Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Baru Forbis IKPM Gontor Periode 2019-2024

  • 14 Desember 2019
  • 548 views
Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Baru Forbis IKPM Gontor Periode 2019-2024 Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Baru Forbis IKPM Gontor Periode 2019-2024

Gontor – Pada hari Rabu, 18 Desember 2019, Wisma IKPM Gontor yang berada di dalam komplek Pondok Modern Darussalam Gontor mendadak ramai oleh rombongan alumninya.

Satu per satu alumni pondok yang hampir berusia seabad itu berdatangan, ada yang dari Jakarta, luar Jawa, bahkan dari Mekkah, untuk kembali “nyantri” di pesantren yang kini sudah memiliki 19 cabang dengan total 30 ribu santri.

Alumni sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi Pondok Pesantren yang awal berdirinya terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur itu.

Bahkan alumni diberi wadah untuk bersilaturahmi dan membentuk keorganisasian alumni di tiap daerah. Wadah tersebut bernama Ikatan Keluarga Pondok Modern atau disingkat menjadi IKPM. Semua IKPM cabang harus terdaftar dan berada di bawah naungan IKPM Pusat.

IKPM Gontor memiliki beberapa divisi. Divisi di dalam organisasi mewakili beragam bentuk kegiatan alumni, salah satunya adalah ekonomi dan bisnis.

Hajatan kali ini merupakan bagian dari pembentukan kepengurusan baru Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor.

Terpilih sebagai Ketua Umum Forbis kali ini adalah Ustd. H. Agus Maulana. Ini adalah periode kedua bagi yang bersangkutan dalam kepengurusan Forbis. Kepengurusan* kali ini juga mengalami perubahan waktu kepengurusan yang tadinya hanya 3 tahun, menjadi 5 tahun.

Acara pelantikan dilaksanakan selama dua hari, diawali dengan rapat kerja yang dibagi ke dalam 4 komisi. Komisi A adalah komisi keorganisasian yang formasinya terdiri atas divisi keanggotaan dan divisi humas dan publikasi.

Komisi B adalah komisi pengembangan SDM yang formasinya terdiri atas divisi taklim online dan divisi pelatihan, mentoring, dan coaching. Komisi C adalah komisi kerjasama internal dan eksternal yang formasinya terdiri atas divisi kerjasama pondok pesantren dan divisi kerjasama lembaga.

Komisi D adalah komisi pengembangan usaha yang formasinya terdiri atas divisi analisa bisnis, divisi sinergi usaha antar anggota, divisi promosi dan expo, ditambah dua koordinator yang merupakan terobosan baru di kepengurusan kali ini. Dua koordinator tersebut adalah koordinator travel, umroh, dan haji, serta koordinator Forbis luar negeri.

Secara garis besar, program kerja kepengurusan periode 2019-2024 adalah melanjutkan program periode sebelumnya sekaligus melengkapi program yang telah ada.

Hadir dalam pelantikan pengurus Forbis IKPM Gontor Periode 2019-2024 beliau Drs. KH. Akrim Mariyat, Dipl. A. Ed., Ketua Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor; KH. Imam Shobari, S.Ag, Ketua YPPWPM (Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern), serta segenap pengurus Pimpinan Pusat (PP) IKPM Gontor yang diketuai oleh H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag.

Acara pelantikan ditutup dengan pemberian taujihat dan nasihat oleh Ketua Badan Wakaf, Drs. KH. Akrim Mariyat, Dipl. A. Ed.

Pada kesempatan tersebut beliau mengingatkan bahwa di usia Gontor yang jelang 100 tahun ini, Forbis (Forum Bisnis) IKPM Gontor harus menunjukkan eksistensinya di tengah alumni dengan memberi manfaat yang sebesar-sebesarnya bagi kebaikan nama Gontor. “Sebentar lagi pondok umurnya 100 tahun, orangnya boleh mati, tapi Forbis tidak boleh mati,” pesan beliau. (SP)