengurus Pusat (PP) IKPM Gontor.

Sesuai amanat Mubes IKPM, Forbis harus ada di setiap IKPM Cabang. Saat ini sudah terbentuk 18 Forbis Cabang di seluruh Indonesia dengan 500 anggota yang registered secara official. Arah dan tujuan dibentuknya Forbis tercermin dalam Visi dan Misi Forbis yang tertuang dalam AD ART Forbis. Selengkapnya dapat dibaca di www.forbis.id

Ragam Usaha Anggota Forbis tersebar dalam berbagai bidang usaha. Mulai dari kuliner, fashion, travel umroh dan haji, bengkel dan jasa perawatan otomotif, penerbitan, agribisnis, industry kreatif, konstruksi dan pengembangan perumahan, sektor produksi atau manufaktur serta berbagai bidang usaha lainnya.

Skala Usahanya sangat beragam, mulai dari usaha skala mikro dengan omset dibawah 300 juta, usaha skala kecil dengan omset 300 jt sd 2.5 Milyar, dan usaha menengah dengan omset 2.5 M sd 50 M per tahun. Lihat UU No 20 Tahun 2008 tentang UMKM.

Menuju 100 Tahun Gontor (1926-2026), Forbis mengadakan silaturahim antar anggota dan alumni, khususnya yang bergerak di bidang produksi dengan agenda  100 Produk Unggulan Forbis. Acara berlangsung Sabtu 23 Oktober 2021 di Cirebon.

Saat ini banyak sekali produk yang dihasilkan oleh para pengusaha anggota Forbis dan alumni Gontor tersebar dalam berbagai jenis kategori produk serta tersebar di berbagai wilayah.

Jumlahnya bisa mencapai ribuan produk. Mulai dari skala home industry sampai skala manufaktur. Bahkan banyak produk-produk yang dihasilkan secara internal oleh pesantren-pesantren untuk kebutuhan sendiri.

Menyambut 100 tahun Gontor, Forbis akan mempersiapkan 100 Produk Unggulan. Dimulai dengan silaturahim para pengusaha yang bergerak di bidang produksi dengan merumuskan kategori unggulan dari sebuah produk atau bisnis dengan berbagai parameter nya.

Sebuah produk unggulan harus memenuhi berbagai persyaratan mulai dari aspek legalitas usaha, perizinan produk, pembukuan akuntasi usaha, pengelolaan SDM, marketing, proses produksi dan aspek lainnya.

Harapannya, akan terjaring 100 Produk unggulan Forbis yang bisa dijadikan role model bagi produk-produk lainnya kedepan. Menjadi rujukan bagi para pengusaha yang belum memenuhi persyaratan unggulan pada saat ini. Akan terjadi multiplier effect dari 100 Produk Unggulan Forbis ini.

Pertama, 100 Produk Unggulan ini akan menjadi sebuah kebanggaan bagi Gontor dan bagi Indonesia. Produk santri, produk anak bangsa yang diharapkan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Punya kualitas dan daya saing yang kuat.

Dan yang tidak kalah pentingnya, mendapatkan ruang dan support dari negara ditengah gempuran produk luar atas nama perdagangan bebas. Harus ada keberpihakan terhadap produk santri dan anak bangsa ini.

Kedua, 100 Produk Unggulan ini akan menjadi inspirasi bagi para pengusaha pemula untuk terus belajar, bekerja keras dan berinovasi menghasilkan ide bisnis dan produk unggulan lainnya.

Virus entrepreneurship (kewirausahaan) harus terus ditularkan dan dikembangkan di kalangan generasi muda, agar punya kemandirian ekonomi di masa depan. Akan terjadi silaturahim dan komunikasi yang berkualitas antara pengusaha sukses dan calon pengusaha sukses. Tajammuk dengan judul dan tema yang lebih spesifik.

Ketiga, 100 Produk Unggulan ini akan memberikan motivasi bagi produk-produk lainnya agar terus bekerja keras mencapai kualifikasi unggulan sesuai dengan kriteria dan parameter yang ada.

Proses ini tentunya merupakan upaya scale up bisnis, membuat suatu perusahaan kecil menjadi lebih besar, mempunyai system bisnis yang lebih mapan dan tentunya menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Disinilah akan muncul pelatihan-pelatihan yang lebih terarah, mentoring dan pendampingan bisnis oleh pengusaha yang sudah mencapai standard unggulan, sharing dan transfer knowledge sesama pengusaha terkait berbagai aspek pengembangan produk dan bisnis.

Keempat, 100 Produk Unggulan ini akan memberikan peluang dan potensi dalam berbagai aspek. Mulai dari peluang pasar, dengan terbukanya peluang distribusi keagenan, reseller, kemitraan maupun format perluasan marketing lainnya.

Peluang supply bahan baku dengan kualitas dan harga kompetitif, peluang kemitraan, Kerjasama bisnis dan format sinergi kolaborasi lainnya dengan prinsip prinsip profesionalisme bisnis.

Kelima, 100 Produk Unggulan ini akan membuka peluang sinergi dan kolaborasi jumbo yang melibatkan pengusaha-pengusaha yang Amanah dan teruji secara bisnis, menghasilkan skala bisnis yang lebih besar serta jangkauan pasar yang lebih luas, termasuk peluang ekspor ke mancanegara.

Masih banyak multiplier effect lainnya yang akan muncul dari gagasan 100 Produk Unggulan Forbis menyambut 100 tahun Gontor ini. Selamat ber tajammuk.

Ditulis oleh: Agus Maulana
Ketua Umum FORBIS PP IKPM Gontor, alumni Gontor tahun 1992 dan sebagai pemilik bisnis bengkel Agus Lio Ban di Subang