Update Pembangunan Gontor Auto Service (GAS)

Update Pembangunan Gontor Auto Service (GAS) Gontor Auto Service (GAS)

FORBIS.ID– Pondok Modern Darussalam Gontor terus mengembangkan wakaf produktif dalam berbagai bidang. Hal ini untuk mendukung keberlangsungan lembaga pendidikan dan dakwah yang diembannya.

Pengembangan unit usaha wakaf produktif ini dibawah koordinasi Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM).

Salah satu unit usaha yang saat ini sedang dibangun adalah Gontor Auto Service (GAS) yakni unit usaha bengkel mobil dan toko ban yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Ponorogo.

Kepemilikan usaha ini 100% Wakaf, tidak ada keterlibatan pihak manapun. Adapun management pengelolaannya dibantu oleh Team Agus Lio Ban Group, yang memiliki jaringan bengkel dan toko ban di Subang, Majalengka dan Indramayu Jawa Barat.

“Alhamdulillah, kami diminta dan diberi kesempatan membantu pondok untuk mendirikan bengkel dan toko ban, mulai dari konsep awal, analisa bisnis, pembentukan team serta management operasionalnya. Semua itu kami dedikasikan sebagai wakaf, tidak ada transaksi bisnis, management fee maupun lainnya” tutur H Agus Maulana, owner sekaligus CEO Agus Lio Ban Group yang juga Ketua Umum Forbis IKPM Gontor.

FORBIS
Anggota Badan Wakaf PMDG saat meninjau pembangunan GAS

Gagasan pendirian unit usaha bengkel dan toko ban ini bermula dari harapan Bapak Pimpinan Pondok KH Hasan Abdullah Sahal yang menginginkan Gontor memiliki bengkel mobil sendiri, yang bisa melayani keperluan internal maupun untuk masyarakat umum.

Gontor memiliki beberapa asset lahan di ponorogo dan sekitarnya yang belum dimanfaatkan. Saat ini Gontor dengan cabang-cabangnya yang tersebar di Ponorogo dan sekitarnya seperti Ngawi, Magelang, Kediri, Banyuwangi, memiliki banyak kendaraan operasional milik pondok, dan juga kendaraan milik para guru dan keluarga pondok. Demikian juga kendaraan operasional UNIDA dan lembaga-lembaga lainnya.

Saat ini pembangunan Gontor Auto Service sudah mencapai 90%. Rencananya pada pertengahan Januari 2023 nanti, sudah bisa beroperasi dan dilakukan peresmian.

Beberapa persiapan finishing seperti pemasangan mesin dan peralatan bengkel, persiapan Team, pemasangan Signboard dan Reklame, serta persiapan Grand Opening. Gontor Auto Service (GAS) nantinya akan menjadi salah satu Toko Model (TOMO) Bridgestone yang merupakan jaringan Autorized dealer Bridgestone di Ponorogo.

Bengkel ini akan dikelola secara profesional. Memadukan team profesional yang dibentuk dibawah arahan management Agus Lio Ban Group dan kader pondok yang ditugaskan untuk belajar kewirausahaan dan pengelolaan unit usaha.

Harapannya, keberadaan unit usaha Gontor Auto Service ini bisa menjadi role model bagi pengembangan wakaf produktif pesantren sekaligus menjadi sarana pembelajaran kewirausahaan bagi santri, mahasiswa dan para guru kader pondok lainnya.

Ditulis oleh: Admin Forbis

FORBIS IKPM GONTOR adalah organisasi resmi yang dibentuk oleh PP IKPM untuk menaungi alumni yang bergerak diberbagai bidang usaha dan professional bisnis.