Fajar Shodiq, Founder FAC Institute Dengan Klien Dari UMKM Hingga Perusahaan Multi Nasional

Fajar Shodiq, Founder FAC Institute Dengan Klien Dari UMKM Hingga Perusahaan Multi Nasional

Forbis.id – Luar biasa sosok anggota Forbis yang satu ini. Kata-kata yang pas menggambarkan dirinya adalah energik, hard working, humble dan detail. Namanya Fajar Shodiq, alumni GontorĀ  lulusan tahun 1998 asal bekasi ini adalah seorang manajer finansial yng handal.

Tidak banyak santri yang memilih profesi ini karena butuh keahlian khusus dan cenderung dihindari karena urusan nya dengan angka-angka. Sangat sedikit santri menggeluti bidang akutansi dan financial management setelah lulusnya.

Keahliannya di bidang analisa keuangan  (financial analysis) perusahaan dan bisnis sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari membangun SOP pembukuan perusahaan, analisa perencanaan bisnis, analisa kondisi keuangan perusahaan, hingga penyajian laporan keuangan yang efektif dan efisien suatu unit usaha atau bisnis sehingga mudah dibaca dan dimengerti oleh mereka yang awam tentang keuangan atau mereka para owner bisnis meski tanpa basic atau mengerti akutansi sekalipun.

Melalui perusahaan yang dirintisnya, https://fac-institute.com/accountingservice Fajar Shodiq terus mengedukasi masyarakat terutama para pebisnis tentang pentingnya pencatatan keuangan. FAC Institute memberikan pengalaman accounting service yang berbeda dengan menawarkan jasa pembukuan sekaligus edukasi ke tim perusahaan mengenai akuntansi, perpajakan maupun sistem Accurate dengan tim yang berpengalaman di bidangnya.

iklan google

Berawal dari kegagalannya dibidang grosir toko makanan dan sembako hingga menyisakan hutang milyaran rupiah dan bangkrut. Di dorong oleh rasa tanggung jawab untuk bisa melunasi hutangnya yang besar dari sinilah awal kebangkitan itu bermula, dengan memahami prinsip innamaal ā€˜usri yusro bahwa disetiap kesusahan pasti ada kemudahan.

Apapun pekerjaan yang bisa dilakukan, ia lakukan agar bisa membayar hutang-hutangnya ke supplier. Termasuk Ketika ada tawaran pekerjaan untuk mengajari pembukuan keuangan usaha yang ia sendiri tidak menguasainya. Tawaran itu ia terima. Mulailah ia belajar tentang ilmu keuangan dan pembukuan agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dari jalan inilah ternyata Allah Swt memberikan solusi atas masalah yang dihadapinya. Perlahan tapi pasti, hutang-hutangnya terbayar. Keahlian dalam pembenahan keuangan perusahaan terus meningkat. Klien yang dihadapi juga mulai tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari perusahaan UMKM sampai perusahaan nasional seperti Bosowa, bahkan perusahaan multinasional asal Israel pernah ia tangani.

FAC Institute yang berkantor pusat di jalan Pahlawan Revolusi Jakarta Timur ini, saat ini memiliki lebih dari 80 orang staff, terdiri dari staff marketing, tim pengajar Accurate, tim support, tim IT dan tim akuntan. Dan pada awal tahun ini membuka cabang kantor baru di Bandung.

Hal ini berkat kerja kerasnya ustadz Fajar Sodiq membangun teamwork yang solid, mengokohkan nilai dan budaya dalam perusahaannya, mencetak sdm-sdm pengajar AccurateĀ  terdiri dari anak-anak muda generasi Z (Gen Z) yang beda karakter dan beda budaya kerja dengannya, menjadi pekerja keras seperti dirinya, melatih mereka dengan metodologi terefektif dan membangun budaya kerja saling support dan saling memberi reward dalam tim.

Ustadz Fajar Shodiq dipercaya mengembang amanatĀ  di kepengurusan pusat Forbis IKPM sebagai Divisi Sinergi Usaha Antar Anggota. Ā Juga menjadi tim seleksi bagi para pengusaha anggota Forbis yang usahanya ingin di scale up, atau mendapatkan pendanaan dari program Forbis berupa qardul hasan, program pitching dengan pengusaha nasional seperti dengan Bos Bukalapak Ahmad ZAKI maupun program FIM (Forum Investment Moment) di Forbis.

Salah satu yang merasakan coaching beliau dalam program FIM adalah Saung Lepi bagian dari usaha alumni di Bandung yang menjalankan projek Qurban yang berhasil di seleksi, di analisa laporan keuangannya, dikawal secara ketat dalam pelaksanaan projeknya dan akhirnya sukes mendapatkan pendanaan antar anggota dalam program FIM sebesr 2.3 Milyar. Alhamdulillah semakin dikenal semakin banyak pula pengusaha Forbis yang dibantu pembukuan perusahaannya oleh Fajar Shodiq, Baik dibidang kuliner, perbengkelan, garment dan lain-lain.

Sosok ahli financial management yang humble ini meski bukan berlatarbelakang keuangan semasa kuliah dulu melainkan mengambil jurusan filsafat  tidak sungkan untuk berbagi ilmu, melatih pembukuan keuangan usaha, baik dengan para pengusaha kecil, pondok pesantren dan juga sesama anggota Forbis lainnya agar sistem pembukuan perusahaan mereka bisa dipertangung jawabkan dan usahanya bisa naik kelas.

Sebagaimana diketahui perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jasa konsultasinya untuk beberapa jam saja bisa mengeluarkan belasan hingga puluhan juta untuk tarifnya. Hal ini tidak berlaku bagi pondok pesantren dan rekan-rekan pengusaha Forbis. Baginya bisa berkhidmat untuk pesantren dan para alumni serta bersilaturahmi menjalin gerakan berjamaah dalam ekonomi keummatan merupakan kepuasaan tersendiri daripada sekedar kepuasaan materi semata. Harapannya Ia dan rekan rekan Forbis senantiasa bisa berkolaborasi dalam memajukan usaha bersama antar anggota.

Instagram : Facinstitute

Website     : Fac-institute.com

Kontak WA Perusahaan  : +62812-1911-5005

Ditulis oleh: Hajrul Aswadi

Anggota FORBIS IKPM Gontor, pengusaha sapi dan sate "Sultan" di Bandung, aktif di FORBIS dari tahun 2018 dan aktif sebagai penggiat IKPM Bandung Raya