Kuliner Sekar Seafood

Kuliner Sekar Seafood

Bismillahirahmanirohim.

Yg saya hormati, Pak ketum beserta jajaranya dan yg saya sayangi semua ustadz ustaza  forbis.

Assalamualikum wr wb.

Dimalam hari yg penuh dengan gemerlap bintang dan sayupan angin ini…dibawah langit yg penuh dengan ketenangan dan ketentraman maka izinkan lah saya berbagi cerita hidup cerita manisnya perjuangan, cerita bagaimana saya berusaha menggapai tingginya pohon cemara diatas bukit berduri.

Saya berasal dari tanah wiralodra indramayu yg pngn numpang mimpi enak di bumi parahyangan tepatnya di bandung. Tahun 2011 pertama kali ku pijakan kaki ini ditatar pasundan dimana prabu siliwangi perna berkuasa, Tentunya untuk menempuh pendidikan di salah satu unversitas di bandung #sekaliannyobaanmojangbdg.

FORBIS

Dalam kehidupan sebagai mahasiswa dulu saya abiskan waktu untuk berkarya di bidang musik selama 2011 sampai 2004. Kebetulan posisi saya sebagai pemukul drum…kami pun manggung di mana mana menclok dr mojang satu ke mojang lainya krn wktu itu tdk punya pakem hidup.

Singkat cerita pada thn 2004 saya lulus kuliah dan lgs pilih jalur usaha. Usaha pertama yg saya jalankan adalah mencoba mengembangkan penjualan perikanan bapak dan para petambak ikan dan udang diindramayu, maklum kala itu keluarga usaha dibidang pertambakan udang dan ikan bandeng, Akhirnya saya beserta sahabat membuat perusahaan yg bernama PT. Riza Buana Raya, Bergerak di bidang perikanan dll.

Singkat certia,  Kami suplay ke semarang di pt. Misaja mitra untuk ikut export ke jepang kala itu, Waktu pun trs berlalu rembulan pun tersenyum sinis menunjukan arah negatif tentang usaha yg saya jalankan. Hingga disuatu hari petirpun menyambar bergelegar bertanda usaha perikanan yg saya jalankan tidak berhasil.

Masuk thn 2008 tahun dimana penuh sayatan pedih, tahun dimana duri duri tak mampu ku cabut lagi, tahun dimana aku ingat semua nasehat ibu bahwa mencari uang itu tidak semudah mendapatkan calon istri.

Sambil membawa sisah uang dari kegagalan usaha pertama saya pun mulai merintis usaha kuliner ( padahal blm bisa masak tp krn bingung mau ngapain ). Berlokasi di area dipatiukur bandung kuawalai kedai makan dan ku beri nama KEDAI MAKAN ROCK N ROLL dengan cet bulet warna warni sebagai cirihasnya.

Opening diawal 2008 dengan segala konsep anak muda gaul alhamdulillah sangat diterima oleh para pecinta kuliner. Kedai makan rock n roll saya buka 24 jam dan alhamdulillah selalu rame hingga meraup omzet yg bikin merinding kala itu.

Waktu pun trs berjalan akhirnya dithn ke 2 rock n roll melahirkan anak tanpa menikah yaitu cabang baru rock n roll 2 di area monumen perjuangan dipatiukur bdg juga dan alhmdulillah semua berjalan lancar dan asyik hingga pada suatu ketika dimana langit hitam tak berhujan dimana bintang sembunyi dibalik awan dimana matahari tak sepanas biasanya dimana air sungai berhenti mengalir hingga ditahun ketiga tanda tanda keruntuhan kekuasaan rock n roll mulai tercium, gelagat para punggawa dan prajurit mulai terlht.

Koki mulai berulah dari yg ga tepat waktu sampai rasa pun ga konsisten dan selalu berubah ubah, Kamipun tdk diam kami cari maslaahnya dimana dan trs kami cari untuk kita evaluasi.Koki pun keluar tdk bisa kami pertahankan kala itu krn suatu sebab yg tdk bisa saya sampaikan.

akhirnya kita cari koki baru tapi sepertinya konsumen tdk bisa menerima rasa yg baru dan kami pun berkali kali gonta ganti koki yg akhirnya singkat cerita.

