Kabar ~Agus Maulana

SERAH TERIMA DAN LAPORAN PENDIRIAN GONTOR AUTO SERVICE DARI TEAM SUPPORT KEPADA YPPWPM GONTOR

SERAH TERIMA DAN LAPORAN PENDIRIAN GONTOR AUTO SERVICE DARI TEAM SUPPORT KEPADA YPPWPM GONTOR

SERAH TERIMA DAN LAPORAN PENDIRIAN GONTOR AUTO SERVICE DARI TEAM SUPPORT KEPADA YPPWPM GONTOR

Bertempat di Ruang Meeting Guest House Badan Wakaf Pondok Modern Gontor, Team Support Pendirian Bengkel Gontor Auto Service (GAS) menyampaikan laporan dan serah terima tugas pendirian bengkel kepada YPPWPM, Ahad 14 Mei 2023.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Team Support, H Agus Maulana, didampingi oleh Bambang Setyono dan Fajar Shodiq. Sementara dari YPPWPM dihadiri langsung oleh Ketua Umum YPPWPM Ust Ismail Budi Prasetyo, didampingi jajaran pengurus yayasan diantaranya Ust Sabar, Ust Mahbub dan Ust Suraji Badi, serta staff yayasan Ust Saifullah dan Ust Risal.

Bermula dari event Forbis Expo yang diselenggarakan Forum Bisnis IKPM Gontor di Kampus Pusat Pondok Modern Gontor, dimana pada kesempatan tersebut ditampilkan berbagai produk dan usaha alumni, Agus Lio Ban Subang berkesempatan untuk ikut expo dan mempresentasikan usaha bengkel dan toko ban yang selama ini digelutinya.

Pengurus Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM) menyampaikan minat dan harapannya agar Gontor memiliki usaha bengkel dan toko ban seperti Agus Lio Ban Subang. Untuk itu, dibuatkan surat resmi dari YPPWPM kepada Agus Maulana selaku owner dari Agus Lio Ban sebagai dasar permohonan resmi agar membantu proses pendirian rencana tsb.

//
//
// iklan google //
//

Sebagai alumni gontor, terlebih saat itu diamanahi sebagai Ketua Umum Forbis IKPM Gontor, tentunya menjadi satu kehormatan sekaligus panggilan untuk bisa membantu gontor. Namun, karena ini berkaitan dengan pendirian unit usaha/bisnis, maka ada beberapa prasyarat yang diajukan kepada pihak yayasan.

Pertama, unit usaha bengkel ini dikelola secara profesional, karena melayani pihak luar atau masyarakat umum disamping keperluan internal pondok. Kedua, manajemen keuangan dan pengelolaannya independen, sehingga dapat diukur dan diaudit secara langsung. Ketiga, semua modal, aset, kepemilikan dan keuntungan bengkel ini 100% untuk gontor. Sehingga kontribusi kami dalam membantu pendirian ini benar-benar dalam rangka WAKAF PROFESI DAN MANAGEMENT.

Setelah dicapai kesepakatan, maka mulai dibuatkan perencanaan dan business plan. Hal ini meliputi kebutuhan investasi usaha (bangunan, peralatan, modal kerja dll), estimasi dan proyeksi keuangan (penjualan, cost/biaya, profit, Return of Investment dll), serta perencanaan team SDM dan pengelolaannya. Perencanaan awal ini penting agar mempunyai gambaran yang komprehensif terkait apa yang akan dilakukan dan proyeksi-proyeksinya.

Tahap berikutnya adalah pelaksanaan dari rencana pendirian bengkel. Meliputi pengurusan perizinan seperti IMB, izin tetangga dll, pelaksanaan pembangunan yang diawali dengan peletakan batu pertama pembangunan pada 12 Desember 2021 oleh Bapak Pimpinan PMDG, pembelian alat, training SDM, dan persiapan manajemen operasional.

Tahap selanjutnya Grand Opening yang menandai mulai beroperasinya bengkel pada tanggal 1 Februari 2023 oleh Bapak Pimpinan PMDG yang dihadiri oleh Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia dan Bupati Ponorogo serta tamu undangan.

Semua tahapan tersebut diatas, terlaksana berkat bantuan dan kerjasama berbagai pihak. Team Support yang membantu diketuai oleh H Agus Maulana, dibantu oleh Bambang Setyono (aspek manajerial dan operasional bengkel), Fajar Shodiq (aspek keuangan dan sistem pembukuan usaha), Ariston (aspek perencanaan aristektur), Asep Hendra (persiapan SDM dan Training), serta Team Head Office Agus Lio Ban Group.

Semua pihak diatas bekerja dan mencurahkan waktu, pemikiran dan skill nya semata-mata diniatkan untuk membantu mewujudkan cita-cita Gontor dalam kemandirian ekonomi pesantren melalui pendirian usaha wakaf produktif dalam bidang usaha bengkel dan toko ban. Tentunya semua berharap menjadi amal jariah dan wakaf yang terus mengalir pahalanya.