Kabar ~Agus Maulana

FORBIS dan FPAG Perkuat Kerjasama

FORBIS dan FPAG Perkuat Kerjasama Foto bersama RAKERNAS FORBIS 2022

Ponorogo, FORBIS– Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor dan Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) memperkuat kerjasama antar masing-masing anggota maupun antar lembaga.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam MoU yang ditandatangi oleh Ketua Umum Forbis H Agus Maulana dan Ketua Umum FPAG Dr KH Zulkifli Muhadli SH., MM disela acara Pembukaan Rakernas Forbis 2022 di Wisma IKPM Gontor, Jumat 4 Maret 2022.

Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal dalam sambutannya mengharapkan sinergi dan kolaborasi antar komponen alumni, baik yang bergerak di dunia pendidikan pondok pesantren, maupun yang terjun di dunia usaha dan kalangan profesional terus ditingkatkan.

Dengan pondasi yang kuat, kita bisa mewujudkan kemandirian, Tidak bergantung kepada pihak lain, tidak menjual identitas diri dan menggadaikan harga diri karena ketidakmampuan kita.

Rakernas Forbis 2022 berlangsung 4-5 Maret 2022 diikuti oleh para Pengurus Pusat Forbis IKPM Gontor dan para Ketua Forbis Cabang serta undangan.

//
//
// iklan google //
//

Dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed, Anggota BAdan Wakaf sekaligus Ketua Tim Holding Company Gontor, KH Muhammad Danial, SE,Ak.MM.CPA.CA, Ketua Umum PP IKPM Dr.H.Muhammad Adib Fuadi Nuriz, MA.M.Phil, Ketua FPAG Dr KH Zulkifli Muhadli SH., MM, serta para undangan.

Ketua Umum Forbis IKPM Gontor, H Agus Maulana dalam sambutannya mengatakan, MoU dengan FPA yang ditandatangai hari ini merupakan upaya untuk saling menguatkan antara para pengusaha dengan para pimpinan pondok, yang sama-sama alumni gontor. Masing-masing mempunyai potensi dan kelebihan, yang bisa disinergikan.

Adapun point-point ruang lingkup kerjasama meliputi 5 hal pokok, diantaranya :

Pertama, pelatihan kewirausahaan oleh anggota Forbis IKPM Gontor di pesantren-pesantren alumni yang tergabung dalam FPAG.

Kedua, menjadikan unit-unit usaha anggota Forbis IKPM Gontor sebagai destinasi kegiatan rihlah iqtishodiah siswa kelas akhir bagi para pesantren alumni yang tergabung dalam FPAG,

Ketiga, memberikan kesempatan kepada para anggota Forbis untuk menjajaki market yang ada di internal pesantren alumni yang tergabung di FPAG dengan produk produk yang berkualitas dan kompetitif

Keempat, menjalin kerjasama kemitraan antar anggota Forbis dan Pondok Pesantren anggota FPAG dalam memasarkan produk-produk pesantren di pasar umum,

Kelima, menjajaki sinergi dan kolaborasi antar anggota Forbis dengan Pesantren pesantren anggota FPAG dalam membangun unit bisnis baru, baik di dalam maupun diluar pesantren serta optimalisasi unit usaha yang sudah berjalan.

Ketua Umum FPAG Dr KH Zulkifli Muhadli SH., MM menyambut baik Perjanjian Kerjasama ini. Ibarat mendapatkan siraman air hujan ditengah kemarau.

Persoalan klasik di pondok pesantren adalah persoalan kemandirian ekonomi untuk menopang operasional dan infrastruktur. Dengan adanya kemitraan bersama Forbis, diharapkan pesantren bisa membangun unit-unit usaha baik di dalam maupun di luar dengan optimal dan professional.

Mou Ini akan ditindaklanjuti dengan pilot project di beberapa pesantren, baik dalam hal pembinaan semangat kewirausahaan, kerjasama pemasaran, maupun pendirian unit usaha bersama.