Dimana aku termenung dalam pandangan kosong di ruang gelap malam, terdengar suara burung gagak diatas rumah yg menandakan mkn runtuhnya kekuasaan rock n roll. singkat cerita tutup lah rock N roll 2. tidak berapa lama kita tutup juga rock m roll 1.

saya jatoh pada titik dasar jurang dimana hanya ada ranting ranting semak kecil sbagi bahan untuk saya menaiki jurang tersebut. saya mencoba menarik uluran uluran ranting semak tp ketika ku tarik ranting pun putus tak kuat menhan berat beban putus asaku. Ku manangis dibawah jurang sendiri sambil menatap bayang anak dan istri , Hingga pada suatu hari tetapnya pada hari minggu dimana di gasibu bdg selalu ada pasar tumpah hingga saat ini.

Aku dan anku serta istrku pun jlan jaln pagi ke arah gasibu untuk menghilangkan penat dan stress. Sesampainya di gasibu anku sangat senang mlht maenan yg biasanya di mainkan tiap hari…tapi sayang anku ga bisa memainkan mainan ini krn saya ga bisa bayr .

Hingga akhirnya sblm kami ajak pulang anaku minta balon yg hanya harganya 2000 PERAK kala itu, edoy pun hrs rela mlht anknya guling guling krn minta balon ga dibelikan. ( maafkan papa wktu itu ya nak ) Akhirnya kami paksa pulang ke rumah kontrakan…dan di malam hari aku trs berfikir sambil tdk lupa menghisap rokok, apakah aku lanjutkan atau aku menyerah

Hmmmmmmmm, MENYERAH ga ada dlm kamus hidupku, Akhirnya aku memilih untuk tetap mencari TAKDIRKU. Di pagi hari akhirnya aku putuskan untuk menitipkan anak istriku pada mertuaku ( krn pilihan istri pada ortunya ) dan saya berjuang demi mereka dbandung.

Aku putuskan untuk mencari uang di jalanan, Singkat certa  saya akhrnya belajar dasar masak dengan seorang ibu baik dari bandung. karena aku ga mau lagi dikerjain sama koki dkk.

Akhirnya aku kembangkan sendri pola masaknya dan aku putuskan untuk buat merek namanya SAMBAL GELO itu hasil resep awalku, sambal gelo ini warung kaki lima produknya ayam bebek lele tapi bedanya di sambal…sambal kami warna hitam tapi tanpa pengawet,tanpa penghitam,tanpa kluwek dll…alhamdulillah sampai cabang sambal gelo 14 cabang pada akhirnya dengan omzet tdk kurang dri 3juta per boot. Seiring perjalanku dengan segala kesederhanaan manjmn yg cmn one men show 1 untuk 14 cabang.

Analisa pasar trs saya lakukan. ternyata mnrt saya dibdg pasar untuk ayam sudah semakin sumpek. akhrnya saya putuskan resep ini saya jual besarta brandnya. waktu itu kita jual resep sambal gelo 95juta…tentunya ga mkn kita jual merk lama tanpa konsep¬† dan pandangam kedepan.

saya baca pasar di bandung sangat luas sekali untuk seafood makanya sblm saya jual sambal gelo saya sudah merancang untuk itu. akhirnya 3 thn lalu saya melangkah ke seafood. yg saya beri nama SEKAR SEAFOOD Alhamdulillah skr sudah 2 cabang di bandung dan insyallah kami akan kembangkan trs dngn konsep kemitraan atau pun frenchise.

Target sekar seafood adalah BandungJakartaCirebonBaliKalimantanBatamJogjaSurabaya

Smoga kisah ini bermanfaat.

Masuk ke materi usaha.

Kenapa si saya milih makanan sebagai ladang bisnis saya? Karena menurt saya manusia tidak bisa hilang dari 3 hal :

  1. Sandang
  2. Pangan
  3. Papan

Kl kita bisa jalanin tiga tiganya sangat bagus…tp kl tdk mampu pilih salah satu di antara ini. Manusia tidak mungkin tidak berpakaian, Manusia tdk mkn tdk makan, Manusia tdk mkn tdk punya rumah karena burung saja hrs punya rumah.

3 diatas adalah kbutuhan wajib manusia.

