IDE BISNIS DI BULAN RAMADHAN

IDE BISNIS DI BULAN RAMADHAN

FORBIS.ID__ Bisnis merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Banyak hal yang  dilakukan para pembisnis untuk mendapatkan keuntungan dalam setiap bisnis atau usahanya. Diantaranya banyak yang menjual barang maupun jasa, lambat laun dunia bisnis pun berkembang seiring bertambahnya zaman, banyak inovasi dalam dunia bisnis untuk menyesuaikan pasar atau apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun jika kita melihat kondisi Indonesia akhir – akhir ini perkembangan dunia bisnis sedikit menurun karena adanya wabah virus corona. Tidak sedikit para pebisnis yang gulung tikar karena wabah ini. Akan tetapi di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini juga mendatangkan berkah dari segi ekonomi.  Para masyarakat banyak yang memulai usaha mereka untuk meningkatkan omset mereka.

1. Berjualan Takjil Untuk Berbuka

Setelah menahan makan dan minum seharian, momen buka puasa inilah yang ditunggu – tunggu saat berbuka puasa. Kesempatan ini harusnya dimanfaaatkan untuk memulai berjualan takjil dari menu makanan atau minuman yang menyegarkan. Modalnya tidak membutuhkan uang yang banyak, tempatnya pun tidak perlu menyewa  yang mahal, bisa didepan rumah atau pinggir jalan. Menu yang disajikan juga sebaiknya simple dan berbeda agar diminati oleh masyarakat. 

2. Katering Makanan

Bulan Ramadhan merupakan salah satu moment yang tepat untuk saling berbagi dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Seperti halnya ketika mengadakan acara buka puasa Bersama, tentunya butuh masakan dalam jumlah yang banyak dan tidak sedikit masayarakat Indonesia yang membutuhkan jasa catering untuk buka puasa bersama, begitu pula ketika berbagi takjil dibutuhkan pula makanan dalam jumlah besar. Tentu usaha catering makanan menjadi pilihan yang tepat dan cukup menguntungkan karena modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi tergantung pada berapa jumlahnya dan apa menunya, selain itu keuntungannya pun pasti karena sesuai pesanan. 

3. Berjualan Baju Muslim 

Sudah menjadi tradisi masyarakat pada umumnya ketika mendekati hari lebaran masyarakat berbondong – bondong membeli baju baru agar nuansa kebersihan hati bisa terasakan oleh masyarakat. 

Hal ini membuat meningkatnya permintaan akan busana lebaran, disinilah bisa memulai usaha baru di bidang fashion. Akan tetapi ketika memulai usaha ini harus pintar melihat pasar busana agar bisa menyesuaikan dengan apa yang diinginkan  masyarakat.

4. Berjualan Ketupat 

Ketupat identik dengan hari lebaran, di setiap rumah yang kita kunjungi saat silaturahmi selalu ada ketupat. Selain itu tidak banyak masyarakat Indoenesia yang bisa membuat ketupat sendiri. Ini menjadi peluang besar untuk berjualan ketupat, karena modalnya tidak banyak dan keuntungan yang didapat cukup meyakinkan. 

5. Usaha Rental Mobil Atau Travel

Rata rata masayarakat Indonesia merupakan perantau dari kampung halamannya, seperti mereka yang menjadi mahasiswa, pekerja, dan lain lain. Disinilah jasa rental mobil atau travel dibutuhkan untuk para perantau yang ingin pulang ke kampung halamannya atau yang biasa dibilang mudik lebaran.  Usaha ini dibutuhkan modal besar dan akan dapat keuntungan jangka panjang  lebih ketika setiap bulan Ramadhan.

6. Jualan Kue Lebaran 

Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi kewajiban bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk melakukan silaturahmi, dan banyak juga kerabat dan saudara yang berkunjung di rumah kita. Sudah selayaknya meja tamu harus diisi dengan berbagai makanan ringan untuk menambah suasana hangat saat bersilaturahmi. 

Usaha jualan kue lebaran ini menjadi kesempatan karena diantara sekian banyaknya masyarakat lebih memilih untuk membeli kue lebaran karena kesibukan atau hal yang lainya. Ini menjadi salah satu ladang untuk meraup keuntungan dengan berjualan kue lebaran. 

7. Parcel 

Banyak diantara para perantau masyarakat Indonesia tidak mudik lebaran lantaran kondisi pandemi dan sebagainya. Pilihan dari beberapa masyarakat yang tidak mudik lebaran lebih memilih untuk membeli parcel sebagai hadiah untuk kerbat dan keluarga. Ini menjadi peluang bisnis bagi kalian yang bisa membuat parcel yang unik dan kreatif agar menjadi pilihan masyarakat.

8. Jualan Uang Pecahan

Uang pecahan sering dicari oleh masyarakat, karena momen lebaran banyak orang sering berbagi uang kepada anak anak yang masih kecil sebagai hadiah ketika berpuasa. Ide bisnis ini cukup menguntungkan dengan karena biasanya keuntungan diambil 5 – 7 % dari harga Ketika menukarkan uang.  

Ditulis oleh: Forbis
Tim IT Forum Bisnis (FORBIS) PP IKPM Gontor