FORBIS Turunkan Pengusaha Muslim dan Muslimah ke Pesantren, Tularkan Virus Entrepreneurship Kepada Santri

FORBIS Turunkan Pengusaha Muslim dan Muslimah ke Pesantren, Tularkan Virus Entrepreneurship Kepada Santri Ketua Umum FORBIS IKPM Gontor Menerima kenang-kenangan dari santri akhir Pondok Modern Tazakka Batang

FORBIS.ID– Kehadiran Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor yang dibentuk oleh Pondok Modern Gontor melalui PP IKPM, diharapkan menjadi washila bagi gontor untuk terus mendidik santri dan alumninya. Walaupun sudah alumni, gontor terus mendidiknya agar tetap berpegang teguh pada nilai-nilai gontor dan nilai-nilai islam. Apapun profesi dan lapangan perjuangan dan penghidupan yang digelutinya setelah selesai nyantri di pondok.

Salah satu misi Forbis yang tertuang dalam AD ART adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas pengusaha dan profesional alumni gontor serta memberikan kontribusi bagi IKPM, Pondok Modern Gontor dan stakeholder.

Dalam Rakernas Forbis 2022, misi tersebut dipertegas dengan ditandatanganinya MoU atau Nota Kesepahaman antara Forbis dengan Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) yang salah satu butir lingkup kerjasamanya adalah memberikan pelatihan kewirausahaan oleh anggota Forbis IKPM Gontor di pesantren pesantren alumni yang tergabung dalam FPAG. Sehingga kedepan, siswa kelas akhir di pondok alumni dapat melengkapi bekalnya dengan wawasan kewirausahaan yang langsung disampaikan oleh pelaku usaha yang juga alumni pondok.

Di Pondok Modern Gontor Pusat sendiri, tercatat sejak 2017 setiap tahun selalu mengadakan Pembekalan Santri Kelas 6 dengan narasumber para anggota Forbis. Demikian juga di kampus gontor putri lainnya.

Rabu, 6 April 2022, Ketua Umum Forbis IKPM Gontor, H Agus Maulana, melakukan pembekalan kewirausahaan bagi santri kelas 6 KMI Pondok Modern Tazakka Batang. Dalam pembekalan tersebut, dikupas lebih detail bahwa santri adalah asset bangsa yang istimewa. Sejak dini sudah dididik kemandirian, survival learning, belajar membangun networking sesama santri antar daerah, serta mempunyai tabungan kebaikan dan doa. Sehingga santri menjadi sosok yang istimewa. Modal inilah yang kemudian harus menjadikan santri bangga dan bisa bersaing dalam berbagai lapangan kehidupan di masyarakat, termasuk dalam bidang usaha atau bisnis.

FORBIS

Selain pembekalan di pondok pesantren, unit-unit usaha anggota Forbis juga menjadi destinasi rihlah iqtishodiah (economic studi tour) bagi pondok modern gontor putra dan putri dengan cabang-cabangnya serta pondok-pondok alumni anggota FPA. Tersebar di berbagai kota, mulai dari Surabaya, Yogyakarta, Kudus, Cirebon, Pasuruan, Malang dan lainnya.

Kedepan, para pimpinan pondok alumni maupun cabang, dapat berkoordinasi dengan sekretariat Forbis melalui Ust Fauzi Irianto di 0812 3476 279 untuk pengajuan narasumber pembekalan kewirausahaan siswa kelas akhir, maupun menjadikan unit usaha para pengusaha anggota Forbis sebagai destinasi Rihlah Iqtishodiah.

Virus Entrepreneurship atau kewirausahaan harus ditularkan sejak dini, agar kelak semakin banyak muncul para pengusaha dari kalangan santri yang memiliki mental dan skill bisnis yang mumpuni, dalam rangka penguatan ekonomi ummat dan mendukung kemandirian pondok pesantren.

Ditulis oleh: Admin Forbis

FORBIS IKPM GONTOR adalah organisasi resmi yang dibentuk oleh PP IKPM untuk menaungi alumni yang bergerak diberbagai bidang usaha dan professional bisnis.