Apa si yg harus disiapkan untuk memulai bisnis makanan ? Sebelum kita kita buka usaha khususnya makanan kita harus konsep betul biar terarah sesuai tujuan dan target market kita contoh :

Saya tetapkan SEAFOOD sebagai bisnis kuliner saya.

Kita harus tau apa itu seafood dan berapa layak jualnya seafood dan segmen mana yg bisa makan seafood.

  1. Seafood adalah makanan laut
  2. Seafood hargnya mahal
  3. Segmen seafood kalangan menengah ke atas

Setelah tau apa itu seafood dan segmen pasarnya baru kita bikin peta target lokasi dan target pasarnya :

  1. Pemilihan tempat harus sesuai target pasar mengingat seafood adalah makanan yg mahal maka ga bisa kita berdiri di lokasi yg daya beli masyaraktnya dibawah target hrga kita..
  2. Analisis pendapatan masyarakat sekitar, ini untuk menghitung apa lokasi yg mau kita dirikan masyaraktnya mampu bli dengan hrg yg telah kita hitung..
  3. Pelajari kompotitor di area lokasi yg mau kita buat…

Pelajari keunggulan mereka,rasa mereka, servis mereka, pelayanan mrk, harga mereka dan cara promo mereka.

Note :

Semakin sudah banyak yg jualan seafood dilokasi tersebut semakin baik untuk berdiri dstu, karena org sudah tau titiknya dimana mereka mau cari seafood..

  1. Biaya

Kita hitung smua berapa biaya invetasinya dan kita hitung betul target BEP dan PBP nya brp lama…

Kl 4 ini sudah ok…baru kita rumuskan senjata tempur kita

Next page.

Apa saja yg harus disiapkan untuk meraih target penjualan yg kita inginkan, tentu sekarang kita ga bisa jualan dengan system TUNGGU BOLA tp skr hrs KEJAR BOLA.

PROMOSI / marketing Adalah ujung tombak dari sebuah usaha. Seberapa enaknya rasa makananmu, seberapa bagusnya desain rumah makanmu kl PROMOSIMU tdk kuat maka kurang bagus..

Bagaimana caranya ?

  1. Kita buat team kreativ

Ini untuk mengurus smua jenis promosi dan model promosi tentang usaha kita, Bisa melalui :

medsos (IG,FB,TWEET,PATH dll), flayering, radio, media cetak, kedekatan sikologi / mulut ke mulut. Team ini adalh salah satu ujung tombaknya. team ini bertanggung jawab atas laku tidak nya makanan yg kita jual.

Kl sudah kita siapkan semuanya maka kita mulai jalan sesuai konsep yg kita inginkan.

Usaha itu rumusnya cmn 2 :

  1. Untung
  2. Rugi

Dalam usaha kita smua sudah tau akan hal itu. Jadi kl siap untung hrs siap rugi. Takut rugi jangan usaha , Berani usaha harus siap rugi.

Untuk meminimalisir kerugian itu maka kita hrs siapkan hal hal diatas tadi, trs kita evaluasi apakah progres sudah sudah berjalan sesuai harapan atau blm, kl blm maka lakukan hal hal baru lagi makanya dalam dunia usaha VALUE CREATION itu ptg didalamnya ada INOVATION. kita hrs trs update dan pekah membaca situasi yg terus berjalan.

Start and ending.

Dalam dunia usaha juga kita harus mampu membaca beberapa tahun kedepan usaha kita masih berjalan dengan baik apa tidak. Dan kita hrs punya tujuan akhirnya usaha kita mau digiring ke arah mana contoh :

Apakah kita hanya cukup dengan satu outlet atau kita akan buka beberapa outlat. Kl kita buka brberapa outlet apa kita mau jln sendiri atau kita MITRAKAN / FRENCHISE. Sehingga mesin penggerak usaha tersebut selalu bekerja dan bekerja.

Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan 1

Agus Maulana, 92

1. Kang edoy, saya minta 3 hikmah saja yg antum dapatkan dari perjalanan yg sedemikian luar biasanya. Apa yg paling antum rasakan ?

Jawaban:

  1. Saya semakin bersyukur bahwa allah terus mengingtkan kl perjalanan hdp tdk semudah memblikn telapak tangan
  2. Saya mendapatkan pelajaran2 ptg dr alam yg tdk prn sy dpatkan dimanapun
  3. Saya tetp bisa melangkah trs maju sampai saat ini dimana banyk org berharap untuk itu

Pertanyaan 2

Arya Brahman, 2010.

