PONPES Al-Mujtama Al-Islami Lampung Lakukan Rihlah Iqtishodiah ke Usaha Garment Milik Anggota FORBIS Bandung

PONPES Al-Mujtama Al-Islami Lampung Lakukan Rihlah Iqtishodiah ke Usaha Garment Milik Anggota FORBIS Bandung

FORBIS.ID– Forum Bisnis (Forbis) IKPM Gontor dan Forum Pesantren Alumni (FPA) adalah dua organisasi yang secara struktural dibawah PP IKPM Gontor.

Masing-masing menaungi para alumni dengan lapangan perjuangan dan bidang yang berbeda. Forbis mewadahi para alumni yang bergerak di bidang bisnis dan profesional, sementara FPA mewadahi para alumni yang terjun dalam dunia pesantren. Keduanya mempunyai potensi yang besar.

Bisa saling support dan menguatkan. Saling membutuhkan. Saling berbagi manfaat dan keberkahan.

MoU antar kedua lembaga ini sudah dilakukan pada 4 Maret 2022 di Gontor yang ditandatangi oleh Ketua Umum Forbis H Agus Maulana dan Ketua Umum FPAG Dr KH Zulkifli Muhadli SH., MM. Adapun point-point ruang lingkup kerjasama meliputi 5 hal pokok, diantaranya :

Pertama, pelatihan kewirausahaan oleh anggota Forbis IKPM Gontor di pesantren-pesantren alumni yang tergabung dalam FPAG.

FORBIS

Kedua, menjadikan unit-unit usaha anggota Forbis IKPM Gontor sebagai destinasi kegiatan rihlah iqtishodiah siswa kelas akhir bagi para pesantren alumni yang tergabung dalam FPAG,

Ketiga, memberikan kesempatan kepada para anggota Forbis untuk menjajaki market yang ada di internal pesantren alumni yang tergabung di FPAG dengan produk produk yang berkualitas dan kompetitif.

Keempat, menjalin kerjasama kemitraan antar anggota Forbis dan Pondok Pesantren anggota FPAG dalam memasarkan produk-produk pesantren di pasar umum,

Kelima, menjajaki sinergi dan kolaborasi antar anggota Forbis dengan Pesantren pesantren anggota FPAG dalam membangun unit bisnis baru, baik di dalam maupun diluar pesantren serta optimalisasi unit usaha yang sudah berjalan.

Merujuk pada point kedua diatas, beberapa pondok pesantren yang tergabung dalam FPA sudah banyak yang melakukan kegiatan Rihlah Iqtshodiah ke unit-unit usaha anggota Forbis.

Baru-baru ini, Pondok Pesantren Al Mujtama Al Islami Karang Anyar Jati Agung Lampung Selatan, mengadakan kunjungan Rihlah Iqtishodiah ke Perusahaan Garment milik Ust Asep Muhdhor di kawasan Padalarang Bandung Barat, yang merupakan salah satu anggota Forbis Bandung Raya, Rabu 2 November 2022.

Dr KH Bukhori Abdul Shomad MA, selaku Pimpinan Pondok yang menyertai rombongan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan nilai kewirausahaan yang berorientasi keumatan bagi para santriwati kelas akhir.

Sekaligus juga dalam rangka menjalin sinergi antara pesantren dengan dunia usaha, menjalankan amanat kelembagaan antara FPA dengan Forbis.

H Asep Muhdhor selaku Founder sekaligus CEO PT Alendors Global Production memberikan beberapa tips dan motivasi bagi para santriwati kelas akhir dalam memulai bisnis.

Bisnis harus dimulai dari semangat dan daya juang yang tinggi, jika gagal maka bangkit lagi, terus berusaha dengan menanamkan sikap positif thinking.

Menjaga amanah dan reputasi nama baik, jauh lebih penting daripada hanya sekedar mengejar keuntungan.

Demikian juga dalam berbisnis, kita harus tetap menjalankan dakwah dan amal sholeh, karena bisnis hanya sekedar sarana dan washilah kita untuk berdakwah dan beramal sholeh. Namun tetap dijalankan secara profesional dan management yang baik.

Asep Muhdor adalah anggota Forbis Bandung yang sudah menggeluti usaha produksi sejak 2009. Total karyawan saat ini berjumlah 300an orang.

Komitmen yang kuat dalam menjaga kepercayaan dan kualitas pekerjaan, membuat Asep Muhdor mendapat order pekerjaan dari berbagai merk ternama. Sebut saja seperti Livehaf, Whatchout, Elzatta dan belasan merk lainnya.

Ditulis oleh: Admin Forbis

FORBIS IKPM GONTOR adalah organisasi resmi yang dibentuk oleh PP IKPM untuk menaungi alumni yang bergerak diberbagai bidang usaha dan professional bisnis.