1. Dalam usaha bisnis kuliner, baikah kita mulai dari yg kecil? Misalkan kita mulai dari gerobak dulu.. Karena keterbasan modal.. Atau kita konsep besar dengan mencari investor? Mana yg lebih oke?

Jawaban:

1. Dr kecil ataupun lgs besar itu sama..yg terpenting adlah tujuannya jels..konsepnya jelas arahnya jelas…jngn sekali kali berfikir bahwa memulai sbuah usaha hanya untuk sampingan. sekcil apapum modal kita itu adalah uang.

Pertanyaan 3

Amir Fauzi, 2003 Bandung.

1. Sy tangkap antum punya tim kreatif, apakah itu karyawan tetap atau antun hire jasa lain? Berapa budget yg antum spend untuk pekerjaan tsb yg memikul tanggungjawab berat (laku tidaknya produk)?

Jawaban:

1. Pegawai tetap…kita gaji bulanan plus bonus kl melbhi target.

Pertanyaan 4

Agus Maulana 92

1. Tiap hari masuk kerja?

Jawaban:

1. Masuk tp tdk office hour

Pertanyaan 5

Amir Fauzi, 2003 Bandung.

1. Kalo gk keberatan, bolehlah bisikin nominalnya? Biar jadi cerminan buat ane dan kita semua.

2. Dengan gaji sebesar ini, sdm macam apakah yg antum hire ini tadz? Maaf ye kang edoy, ane kepo soalnya emosi ane terpancing nih sama kiprah bisnis antum. Hehe

3. Masih ada yg ganjel niih, itu spending budget 9jt itu untuk satu orang atau satu tim kang edoy?

Jawaban:

1. Untuk kreatif kita gaji 9juta perbln.

2. Dia hrs berfikir sama spt ownernya bhkn hrs lbh…dia cari ide ide mendongkrak apya pndptan trs naik. dia baca analisis pasar dll.

3. Kreatif smntara 2 org

Pertanyaan 6

Agung, Sby, 2010MM

1. 9 juta 1 orang? Atau 2 orang?

Jawaban:

1. orang staza

Pertanyaan 7

Ferial Veve

1. Untuk masak semua menu, Kali ini di pegang langsung oleh kang edoy , Apa juga di bantu oleh beberapa koki  ?? Secara kan abis pengalaman beberapa x di tinggal koki.

Jawaban:

1. Untuk seafood alhamdulillah smua resep ane bikin. koki yg saya pke adalah anak anak yg ga tau masak awalnya. sy ksh formulanya ke mereka. mereka tgl nyampur aja. jd kl antum tanya bumbunya apa ke mereka insyallah mrka bingung.

Pertanyaan 8

Munif Attamimi

1. Mau tanyak kang edoy, Supaya pelanggan ngk bosan,  dengan menu yg ada,  solusinya gimana?

Jawaban:

1. Nah diatas saya tulis ada VALUE CREATION didalamnya ada inovasi inovasi yg kita lakunan dr rasa

Pertanyaan 9

Ferial Veve

1. Dapet menu resep kreatifnya, Dr ktresi antum sediri Apa sambil share di mbah gogle ?

Jawaban:

1. Semua menu seafood pada dasarnya sama, hanya perl ada perubahan dr rempah sesuai keingan kita dan campuran campuran antar rempah yg tepat dan pas, dan juga hrs dsentuh dengn kasih dan sayang.

Pertanyaan 10

Amir Fauzi, 2003 Bandung.

1. Kangustadz edoy, kalo boleh satu pertanyaan lagi, untuk mengatur sekian banyak karyawan yg bekerja keras karena 24jam buka nonstop, biar mereka pada loyal ke kita, apa ada nasehat khusua buat ane?

Jawaban:

1. Memanusiakan manusia…loyalitas terbntuk bukan krn gaji tp krn perlakuan kita

Pertanyaan 11

Nur El Yaqin 99

1. ana mau tanya kyai. Motonya SekarSeafood apa ya?

Jawaban:

1. TERNIKMAT SE ANTERO JAGAT

Noted :

Its not only about seafood

But its about our soul

Hahahahha colek kyai zaki